Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

10 Tanda Awal Kehamilan

(0 review)

Kehamilan tentu sangat dinanti oleh Ibu yang menginginkan kehadiran Si Kecil. Setelah beberapa waktu, tentu Ibu menunggu munculnya tanda awal kehamilan. Nah, berikut sepuluh gejala awal yang umum dialami oleh Ibu hamil. Coba cek apa ada yang sudah Ibu rasakan? Jika ya, segera lakukan tes darah atau tes kehamilan di dokter kandungan, minimal seminggu atau dua minggu setelah waktu menstruasi terlewat.

Kamis, Mei 18th, 2017

Jadwal Mentruasi Terlewat

Ini adalah tanda kehamilan paling umum yang dialami oleh kebanyakan Ibu. Namun, bagi Ibu dengan jadwal menstruasinya yang tidak teratur, gejala ini mungkin sulit untuk dijadikan patokan. Jika memang begitu, Ibu masih bisa memerhatikan ciri-ciri wanita hamil lainnya.

Flek saat Jadwal Menstruasi

Ketika seharusnya menstruasi Ibu tiba, hanya ada flek berwarna kemerahan atau cokelat. Hal ini biasanya diiringi rasa kram seperti pada saat menstruasi.

Hasil Positif Pada Alat Tes Kehamilan

Ibu bisa dengan mudah membeli alat tes kehamilan yang umum dijual di apotek atau toko. Kebanyakan hasil alat tes ini cukup akurat. Namun, Ibu tetap disarankan untuk cek ke dokter kandungan.

Mual

Ini adalah gejala yang juga umum terjadi. Biasanya pada minggu keempat sampai keenam kehamilan, rasa mual hebat akan muncul, terkadang malah sampai menyebabkan muntah. Walaupun terkenal dengan sebutan morning sickness, rasa mual ini bisa datang kapan saja, tidak hanya di pagi hari.

Rasa Geli Pada Puting

Gejala ini biasanya dialami cukup awal, yaitu seminggu setelah pembuahan. Hormon kehamilan menyebabkan suplai darah ke payudara meningkat, sehingga timbul rasa geli.

Payudara Sensitif dan Terasa Bengkak

Gejala ini mirip dengan kondisi saat menstruasi, namun dengan intensitas yang lebih tinggi. Payudara menjadi lebih sensitif dan terasa nyeri saat disentuh. Hal ini akan berkurang ketika Ibu memasuki trimester kedua, karena hormon tubuh sudah lebih seimbang.

Mudah Lelah

Apa Ibu merasa lebih cepat lelah? Hormon progesteron yang meningkat secara drastis di awal kehamilan membuat Ibu cepat merasa capai dan emosional. Selain itu, rasa mual karena morning sickness dan sering bolak-balik ke kamar kecil juga bisa membuat Ibu kelelahan.

Sering Buang Air Kecil

Gejala ini mulai dirasakan saat usia kehamilan mencapai enam minggu. Hormon yang berubah mengakibatkan suplai darah ke ginjal meningkat. Hal ini menyebabkan kandung kemih Ibu jadi lebih cepat terisi, sehingga lebih sering buang air kecil.

Areola Lebih Gelap

Mulai usia kehamilan delapan minggu, area puting yang disebut areola terlihat lebih gelap. Puting susu juga lebih menonjol.

Ngidam

Ini juga merupakan gejala yang umum. Sejak awal kehamilan, Ibu mungkin merasakan keinginan kuat untuk makan makanan tertentu. Biasanya diiringi dengan indra penciuman yang lebih sensitif.

Bagaimana, Bu? Sudah dapat kabar gembira yang ditunggu-tunggu? Nah, setelah mengalami tanda awal kehamilan dan dinyatakan positif hamil, Ibu sebaiknya selalu menjaga diri selama masa kehamilan, baik dari segi fisik maupun mental. Selain itu, agar Ibu selalu siap dan percaya diri dalam menghadapi perjalanan selama sembilan bulan ke depan, perbanyaklah mencari tahu tentang kandungan dan perkembangan Si Kecil. Salah satu caranya adalah dengan membaca artikel-artikel di Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat.

Dengan memahami apa yang sedang Ibu alami, kehamilan akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan, tanpa rasa cemas. Kondisi kehamilan yang sehat tentunya akan mendukung Si Kecil tumbuh menjadi anak yang lebih sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review