Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
3-tips-bugar-untuk-si-kecil-umur-1-3-tahun

3 Tips Bugar untuk Si Kecil Usia 1-3 Tahun

 

Bukan cuma Ibu saja yang harus aktif melakukan aktivitas fisik, Si Kecil usia 1-3 tahun pun harus dibiasakan bergerak aktif. Kegiatan fisik berguna untuk membantu perkembangan otot, melatih kemampuan koordinasi motorik, dan juga menjaga kebugarannya.

Kamis, 17 Desember 2015

Bila Ibu tinggal di lingkungan yang tidak memiliki fasilitas ruang terbuka hijau, bukan berarti tidak bisa mengajak Si Kecil untuk melakukan aktivitas fisik. Di dalam ruangan rumah, Ibu masih bisa mengajak Si Kecil bermain dengan seru, lho! Yuk, ajak Si Kecil melakukan beberapa jenis permainan berikut:

  • Permainan Berstruktur (Structured Play)

Ini adalah jenis permainan yang melibatkan kehadiran Ibu sebagai mentor. Sehingga, Ibu harus membimbing Si Kecil bagaimana cara melakukan permainan tersebut, dan juga mendukungnya untuk menyelesaikan permainan. Misalnya, melempar bola ke dalam keranjang, atau menyusun puzzle. Kegiatan bermain ini sebaiknya dilakukan setiap hari minimal selama 30 menit.

  • Permainan Bebas (Unstructured Play)

Melalui jenis permainan ini, Ibu memberikan kebebasan kepada Si Kecil untuk mengembangkan imajinasinya. Seperti, membiarkan Si Kecil asyik bermain menyusun balok, atau juga bermain boneka. Menurut studi dari American Academy of Pediatric, permainan yang mengasah imajinasi mampu membantu menjaga keseimbangan emosional, dan mendukung perkembangan kognitif anak.

  • ​Permainan Interaktif

Ajak Si Kecil untuk menari bersama, atau bermain petak umpet di dalam rumah. Permainan ini mampu membuat Si Kecil jadi lebih ceria, dan juga mampu meningkatkan ikatan batin dengannya.

Namun, saat mengajaknya bermain atau melakukan aktivitas fisik lainnya, pastikan Ibu menyeimbangkan waktunya dengan istirahat yang cukup. Si Kecil usia 1-3 tahun membutuhkan waktu tidur 11-12 jam, termasuk waktu tidur siang, agar energi Si Kecil, dapat pulih kembali di esok hari.

Selain menyeimbangkan jenis permainan dan waktu bermain Si Kecil, Ibu juga perlu menyeimbangkan aktivitas fisiknya dengan asupan nutrisi yang cukup. Berikan makanan bergizi seimbang untuk menu harian Si Kecil, serta Nestlē LACTOGEN ActivGro 3 yang diperkaya dengan probiotik, zat besi, vitamin B1 (thiamin), dan vitamin B2 (ribovlafin), untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Sekarang Ibu tidak bingung lagi bagaimana menjaga tubuh Si Kecil usia 1-3 tahun tetap bugar, kan? Yuk,share tips bugar ini kepada Ibu lainnya!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.