Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Info Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

5 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk Berkomunikasi dengan Janin

 

Tahukah, Ibu? Menjelang trimester akhir kehamilan, Si Kecil sudah dapat mendengar, mempelajari, dan mengingat, lho. Hal ini diungkapkan dari hasil studi professor Patricia K. Kuhl di University of Washington, AS. Oleh sebab itu, Ibu disarankan melakukan stimulasi terhadap janin untuk mendukung perkembangannya.

 

Selasa, 9 Januari 2018

Salah satu caranya adalah dengan mengajak Si Kecil berkomunikasi. Bagaimana caranya supaya Ibu terbiasa melakukan komunikasi dengan Si Kecil di dalam kandungan? Yuk, simak info kesehatan Ibu hamil dan janin berikut ini!

Memandangi Foto USG Janin

Ini bisa menjadi salah satu cara bagi Ibu untuk berkomunikasi dengan janin Ibu hamil. Jadi, tidak ada salahnya bila Ibu meluangkan waktu berdua dengan janin sambil memandangi hasil USG. Melalui imajinasi yang indah tentang masa depan Si Kecil setelah lahir, Ibu dapat mengungkapkan perasaan kasih sayang ke janin. Selain memastikan kesehatan janin dan Ibu hamil dalam keadaan sehat, pemeriksaan USG juga menjadi momen bahagia bagi calon Ibu.

Membuat Nama Panggilan untuk Si Kecil

Meski belum menyiapkan nama anak, Ibu bisa mencari nama panggilan untuk janin. Misalnya, “Dedek”, “Si Kecil”, atau sebutan lain yang terdengar menggemaskan. Nama panggilan ini bisa menjadi cara Ibu berkomunikasi dengan janin. Coba saja panggil sebutan tersebut sambil mengusap perut, Bu. Bisa jadi janin merasa diajak bicara dan bahkan mulai bergerak. Betapa mengagumkan ya!

Ajak Anggota Keluarga Bicara dengan Si Kecil

Sesekali ajak Ayah atau orang terdekat Ibu untuk berbicara dengan janin. Ahli saraf kognitif, Eino Partanen, dari Universitas Helsinki, Finlandia, mengatakan bahwa di usia kandungan 20 minggu, janin bisa mendengarkan suara dari luar rahim walau sedikit samar. Coba biasakan  janin mendengar suara Ayah, Kakak, ataupun Nenek, Bu. Cara ini dapat membantu Si Kecil agar merasa familiar dengan anggota keluarga.

Pergi Berbelanja

Terkadang, Ibu tidak perlu mengucapkan kata-kata untuk berkomunikasi dengan janin. Narasi yang diungkapkan Ibu di dalam hati, bisa jadi dimengerti oleh janin. Nah, saat belanja perlengkapan bayi misalnya, Ibu bisa ajak janin memilih warna pakaian, jenis tempat tidur, sampai pernak-pernik lucu.

Ternyata, berkomunikasi dengan janin tidak begitu sulit ya, Bu. Beberapa cara di atas bahkan bisa dilakukan sehari-hari untuk mendukung perkembangan Si Kecil sejak di dalam kandungan. Semoga dengan membaca info kesehatan ibu hamil dan janin ini bisa membantu Ibu menjalani masa kehamilan dengan menyenangkan. Dengan begitu, Ibu dapat mendukung Si Kecil nantinya tumbuh menjadi anak yang sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.