Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Pilihan Makanan Bernutrisi untuk Anak 1 Tahun

5 Nutrisi Penting untuk Anak 1 Tahun

 

Si Kecil memasuki usia satu tahun saat ini. Happy Moms tentu ingin memberikan beragam makanan bernutrisi yang dapat mendukung tumbuh kembangnya.

Selasa, 10 Juli 2018

Menurut Bridging the Word Gap Research Network, usia 1-3 tahun dikenal sebagai tahun keemasan (golden years) Si Kecil. 85% perkembangan otak Si Kecil terjadi pada usia tersebut. Oleh karena itu, Si Kecil membutuhkan nutrisi yang tepat untuk mendukung perkembangannya saat ini. Apa saja nutrisi penting yang dibutuhkan oleh Si Kecil memasuki usia satu tahun? Berikut ini informasinya.

 

Protein

Seiring bertambahnya usia, Si Kecil mulai melengkapi kebutuhan protein dari makanan lain. Protein ini berguna untuk pertumbuhan otot dan sel-sel tubuh. Nutrisi ini juga bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil. Ada baiknya, Moms mulai memberikan protein dari sumber makanan, seperti ikan, telur, tempe, tahu, daging, susu dan produk olahannya.

 

Kalsium

Kalsium dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tulang yang kuat pada Si Kecil. Mereka yang mendapatkan cukup kalsium ketika masih bayi cenderung punya tulang yang kuat saat dewasa. Selain itu, kalsium juga membantu kerja saraf dan otot Si Kecil. Kalsium bisa didapatkan dari susu, yoghurt, keju, edamame, jeruk, dan brokoli. Untuk usia satu tahun ke atas, Si Kecil membutuhkan sekitar 700 mg atau sekitar 2-3 porsi setiap hari.

 

Zat Besi

Tubuh Si Kecil membutuhkan zat besi untuk membentuk hemogoblin, sel darah yang bertugas mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Kurangnya zat besi menyebabkan kurangnya oksigen pada darah sehingga memperlambat kerja otak dan otot. Oleh karena itu, anak yang kekurangan zat besi akan terlihat kurang aktif dan lamban pertumbuhannya. Inilah kenapa Moms perlu memasukkan zat besi ke menu makanan bergizi untuk anak. Nutrisi yang satu ini banyak terdapat antara lain pada daging merah, hati, telur, bayam, kacang merah, dan oatmeal.

 

Lemak

Siapa bilang Si Kecil tidak membutuhkan lemak? Lemak diperlukan tubuh untuk membangun jaringan tubuh (termasuk di otak dan saraf), serta merupakan sumber energi untuk beraktivitas. Namun, tidak semua lemak baik. Salah satu sumber lemak baik adalah omega-3, omega-6, dan omega-9, yang dapat ditemukan dalam tuna, salmon, dan susu.

 

Vitamin A

Seperti yang Moms tahu, vitamin A dapat membantu menjaga penglihatan Si Kecil. Selain itu, vitamin A juga bisa membantu pertumbuhan tulang dan melindungi tubuh Si Kecil dari infeksi virus ataupun bakteri. Mengingat pentingnya nutrisi ini, pemberian vitamin A untuk anak telah menjadi program nasional di posyandu di Indonesia setiap bulan Februari dan Agustus. Anak usia 1-3 tahun memerlukan vitamin A maksimal 200.000 UI per harinya. Moms juga bisa memberikan vitamin A dari makanan seperti wortel, ubi jalar, keju, telur, bayam, mangga, dan susu.

 

Untuk melengkapi ragam makanan bernutrisi Si Kecil, Moms dapat memilih Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri. Diperkaya dengan 12 vitamin, 7 mineral, omega-3 & omega-6, dan Lactobacillus reuteri; susu pertumbuhan anak usia 1-3 tahun ini dapat mendukung tumbuh kembangnya saat ini. Yuk, bantu cukupi asupan nutrisi Si Kecil, agar ia dapat tumbuh sehat, aktif, dan bahagia. Grow happy!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.