Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Kenalkan Si Kecil Finger Foods untuk Perkembangan Motorik Anak

4 Pilihan Finger Foods Sehat untuk Si Kecil

 

Memasuki usia 9 bulan, biasanya Si Kecil gemar menggenggam berbagai benda dan memasukkannya ke mulut. Hal ini sebenarnya menjadi suatu pertanda baik, karena perkembangan motorik anak berjalan dengan optimal. Tapi di sisi lain, Ibu perlu memberikan perhatian khusus agar ia tidak memasukkan benda berbahaya ke mulutnya.

Kamis, 8 Maret 2018

Nah, ketika Si Kecil semakin aktif memasukkan benda ke mulut, Ibu dapat mendukungnya untuk mengonsumsi sendiri makanannya. Tapi apakah aman jika Si Kecil makan dengan mandiri sejak dini? Jangan khawatir Bu, karena di usia 9 bulan ke atas Ibu dapat memberikan finger foods untuk buah hati. Ini adalah pilihan makanan yang penyajiannya disesuaikan dengan genggaman jari mungil Si Kecil. Biasanya, finger foods merupakan menu camilan anak yang sudah dimasak hingga matang, atau diproses dengan cara direbus sampai memiliki tekstur lembut. Lalu, apa saja pilihan menu finger foods bergizi untuk Si Kecil usia 9 bulan ke atas? Yuk, cari tahu di bawah ini!

  • Sayuran

Ini bisa menjadi salah satu pilihan finger foods untuk melengkapi nutrisi Si Kecil. Sebab, sayuran merupakan sumber vitamin, seperti vitamin A yang dapat mendukung kesehatan mata dan vitamin C untuk bantu memperkuat daya tahan tubuh. Contohnya, Ibu bisa memberikan Si Kecil potongan wortel atau brokoli yang direbus hingga teksturnya lembut.

 

  • Buah

Apel dan pisang bisa menjadi salah satu camilan sekaligus finger foods yang bergizi bagi Si Kecil, Bu. Apalagi, kedua jenis buah ini rasanya manis sehingga cenderung mudah disukai oleh Si Kecil. Selain itu, apel dan pisang juga memiliki kandungan serat yang berguna untuk mendukung fungsi saluran cerna Si Kecil dan mengurangi risiko sembelit. Jadi, Ibu bisa menyajikan potongan buah apel dan pisang untuk dikonsumsi sendiri oleh Si Kecil.

 

  • Keju

Keju merupakan produk hasil olahan susu yang dapat membantu mencukupi gizi harian Si Kecil. Selain tinggi kandungan protein, keju juga mengandung kalsium yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Yuk Bu, berikan Si Kecil keju yang disajikan dengan cara dipotong dadu, sebagai pilihan menu finger foods sehat!

 

  • Daging

Menu finger foods ini bisa Ibu berikan untuk Si Kecil usia 1 tahun. Daging sapi  menjadi salah satu sumber makanan dengan kandungan zat besi yang dibutuhkan Si Kecil untuk bantu mengurangi risiko anemia. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Si Kecil usia 6 – 11 bulan memerlukan zat besi sebanyak 11 mg/hari, Bu. Oleh sebab itu, Ibu bisa memberikan Si Kecil daging sapi atau daging ayam yang telah dimasak hingga lunak, lalu dicincang, dan dibentuk bola daging sesuai ukuran jarinya.

Sebagai alternatif finger foods, Ibu juga bisa memberikan Si Kecil Nestlé CERELAC NutriPuffs . Snack sehat yang dirancang khusus sesuai untuk mendukung perkembangan motorik halus Si Kecil, dibentuk dengan ukuran yang sesuai jarinya dan memiliki tekstur yang mudah meleleh di mulut. Diperkaya dengan kandungan zat besi dan vitamin B1, camilan terbaru dari CERELAC ini dapat membantu lengkapi kebutuhan gizi harian Si Kecil.

Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi untuk menyediakan menu finger foods sehat bagi Si Kecil kan, Bu? Perlu dicatat, sebelum mendukung Si Kecil mengonsumsi sendiri finger foods, Ibu sebaiknya memastikan bahwa ukuran dan tekstur makanan sesuai dengan kemampuan mengunyah Si Kecil, ya. Dengan begitu, risiko Si Kecil tersedak akibat makanan bisa dikurangi.

Yuk, dukung perkembangan motorik anak sejak dini dengan cara melatihnya makan finger foods secara mandiri!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.