Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

3 Sumber Protein Terbaik Bagi Ibu Hamil

 

Senangnya saat mengetahui perkembangan Si Kecil di dalam kandungan berjalan normal ya, Bu. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin di tiap trimester, Ibu butuh mencukupi asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat Ibu hamil. 

Kamis, 18 Mei 2017

Protein termasuk salah satu nutrisi penting yang butuh dikonsumsi oleh Ibu hamil, karena asam amino di dalamnya merupakan zat dasar yang membangun organ tubuh janin dan membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh sel tubuh, termasuk sel otak. 

Lalu, apa saja sumber protein untuk Ibu hamil itu? Yuk, simak infonya di bawah ini!

Daging

Protein hewani seperti telur, daging sapi, ayam, dan ikan merupakan sumber makanan protein yang baik dikonsumsi Ibu hamil, karena mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap (sekitar sembilan jenis asam amino) dibanding protein nabati. Namun, saat ingin membuat kreasi makanan berbahan dasar ikan laut, Ibu disarankan tidak memilih jenis predator seperti ikan tenggiri raja, tuna sirip kuning, dan ikan todak, karena dikhawatirkan mengandung merkuri yang tinggi dan berisiko mengganggu kesehatan Si Kecil dalam kandungan.

Selain itu, satu hal yang perlu diperhatikan saat mengolah sumber protein hewani ini adalah cara pengolahannya. Ibu hamil sebaiknya tidak langsung mengonsumsi daging mentah seperti sushi, sashimi, atau steak yang belum benar-benar matang. Ini disebabkan makanan setengah matang berisiko terpapar Toksoplasma gondii, sejenis parasit penyebab penyakit toksoplasma yang dapat mengganggu perkembangan otak dan mata.

Kacang-Kacangan

Selain protein hewani, Ibu juga dapat mengonsumsi protein nabati dari kacang-kacangan, seperti edamame, kacang tanah, kacang merah, atau makanan olahan yang terbuat dari kacang kedelai, misalnya tahu dan tempe. Meskipun, protein nabati tidak memiliki kandungan asam amino selengkap protein hewani, sebaiknya Ibu tetap mengonsumsi kedua sumber protein secara bersamaan untuk mencukupi asupan asam amino dalam tubuh.

Susu dan Olahannya

Menurut standar Angka Kecukupan Gizi Indonesia, ternyata Ibu hamil itu perlu mengonsumsi sekitar 76gr protein per hari. Jadi, selain mendapatkan asupan protein dari telur, daging, dan kacang-kacangan, Ibu juga bisa melengkapinya dengan cara mengonsumsi susu atau produk olahannya, seperti yoghurt dan keju.

Nah, tidak terlalu sulit kan Bu, untuk mencukupi asupan protein setiap hari selama masa kehamilan? Jadi, pastikan Ibu memasukkan beberapa sumber protein ini ke kreasi menu makanan sehat selama mengandung, ya. Melalui penerapan pola makan sehat, tentunya Ibu dapat menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan mencegah timbulnya gangguan kesehatan saat hamil. Dengan begitu, Ibu bisa menghadapi  masa kehamilan dengan nyaman dan menyenangkan.

Yuk, bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil sejak di dalam kandungan dengan mengonsumsi makanan sehat Ibu hamil yang mengandung protein. Ibu hamil yang sehat dan bahagia dapat mendukung Si Kecil tumbuh menjadi anak yang sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.