Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
5-metode-relaksasi-melalui-panca-indra

5 Metode Relaksasi Melalui Panca Indra

(0 review)

Saat hamil, wajar jika kadang-kadang Ibu merasa lelah, capek dan letih. Rasa was-was juga semakin meningkat saat menjelang kelahiran Si Kecil. Jika hal ini terjadi, Ibu tak perlu merasa khawatir. Nikmati proses kehamilan sebagai pengalaman yang indah dengan melatih diri dalam mengontrol kesadaran dan cara bereaksi terhadap pikiran.

Jumat, Desember 18th, 2015

Sebenarnya, Caranya sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan relaksasikan pikiran Ibu lewat panca indra. Yuk, coba teknik-teknik relaksasi berikut ini!

Penglihatan

Apa yang dilihat tentu akan mempengaruhiemosi dan perilaku. Misalnya, jika Ibu lihat lingkungan yang santai dengan pencahayaan lembut, lampu, atau ditemani lilin tentu akan merasaaman, tenang, dan hangat. Ibu dapat memanjakan mata dengan melihat pameran foto, seni dan lukisan. Pilihan lain adalah dengan  menonton film bertema ringan seperti drama romantis atau komedi.

Pendengaran

Musik klasik memiliki kemampuan untuk menciptakan rasa nyaman dan tenang. Oleh karena itu, terapi musik dapat menjadi bantuan yang efektif dalam relaksasi. Ibujuga bisa mendengarkan suara ombak, gemericik air, kicauan burung yang dapat membantu agar lebih fokus.Untuk mempelajari lebih lanjut tentang terapi musik, Ibu bisa kunjungi musictherapy.org.

Penciuman

Bau tertentu juga dapat memiliki efek menenangkan. Ibu juga bisa coba wangi aromaterapi atau minyak esensial seperti lavender, mawar dan melati. Gunakan wangi lavender, bergamot atau geranium untuk menjaga udara tetap segar dan membuat suasana lebih tenang dan santai. Wangi melati juga membantuproses persalinan denganmeringankan rasa sakit, dan merangsang kontraksi.

Pengecap

Ahli kesehatan setuju bahwa makanan yang kaya karbohidrat kompleks dan vitamin B sangat bermanfaat terutama pada saat persalinan. Asupanbuah dan sayur yang cukup juga akan menyegarkan nafas dan menjaga kelembapan mulut.Rutin juga konsumsi dua gelas Nestlé MOM & me dengan kandunganBifidobacteriumlactisdan Lactobacillus rhamnosusyang dapat membantu fungsi saluran cerna Ibu selama hamil. Selain penuhi nutrisi, Ibu juga bisa lebih rileks dan siap menyambut kelahiran Si Kecil kelak.

Peraba

Sentuhan dan pijatan lembut memang dipercaya dapat mengurangi stres sehingga akan membuat Ibu lebih nyaman. Lakukan sendiri pijatan ringan di seluruh tubuh kecuali pada bagian punggung. Sebaiknya Ibu menghindari memijat bagian perut terlalu keras. Pijat menstimulasi ujung saraf di kulit dan menenangkan otot yang terasa lelah, sehingga tubuh terasa lebih segar, tenang dan sehat. Selain baik untuk Ibu, pijat juga memberikan efek tidak langsung kepada Si Kecil.

Selain lima hal di atas, melakukan olahraga ringan saat hamil juga dapat membantu Ibu agar lebih rileks, lho. Jangan lupa untuk selalu share artikel ini ya, Bu!

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review