Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Cara Membuat Anak Pintar dan Kreatif

5 Cara Agar Si Kecil Tumbuh Kreatif

 

Seperti halnya kecerdasan, setiap anak memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berbeda-beda pula. Namun, sebagai orang tua, Ibu dapat membantu Si Kecil untuk meningkatkan kreativitasnya.

Selasa, 26 April 2016

Mengapa sih, hal ini penting untuk dilakukan? Karena dengan mengembangkan kreativitas anak, Ibu dapat memberikannya ‘bekal’ untuk meraih impian.

Anak yang kreatif itu tidak selalu harus menguasai bidang seni, lho. Tapi juga punya kemampuan dalam memecahkan suatu masalah. Di kemudian hari, ini dapat mendukungnya untuk menciptakan hal baru, misalnya dalam bidang sains dan juga teknologi. Semua ini bisa dimulai dengan membantu Si Kecil mengembangkan kreativitasnya.

Lalu, bagaimana cara bantu mengembangkan kreativitas dan daya imajinasi Si Kecil? Lakukan beberapa tips berikut, yuk!

Bebaskan Si Kecil Bereksplorasi

Sediakan lebih banyak waktu untuk mengarahkan Si Kecil mengembangkan kreativitasnya. Benar Bu, bebaskan ia mengeksplorasi saat bermain. Tentunya, usahakan hal ini selalu berada di bawah pengawasan Ibu, ya. Beberapa jenis permainan yang dapat membantu Si Kecil berpikir kreatif dan melatih perkembangan motorik anak  di antaranya, balok susun (lego) atau melukis dengan cat air. Selain itu, sebaiknya Si Kecil juga diberikan area bermain yang aman, misalnya di salah satu sudut ruang keluarga atau di teras rumah. 

Ciptakan Suasana Kreatif

Berikan Si Kecil kebebasan untuk mengutarakan idenya, memilih permainan yang disukainya, dan kreasi yang ingin dicobanya. Contohnya saat sedang menggambar, minta Si Kecil untuk membuat gambar yang ada di dalam imajinasinya. Apa pun objek gambar yang dibuatnya, berikan ia motivasi agar tidak takut membuat kesalahan. Karena, perasaan ini malah akan mengekang kreativitasnya. 

Batasi Kegiatan Nonton TV

Sebaiknya batasi waktu Si Kecil untuk menonton TV, dan jangan biarkan ia terlalu sering bermain gadget. Dukung Si Kecil untuk aktif bermain, membaca buku dongeng bersama Ibu, atau ajak ia mengunjungi taman dan museum, untuk belajar hal-hal baru yang bisa menjadi cara membuat anak pintar dan merangsang kreativitasnya.  

Jangan Langsung Berikan Imbalan

Hal ini juga penting, karena memberikan imbalan secara langsung bisa mengganggu proses kreatif dan kebebasan berpikir anak. Jadi, jika Si Kecil berhasil menyusun puzzle dalam waktu yang lebih singkat atau dapat menyelesaikan gambarnya, lebih baik beri ia pujian yang bisa memotivasinya untuk berkreasi dan bermain dengan dunia imajinasinya.

Aktif Berkomunikasi

Berhenti menanti hasil yang telah ia capai. Lebih baik tanyakan tentang prosesnya, seperti apakah ia senang dengan kegiatan yang sedang dilakukannya atau hal apa yang paling ia sukai dari aktivitas tersebut.  

Nah, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mendukung Si Kecil mengembangkan kreativitasnya ya, Bu. Selain mendorong anak melakukan kegiatan yang kreatif, bantu cukupi asupan nutrisinya, terutama asupan protein. Nestlé NANkid pHPro 3 bisa menjadi salah satu sumber protein yang baik, karena mengandung OPTIPRO (protein whey terhidrolisis parsial) yang merupakan satu jenis protein berkualitas. Asupan protein yang berkualitas dapat mendukung pertumbuhan Si Kecil saat ini dan nanti.

Yuk, bantu persiapkan Si Kecil untuk meriah impiannya sejak dini, dengan cara mendukungnya tumbuh menjadi anak yang kreatif!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.