Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

5 Sumber Zat Besi untuk Si Kecil

(0 review)

Asupan zat besi untuk Si Kecil, penting untuk selalu diperhatikan, Bu. Mineral ini merupakan salah satu nutrisi esensial untuk mendukung aktivitasnya dalam bermain dan belajar. Untuk bantu cukupi kebutuhan zat besi hariannya, Ibu perlu menyiapkan makanan dengan gizi seimbang. 

Kamis, Agustus 18th, 2016

Lalu apa saja sumber zat besi untuk Si Kecil, dan bagaimana cara memastikan sang buah hati telah mengonsumsi zat besi dengan cukup? Simak terus informasinya berikut ini, ya!

Pentingnya Zat Besi untuk Si Kecil

Zat besi merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil. Saat menghirup udara, oksigen yang masuk ke paru-paru kemudian diedarkan ke seluruh tubuh dengan bantuan zat besi yang terkandung di dalam hemoglobin (sel darah merah). Bila jumlah zat besi berkurang, maka kadar hemoglobin juga alami kekurangan, sehingga dapat menyebabkan anemia. Kondisi ini mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Tanpa asupan zat besi yang cukup, periode pertumbuhan emas Si Kecil berisiko terganggu, akibat anemia. Maka, di sinilah peran Ibu dibutuhkan, agar dapat memenuhi asupan zat besi untuk Si Kecil setiap hari. 

Sumber Zat Besi untuk Si Kecil

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Si Kecil yang berusia 6-11 bulan memerlukan zat besi sebanyak 11 mg/hari. Untuk mencukupi kebutuhan hariannya ini, Ibu sebaiknya membiasakan Si Kecil konsumsi beragam makanan yang kaya akan kandungan mineral tersebut sejak dini. Berikut adalah sumber makanan yang mengandung zat besi untuk Si Kecil: 

•    Daging sapi
Daging sapi merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan zat besi untuk Si Kecil. Setiap 100 gr daging merah ini mengandung 2.8 mg zat besi . Agar mudah dikonsumsi, cincang daging dengan lembut sebelum dimasak. Daging sapi dapat diolah sebagai MP-ASI untuk Si Kecil sejak berusia 8 bulan.

•    Ayam
Daging ayam memiliki kandungan zat besi 1.5 mg per 100 gram berat bersih (tanpa tulang). Setelah memasuki usia 6 bulan, Si Kecil dapat mengonsumsi menu MP-ASI daging ayam dengan cara dihaluskan sebelum dimasak.

•    Hati
Hati ayam dan sapi dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan zat besi paling tinggi. Hati ayam misalnya, mengandung 15.8 mg zat besi setiap 100 gram berat bersih.  Namun, disarankan Ibu membatasi konsumsi hati pada Si Kecil, misalnya seminggu sekali. Agar tidak melebihi kebutuhan hariannya dan juga mencegah kelebihan asupan vitamin A. 

•    Kacang-kacangan 
Beberapa jenis kacang seperti kacang merah dan polong, merupakan sumber zat besi yang baik untuk cukupi kebutuhan zat besi Si Kecil. Meskipun zat besi dalam pangan nabati ini tidak mudah diserap oleh tubuh, namun dapat bantu penuhi kebutuhan zat besi harian Si Kecil.

•    Sayuran Hijau
Beragam sayuran berdaun hijau juga merupakan makanan yang mengandung zat besi untuk Si Kecil. Contohnya seperti, bayam, selada air, dan brokoli. 

Selain sumber makanan tadi, Ibu juga bisa cukupi asupan zat besi untuk Si Kecil dengan melanjutkan pemberian ASI dan menyiapkannya semangkuk Nestlé CERELAC. Kini, kandungan formula di dalamnya dilengkapi iRON+ yang tinggi zat besi, untuk membantu memperkecil risiko anemia Si Kecil. Selain itu, setiap suapannya juga mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. 

Jadi, jangan lupa untuk memasukkan makanan yang mengandung zat besi ke dalam menu harian Si Kecil ya, Bu! Pastikan juga, cek asupan zat besi Si Kecil dengan cara menghitungnya menggunakan Nestlé Iron Calculator. Sehingga, Ibu dapat memantau kebutuhan zat besi untuk Si Kecil.

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review