Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
3-sumber-lemak-baik-untuk-ibu-hamil

3 Sumber Lemak “Baik” untuk Ibu Hamil

 

Tahukah Ibu? Tidak semua makanan yang mengandung lemak harus dihindari saat hamil. Lemak tak jenuh adalah lemak baik yang perlu dikonsumsi Bu, karena berguna untuk menjaga kesehatan selama mengandung. Apa saja sih, manfaat lemak baik untuk tubuh, dan apa saja sumber makanan yang mengandung lemak baik? Yuk, simak ulasan berikut ini! 

Kamis, 17 Desember 2015

Lemak merupakan makronutrien ( Zat gizi makro ) yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh, dan berperan dalam proses metabolisme tubuh. Beberapa vitamin misalnya, memerlukan lemak untuk menutrisi tubuh kita. Sayangnya beberapa jenis lemak ada yang mengandung kolesterol. Inilah alasan mengapa Ibu hamil harus memilih mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh.

Jenis Lemak Baik

  • Lemak Tak Jenuh Tunggal (Monounsaturated Fat)

    Ini adalah jenis lemak yang terdapat pada beragam jenis makanan dan minyak. Misalnya alpukat, selai kacang, minyak zaitun, dan minyak wijen . Menurut penelitian, mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal dapat mengurangi risiko penyakit jantung, dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Namun ingat, jangan menggunakan minyak zaitun dan minyak wijen untuk menggoreng. Gunakan sebagai salad dressing atau tambahkan ke dalam makanan yang sudah matang.
     
  • Lemak Tak Jenuh Jamak (Polyunsaturated Fat)

    Hampir sama seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak yang satu ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, dan penyakit diabetes tipe 2. Sumber makanan yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh jamak di antaranya, kacang kedelai beserta olahannya seperti tahu atau tempe, dan kacang kenari.
     
  • Asam Lemak Omega-3 (Omega-3 Fatty Acids)

    Makanan sumber lemak Ini contohnya seperti, ikan salmon, tuna, dan sarden. Berdasarkan penelitian, Omega-3 berperan dalam mendukung perkembangan otak Si Kecil dan berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung Ibu hamil.
     

Jadi, mulai sekarang ganti asupan lemak untuk tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik. Agar Ibu sehat dan perkembangan Si Kecil dalam kandungan pun tidak terganggu.

Nah, sudah tidak bingung lagi untuk memilih mana makanan yang mengandung lemak baik, kan? Yuk,share informasi ini kepada Ibu lainnya!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.