Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Tips Memilih Makanan Sehat untuk Anak 1 Tahun

5 Tips Memilih Makanan Sehat untuk Si Kecil 1 Tahun

 

Saat Si Kecil melewati usia enam bulan, ia mulai bisa mengonsumsi MP-ASI. Jenis makanan yang  bisa ia konsumsi pun semakin banyak begitu melewati usia 12 bulan, atau saat gigi Si Kecil mulai tumbuh.

Selasa, 10 Juli 2018

Hal yang mungkin sering menjadi pertanyaan Moms; apakah yang sebaiknya Moms berikan untuk Si Kecil usia satu tahun? Untuk memastikan kebutuhan nutrisinya tercukupi Moms bisa mengintip tips memilih makanan sehat untuk anak berikut ini

 

Bagaimana Cara Menyajikan Makanan Si Kecil?

Perlu diketahui bahwa Si Kecil usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 1.125 kkal setiap hari untuk memenuhi kecukupan energi dan nutrisinya. Jumlah kebutuhan kalori ini bisa berbeda pada tiap anak, karena disesuaikan lagi dengan usia, berat badan, dan aktivitas Si Kecil. Dianjurkan pemenuhan kalori itu dibagi dalam tiga kali waktu makan dan dua kali waktu camilan. Ada baiknya, Moms tidak fokus pada salah satu sumber makanan saja ketika menyiapkan menu Si Kecil. Pastikan menu seimbang untuk Si Kecil setiap harinya. Untuk membantu Moms membuat takaran yang tepat, Moms bisa menggunakan Food Guide Plate yang terbagi menjadi empat bagian (yaitu sayuran, buah-buahan, biji-bijian atau serealia, dan protein) ditambah susu.

 

Perlukah Mengonsumsi Makanan Mengandung Karbohidrat?

Tentu saja perlu. Makanan berkarbohidrat tinggi berguna untuk meningkatkan energi, serat,  vitamin, dan mineral. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk Si Kecil yang sedang aktif saat ini. Menurut British Nutrition Foundation, dalam sehari, Si Kecil sebaiknya mengonsumsi makanan berkarbohidrat sebanyak lima porsi. Ini bisa dimasukkan ke tiga kali menu makan utama dan dua kali menu camilan. Dalam sekali makan, Si  Kecil dapat mengonsumsi 2-4 sendok makan nasi atau ½ lembar roti, setara juga dengan 2-5 sendok makan sereal atau ¼ - ½ kentang rebus ukuran sedang. Sebagai alternatif, Si Kecil juga bisa memilih makanan berkarbohidrat lain, seperti pasta, atau mie.

 

Berapa Banyak Sayuran dan Buah yang Perlu Dikonsumsi?

Si Kecil perlu mengonsumsi banyak sayuran dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, serat, dan protein untuk pertumbuhannya. Moms bisa memberikan lima porsi sayur dan buah  per harinya, di waktu makan utama dan di waktu camilnya. Moms dapat berkreasi dengan berbagai resep sehat untuk Si Kecil agar pilihan menu sayur dan buahnya lebih bervariasi.

 

Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan?

Moms tidak boleh lupa juga untuk memasukkan protein dalam menu makanan sehat untuk anak. Direkomendasikan untuk memberikan 2-3 porsi protein untuk Si Kecil setiap harinya. Asupan protein dapat berasal dari ikan, daging ayam, atau kacang-kacangan. Ada baiknya Moms menyajikan ikan, seperti ikan kembung, tuna, atau salmon dua kali seminggu. Jenis ikan ini paling banyak mengandung protein.

 

Bolehkah Si Kecil Banyak Diberikan Jus?

Sebenarnya, Si Kecil yang baru menginjak usia 12 bulan tidak begitu membutuhkan jus sebagai pelengkap. Menurut American Academy of Pediatrics, balita hanya membutuhkan sekitar 180 ml jus setiap hari hingga usia enam tahun. Meskipun demikian, bukan berarti jus buah atau sayur tidak boleh dikonsumsi untuk Si Kecil, karena jus juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tumbuh kembangnya. Namun, jus dapat membuat Si Kecil terbiasa dengan minuman manis. Hal ini dikhawatirkan bisa memicu Si Kecil untuk mengonsumsi banyak kalori cair di kemudian hari. Lebih baik Moms sediakan buah potong kepada Si Kecil. Jus bisa diberikan sebagai selingan.

 

Lengkapi asupan nutrisi Si Kecil dengan memberikannya dua gelas susu pertumbuhan setiap hari. Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri  mengandung 12 vitamin, 7 mineral, minyak ikan, dan Lactobacillus reuteri, untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

 

Itulah beberapa tips memilih makanan sehat untuk anak yang dapat Moms terapkan demi mendukung Si Kecil tumbuh sehat, aktif, dan bahagia. Grow Happy!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.