Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ada Berbagai Cara Melatih Anak Bicara

3 Cara Melatih Si Kecil Bicara

 

Senangnya, Si Kecil kini telah menginjak usia 12 bulan! Di masa ini tentunya ia telah mengalami perkembangan yang begitu pesat ya Bu, salah satunya dalam kemampuan bicara. 

Senin, 31 Oktober 2016

Berbeda dengan perkembangan bayi 8 bulan  yang baru mulai mengoceh seperti “babababa” atau “mamamama”, di usia 1 tahun Si Kecil sudah lebih banyak mengoceh walau belum terlalu jelas mengucapkan satu kata. Meskipun begitu, Ibu harus tetap mendukung Si Kecil untuk berbicara dan mengenal banyak kosakata, agar kemampuan bicaranya semakin berkembang.

Lalu, bagaimana cara melatih anak berbicara ? Ibu dapat menyimak tipsnya di bawah ini:

Ajak Bermain untuk Mengenal Kosa Kata Baru

Si Kecil tentunya sangat senang bila diajak bermain. Sambil bermain, Ibu dapat mengenalkan kosa kata baru dan melatihnya untuk bicara, lho. Misalnya, ajak Si Kecil untuk melakukan sebuah permainan yang menyebutkan nama-nama anggota tubuh. Caranya, Ibu tanya Si Kecil “di mana hidungmu?”, “di mana matamu?”, dan sebagainya. Atau, sesekali Ibu bisa membalik pertanyaannya, misalnya “di mana hidung Ibu?”, “di mana perut Ibu”? dan sebagainya. 

Bernyanyi bersama Si Kecil

Ini bisa menjadi salah satu cara seru untuk melatih Si Kecil berbicara, karena bernyanyi juga termasuk sebuah permainan yang melibatkan gerakan tubuh, seperti tangan. Dengan mengajaknya bernyanyi, Ibu dapat mengenalkan kosa kata baru, intonasi, dan perbedaan bunyi bahasa dalam lirik lagu. Untuk itu, Ibu bisa lebih sering ajak Si Kecil menyanyikan lagu anak-anak, seperti “Cicak-Cicak di Dinding”, “Topi Saya Bundar”, atau “Satu Satu Aku Sayang Ibu”.

Sering Mengajak Berbicara

Ketika Si Kecil sedang asyik dengan mainannya, latih ia berbicara dengan bertanya tentang apa yang sedang ia lakukan. Ibu bisa mulai dengan menanyakan mainannya, seperti jenis mainan apa yang sedang ia pegang, apa warna mobil-mobilannya, atau mengajaknya mencari di mana mobil yang berwarna merah, dan lain-lain. Dengan begitu, Ibu bisa membantu Si Kecil berlatih mengucapkan kalimat baru dan juga mendukung imajinasinya. 

Mengucapkan Kata dengan Benar

Bila Si Kecil sering salah dalam mengucapkan suatu kata, Ibu harus memberikan contoh pengucapan yang benar. Meskipun ia masih sulit untuk mengucapkan kata-kata dengan tepat, sebaiknya Ibu tetap melafalkannya dengan benar dan hindari menggunakan bahasa bayi yang cadel. Dengan begitu, Ibu dapat mendukung anak untuk berbicara dengan baik dan benar.
Nah, ternyata tidak begitu sulit kan Bu, melatih Si Kecil untuk berbicara? Hal penting yang perlu Ibu lakukan adalah terus mengajak Si Kecil berkomunikasi. Perlu dicatat, kemampuan setiap anak untuk bicara itu bisa saja berbeda-beda. Jadi, Ibu tidak perlu khawatir jika Si Kecil yang masih berusia di bawah 18 bulan belum bisa berbicara dengan lancar. Ajari saja Si Kecil untuk bicara secara perlahan-lahan sambil melakukan permainan yang seru. 

Agar Si Kecil selalu ceria saat bermain dan berlatih bicara, Ibu juga harus memerhatikan kesehatan saluran cernanya tetap terjaga. Karena, saluran cerna merupakan sistem kekebalan tubuh utama dari kuman penyebab penyakit. Untuk itu, berikan Si Kecil sumber makanan bernutrisi, seperti Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri. Dengan kandungan Lactobacillus reuteri, omega 3, dan omega 6, susu pertumbuhan favorit Si Kecil ini dapat bantu menjaga fungsi saluran cernanya dan mendukung perkembangannya dengan optimal. 

Tetap semangat melatih Si Kecil untuk berbicara ya, Bu!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.