Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Makanan pendamping ASI untuk Si Kecil usia 6 bulan harus terjamin kebersihannya.

6 Cara Memastikan Kebersihan MP-ASI

(0 review)

Wah, senangnya kini Si Kecil sudah mulai bisa mencoba makanan selain ASI, atau yang disebut juga dengan Makanan Pendamping ASI atau MP-ASI.

Selasa, 26 April 2016

Setelah enam bulan menikmati berbagai manfaat ASI bagi bayi , kini ia pasti tak sabar untuk mulai mencicipi makanan lainnya, yang tentunya tak kalah bergizi dan memberikan nutrisi yang dibutuhkannya.

Nah, apa Ibu sudah siap untuk mulai menyajikan MP-ASI yang lezat untuk Si Kecil? Salah satu hal yang perlu Ibu perhatikan ketika menyiapkan MP-ASI untuk Si Kecil adalah mengenai kebersihan. Hal ini penting untuk menjauhkan Si Kecil dari paparan debu, kuman, dan organisme lain yang dapat membuatnya sakit. Apalagi, saluran cernanya masih tergolong sensitif, karena belum pernah mendapatkan asupan lain selain ASI.
 
Untuk membantu Ibu, silakan simak panduan untuk menjaga kebersihan MP-ASI Si Kecil berikut:

1.    Simpan di Tempat Aman
Artinya, semua bahan MP-ASI disimpan di tempat yang tertutup, tidak terpapar oleh debu, lalat, sinar matahari langsung, dan polutan lainnya yang berpotensi menyebarkan bibit penyakit atau merusak kandungan nutrisi makanan.

2.    Cuci Tangan Terlebih Dulu
Mencuci tangan dapat menurunkan risiko diare sebanyak 31% dan ISPA sampai 45%. Penelitian terbaru dalam Journal of Environmental Research and Public Health juga menemukan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air dapat menghilangkan 92% organisme penyebab penyakit infeksi di tangan.

3.    Jaga Kebersihan Peralatan Makan 
Peralatan masak yang kotor akan mengontaminasi bahan makanan yang dimasak di dalamnya. Karena itu, selalu simpan peralatan makan dan masak di tempat bersih. Untuk pengamanan ekstra, selalu lap peralatan makan sebelum digunakan.

4.    Gunakan Bahan Makanan Segar
Jika Ibu ingin memberikan MP-ASI yang diolah dari bahan mentah, harap perhatikan dengan baik soal kesegarannya. Bahan makanan yang kurang baik dapat berisiko untuk kesehatan pencernaan Si Kecil. Jika Ibu ingin memberikan MP-ASI kemasan, perhatikan juga tanggal kadaluwarsanya.

5.    Perhatikan Porsi Makanan 
Untuk menghindari penyimpanan makanan yang tersisa, sebaiknya siapkan porsi MP-ASI yang pasti habis dalam sekali makan. Walaupun disimpan di dalam lemari pendingin, MP-ASI tetap berisiko menjadi rusak.

6.    Bersihkan Lemari Pendingin
Bila menggunakan lemari pendingin, bersihkan secara berkala dan buang makanan yang telah rusak. Lemari pendingin yang jarang dibersihkan tidak bisa maksimal melindungi bahan makanan yang disimpan di dalamnya. Akibatnya, bahan makanan/makanan menjadi lebih mudah rusak.

Cukup jelas kan, Bu? Nah, apapun ide menu Makanan Pendamping ASI usia 6 bulan  ke atas untuk Si Kecil, selalu pastikan bahwa kebersihan tangan, bahan, peralatan, dan dapur tetap terjamin. Menu MP-ASI untuk Si Kecil ucia 6 bulan ke atas memang bisa bermacam-macam, mulai dari menu yang harus diolah dari bahan segar seperti buah dan sayuran, hingga menu instan yang dipenuhi gizi yang dibutuhkan Si Kecil, seperti Nestlé CERELAC. MP-ASI yang berupa bubuk instan ini diperkaya dengan vitamin C, zat besi, seng, dan probiotik Bifidus Bl yang baik untuk membantu mempertahankan fungsi saluran cernanya. Yuk, siapkan MP-ASI untuk Si Kecil!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review