Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

5 Metode Relaksasi Melalui Panca Indera

 

Saat hamil, wajar jika Ibu sering merasa lelah dan letih. Rasa was-was juga semakin meningkat menjelang kelahiran Si Kecil. Jika hal ini terjadi, Ibu tak perlu terlalu khawatir. Nikmatilah masa kehamilan sebagai pengalaman yang indah, dengan terus mencari tahu berbagai informasi, mulai dari olahraga untuk Ibu hamil, nutrisi dan kesehatan kandungan, hingga proses persalinan. Dengan begitu, Ibu bisa lebih percaya diri dalam menjalani perjalanan ke depan.

Kamis, 18 Mei 2017

Selain itu, pastikan selama mengandung Ibu tetap menjaga kesehatan fisik dengan mengonsumsi asupan yang bernutrisi seimbang dan berolahraga. Jaga pula kesehatan mental dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan. Salah satunya adalah relaksasi. Nah, berikut ada cara relaksasi yang cukup menarik menggunakan panca indera. Yuk, kita simak satu per satu!

Penglihatan

Sesuatu yang dilihat tentu akan memengaruhi emosi dan perilaku. Oleh karena itu, untuk proses relaksasi, Ibu dianjurkan untuk melihat atau memandang hal-hal yang menyenangkan. Misalnya, suasana kamar yang santai dengan pencahayaan lembut tentu dapat membuat Ibu merasa aman, tenang, dan hangat. Ibu dapat memanjakan mata dengan melihat pameran foto, seni, dan lukisan yang menarik perhatian. Pilihan lain adalah dengan menonton film bertema ringan seperti drama romantis atau komedi.

Pendengaran

Ketika punya waktu bersantai di kamar, coba dengarkan musik untuk relaksasi. Musik klasik bisa jadi pilihan yang tepat, karena memiliki kemampuan untuk menciptakan rasa nyaman dan tenang. Oleh karena itu, terapi musik dapat menjadi bantuan yang efektif saat relaksasi. Selain mendengarkan musik, Ibu juga bisa mendengarkan suara ombak, gemericik air, kicauan burung yang dapat membantu pikiran agar lebih fokus. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang terapi musik, Ibu bisa kunjungi www.musictherapy.org.

Penciuman

Bau tertentu dapat memiliki efek menenangkan, lho. Ibu bisa coba wangi aromaterapi atau minyak esensial, seperti lavender, mawar, dan melati. Gunakan wangi lavender, bergamot, atau geranium untuk menjaga udara di dalam ruangan tetap segar dan membuat suasana lebih tenang dan santai. Wangi melati juga membantu proses persalinan dengan meringankan rasa sakit, juga merangsang kontraksi.

Pengecap

Saat hamil, Ibu mungkin sering mengalami rasa tidak nyaman dan mual. Nah, Ibu bisa mengatasinya dengan mencoba beberapa makanan yang punya efek menenangkan. Makanan dingin seperti es serut atau sorbet ternyata dapat melawan rasa mual, lho. Buah lemon juga bisa jadi andalan, baik dengan mencampur perasannya dengan air maupun hanya dengan menjilat potongan buahnya. Rasanya yang segar mampu menangkal rasa mual yang Ibu alami.

Peraba

Selain melakukan gerakan olahraga untuk Ibu hamil, sentuhan dan pijatan lembut memang dipercaya dapat mengurangi stres sehingga akan membuat Ibu lebih nyaman. Coba lakukan sendiri pijatan ringan di bagian tubuh yang bisa diraih, seperti kaki dan tangan. Bila perlu, minta bantuan orang lain untuk mencapai bagian tubuh lain, seperti punggung dan pundak, supaya lebih efektif. Ingat untuk tidak memijat bagian perut terlalu keras. Pijat menstimulasi ujung saraf di kulit dan menenangkan otot yang terasa lelah, sehingga tubuh Ibu terasa lebih segar, tenang, dan sehat.

Selain lima hal di atas, coba lakukan olahraga untuk Ibu hamil, seperti berjalan kaki atau berenang. Hal itu juga dapat membantu tubuh Ibu untuk tetap bugar dan melepaskan stres yang dapat ditimbulkan selama hamil. Ingat, kondisi kehamilan yang sehat dan optimal akan membantu Si Kecil untuk tumbuh sehat, aktif, dan ceria di kemudian hari. Happy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.