Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Mendukung Perkembangan Janin Usia 6 Bulan

4 Hal Ini Bantu Mendukung Kecerdasan Si Kecil Sebelum Lahir

(0 review)

Sebagai orang tua, tentu Ibu dan Ayah menginginkan Si Kecil tumbuh menjadi anak sehat dan cerdas. Nah, mendukung tumbuh kembang dan kecerdasan Si Kecil, ternyata bisa dilakukan sejak ia masih di dalam kandungan. Saat memasuki usia perkembangan janin 6 bulan misalnya, ia mulai bisa merespon terhadap sentuhan atau suara

Rabu, 6 September 2017

Berdasarkan riset dari peneliti Ilmu Kesehatan dan Rehabilitasi Universitas Queensland, Australia, Grace Branjerdporn, yang melibatkan lebih dari 700 Ibu dan anak, dukungan yang diberikan selama masa kehamilan itu dapat membantu optimalkan perkembangan Si Kecil, seperti berjalan, berbicara, dan berpikir kreatif. Untuk bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil sejak di dalam kandungan, berikut beberapa hal seru yang dapat dilakukan bersama Ayah!

Berbicara dengan Si Kecil

Memasuki usia kehamilan 23 minggu, Si Kecil mulai bisa mendengar suara dari dalam rahim. Nah, Ayah dapat memanfaatkan momen ini dengan mengajak Si Kecil berbicara melalui perut Ibu. Dengan begitu, Si Kecil dapat mengenal suara Ayah setelah ia lahir. Tidak hanya itu saja, hal ini juga bermanfaat untuk bantu mendukung kemampuan bahasa Si Kecil. Menurut peneliti dari University of Washington, Seattle, Amerika Serikat, Si Kecil mulai belajar mengenal bahasa di 10 minggu akhir sebelum persalinan. Jadi, selalu luangkan waktu untuk berbicara dengan buah hati melalui perut Ibu ya, Yah.

Membacakan Dongeng

Ini bisa menjadi salah satu cara seru untuk bantu mendukung kecerdasan Si Kecil sebelum lahir, karena mendongeng juga melibatkan interaksi dengan janin. Sambil berkomunikasi dengan Si Kecil, minta bantuan Ibu untuk memberitahu bila Si Kecil menggerakkan tubuhnya di dalam kandungan. Merasakan gerakan seperti tendangan Si Kecil dari perut Ibu, bisa menjadi pengalaman luar biasa bagi Ayah. Jangan lupa, Ayah juga sebaiknya mengelus perut Ibu saat mendongeng ya, hal ini dapat membantunya merasa lebih nyaman.

Mendengarkan Musik

National Association for Music Education menyarankan Si Kecil diperkenalkan dengan musik sejak ia masih di dalam kandungan, untuk mendukung kemampuannya dalam mengenal bahasa. Bahkan, dengan cara ini Ibu dan Ayah juga dapat mendukung perkembangan motorik halus dan kasarnya. Ayah bisa memilih genre musik yang santai, seperti musik klasik.

Mengajak Ibu Olahraga Bersama

Mendukung pertumbuhan janin bisa dilakukan dengan mengajak Ibu melakukan olahraga bersama, misalnya jalan santai sambil pikinik di taman, berenang di tempat favorit, atau 

menemani Ibu di kelas senam hamil. Dengan rutin berolahraga, Ayah dapat bantu menjaga kesehatan Ibu dan janin, terutama untuk mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mengurangi risiko diabetes gestasional yang dapat mengganggu tumbuh kembang janin.

Nah, mendukung tumbuh kembang janin bisa dimulai dengan melakukan hal sederhana seperti di atas. Jadi, Ayah sebaiknya lebih banyak meluangkan waktu untuk menikmati momen berharga ini. Apalagi di awal usia perkembangan janin 6 bulan, Ayah bisa ikut merasakan respon Si Kecil dari perut Ibu. Dengan memastikan tumbuh kembang janin berjalan optimal, Ibu dapat menjalani kehamilan dengan happy. Happy pregnancy, happy baby!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.