Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Tips Bumil Bekerja di Bulan Puasa

4 Tips Agar Bumil Tetap Fokus Bekerja Saat Puasa

 

Bekerja saat hamil muda bisa menjadi tantangan tersendiri ya, Bu, apalagi bila Ibu memilih ikut berpuasa di bulan Ramadan setelah mendapatkan izin dari dokter. Tentu Ibu dituntut untuk tetap produktif bekerja, meski terkadang ada rasa haus dan lapar, serta badan pegal yang menganggu konsentrasi Ibu di kantor.

Jumat, 13 Juli 2018

Lalu bagaimana cara menyiasatinya, ya? Tenang Bu, Ibu tetap bisa menjaga kehamilan dengan nyaman saat menjalankan rutinitas kerja di bulan puasa. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

Perhatikan Asupan Gizi

Memerhatikan asupan gizi saat sahur dan berbuka adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan Ibu hamil saat berpuasa. Agar Ibu tidak mudah lelah saat bekerja, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti beras merah, roti gandumg, daging tanpa lemak, dan sayur. Jangan anggap sepele bila Ibu sering mengalami kelelahan, bisa jadi ini gejala anemia akibat kekurangan zat besi. Selain itu untuk memperkuat daya tahan tubuh, Ibu perlu mencukupi kebutuhan protein dengan mengonsumsi telur, ayam, tempe, dan susu.

Jangan lupa, Ibu juga butuh minum air mineral yang cukup agar tetap terhidrasi selama berpuasa. Minimal Ibu minum sebanyak dua gelas saat berbuka, dua gelas menjelang tidur, serta dua gelas saat makan sahur.

Mengatur Posisi Duduk

Berat badan dan postur tubuh Ibu akan berubah saat hamil. Hal ini bisa memengaruhi tingkat kenyamanan Ibu saat duduk lama di kantor. Untuk itu, luruskan kaki jika mulai terasa pegal. Ibu juga bisa menambah bantal sebagai sandaran empuk untuk menopang punggung. Sandaran yang nyaman membantu Ibu terhindar dari rasa nyeri pada area tulang belakang. Seperti yang sudah Ibu ketahui, nyeri di area punggung adalah salah satu keluhan yang sering dialami para calon Ibu.

Ambil Waktu Istirahat

Di sela-sela waktu bekerja, ambil istirahat singkat setiap 30–60 menit sekali. Jika Ibu mulai merasa penat, bangunlah dari kursi dan bergerak selama beberapa menit, seperti berjalan di sekitar ruangan kantor. Ibu juga bisa melakukan peregangan di waktu istirahat untuk melenturkan otot tubuh supaya tidak tegang. Dengan melakukan peregangan, Ibu dapat mengembalikan kebugaran tubuh. Selain itu, untuk mencegah kepala pusing karena terlalu lama menatap layar komputer, sebaiknya alihkan pandangan Ibu dari komputer ke jendela atau benda lain di sekitar kantor selama dua hingga tiga menit.

Cukup Tidur

Ini adalah salah satu cara agar badan tetap bugar saat beraktivitas. Oleh sebab itu, Ibu perlu tidur lebih awal dengan durasi tidur sekitar delapan jam sehari. Apalagi, di bulan puasa waktu tidur bisa jadi berkurang karena Ibu perlu bangun saat dini hari untuk sahur. Nah, selain waktu tidur yang terpenuhi, pastikan Ibu dapat tidur lebih nyaman dengan memerhatikan posisi tidur yang tepat. Ibu hamil disarankan tidur menyamping ke sisi kiri, karena dapat bantu mengoptimalkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Dengan begitu, Ibu pun bisa mengurangi risiko pembengkakan yang biasanya terjadi di bagian lutut serta kaki. Selain itu, posisi tidur seperti ini juga dapat bantu memaksimalkan aliran darah ke janin untuk mendukung tumbuh kembangnya dengan optimal.

Nah, menjaga kehamilan tetap nyaman dan menyenangkan di tempat kerja selama bulan puasa tidak terlalu sulit kan, Bu? Dengan memastikan bahwa Ibu tetap nyaman dalam melakukan rutinitas sehari-hari, Ibu dapat menjalani kehamilan dengan happy. Ibu pun dapat mendukung Si Kecil kelak tumbuh menjadi anak yang aktif, sehat, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.