Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Asupan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

5 Makanan Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Puasa

 

Menjalani kehamilan di trimester kedua memang penuh tantangan ya, Bu. Apalagi bila di masa kehamilan ini Ibu ikut berpuasa. Meski tidak diwajibkan, sebagian Ibu hamil tetap memilih menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Lalu, apakah hal ini aman bagi kesehatan janin? Berdasarkan hasil penelitian dari Iranian Journal of Pediatrics, berpuasa saat hamil tidak menimbulkan risiko gangguan kesehatan, baik pada Ibu maupun Si Kecil. Namun, sebelum memutuskan berpuasa, Ibu disarankan konsultasi dengan dokter dan pastikan tetap mengonsumsi makanan sehat untuk Ibu hamil.

Jumat, 13 Juli 2018

Ibu hamil bisa jadi lebih nyaman berpuasa di trimester kedua, karena gejala seperti mual dan muntah biasanya sudah terlewati. Nah, bila dokter sudah memberikan “lampu hijau” untuk berpuasa, Ibu wajib memasukkan lima makanan ini ke dalam menu sahur dan berbuka, sehingga Ibu bisa tetap nyaman berpuasa di bulan suci ini.

Lalu, apa saja sih sumber makanan yang mesti dikonsumsi Ibu hamil di bulan puasa? Yuk, cek info selengkapnya di sini.

Nasi

Ini merupakan salah satu sumber karbohidrat yang berguna untuk menghasilkan energi pada tubuh. Sebagai alternatif, Ibu juga bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Berbeda dengan nasi putih, nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama dicerna oleh tubuh. Selain dapat menunda lapar lebih lama, proses mencerna karbohidrat kompleks yang perlahan-lahan ini bisa menghasilkan energi secara stabil untuk membantu Ibu beraktivitas selama berpuasa. Contoh sumber karbohidrat kompleks lainnya adalah roti gandum dan oatmeal.

 

Daging Rendah Lemak

Daging adalah sumber protein dan zat besi yang baik bagi tubuh. Namun, Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi daging rendah lemak untuk kurangi kadar kolesterol dalam darah. Contoh daging rendah lemak antara lain dada ayam tanpa kulit dan daging sapi tanpa lemak. Kebutuhan gizi Ibu hamil selama berpuasa dapat dipenuhi dengan mengonsumsi daging rendah lemak, karena mengandung protein untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan zat besi untuk mencegah anemia.

 

Susu

Susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt, merupakan sumber kalsium yang dapat mendukung pertumbuhan tulang janin. Selain kalsium, segelas susu juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang bantu mencukupi kebutuhan gizi Ibu hamil selama berpuasa. Jadi, jangan lupa minum susu saat sahur dan berbuka puasa ya, Bu.

 

Buah dan Sayur

Konstipasi atau sembelit seringkali menjadi salah satu masalah berpuasa saat hamil. Tapi jangan khawatir Bu, hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi sayur dan buah. Kandungan serat dalam sayur dan buah dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna Ibu hamil. Selain itu, Ibu bisa mengonsumsi beragam buah dan sayur dengan aneka warna agar tidak bosan. Ini adalah salah satu cara untuk mengenalkan makanan sehat kepada Si Kecil sejak di dalam rahim.

 

Nah, tidak sulit kan Bu, memastikan nutrisi tetap tercukupi selama berpuasa saat hamil? Dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, Ibu dapat menjalani kehamilan yang sehat dan menyenangkan agar kelak Si Kecil tumbuh menjadi anak yang aktif, sehat, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby! 

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.