Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Sumber Nutrisi Anak Aktif

6 Makanan Sehat untuk Si Kecil yang Aktif

 

Si Kecil sedang aktif-aktifnya bergerak; selalu berlari, melompat, berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Saat ini, Moms perlu ekstra mengawasi bukan hanya pergerakan Si Kecil, namun juga sumber nutrisi anak.

Rabu, 11 Juli 2018

Tentunya anak yang aktif memerlukan asupan gizi yang baik dan dapat memberikan energi saat bereksplorasi. Berikut beberapa sumber makanan sehat yang dapat mendukung Si Kecil yang aktif.

 

 

Daging

Menurut American Academy of Pediatrics, menu daging (terutama daging merah) direkomendasikan sebagai bahan makanan untuk Si Kecil, sebab daging sapi kaya akan protein, zink, dan zat besi. Nutrisi tersebut sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil yang mulai aktif. Jika Si Kecil belum siap untuk mengunyah makanan kasar, Moms bisa berkreasi dengan menggunakan daging cincang halus dalam menu atau camilan Si Kecil, misalnya dalam bubur atau roti isi.

 

Ubi

Ternyata, ubi memiliki nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil, Moms. Menurut buku The Best Homemade Baby Food on the Planet, ubi mengandung beta karoten yang dapat diserap tubuh Si Kecil menjadi vitamin A. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk penglihatan, kesehatan kulit, dan perlindungan dari infeksi virus atau bakteri. Proteksi tersebut dibutuhkan untuk Si Kecil yang sedang aktif. Moms bisa memberikan ubi pada Si Kecil sejak ia mulai mengonsumsi MP-ASI ketika menginjak usia enam bulan. Moms dapat menyajikannya dalam bentuk bubur.

 

Pisang

Pisang mengandung banyak karbohidrat yang dibutuhkan untuk menambah energi Si Kecil yang aktif. Buah ini juga kaya akan serat yang dapat membantu memperlancar pencernaannya. Buah yang satu ini bisa Moms temukan kapan saja, tidak terbatas pada musim tertentu. Cara penyajiannya juga praktis dan mudah. Si Kecil bisa langsung menikmati pisang dengan cara dikupas. Moms juga bisa membawa pisang ketika Si Kecil beraktivitas di luar ruangan.

 

Telur

Telur bisa menjadi makanan bergizi untuk anak. Putih telur mengandung banyak protein, sementara kuning telur kaya akan zink, vitamin A, D, E, dan B12. Nutrisi ini berguna untuk kesehatan dan perkembangan otak. Ada baiknya Moms berkonsultasi dulu ke dokter anak sebelum memberikan telur pada Si Kecil di bawah usia satu tahun atau jika ada riwayat alergi di keluarga Moms. Jika tidak ada masalah alergi, Moms bisa menyajikan potongan telur rebus sebagai camilan, atau memasukkan telur dalam kreasi menu makan Si Kecil.  

 

Buah-buahan Citrus

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk bali, dan jeruk nipis; memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini berguna untuk penyembuhan luka dan dapat membantu produksi kolagen yang penting untuk pembentukan otot, tulang, dan jaringan-jaringan tubuh yang lain. Buah-buahan ini juga mengandung potasium yang dapat menjaga cairan tubuh Si Kecil ketika beraktivitas. Si Kecil bisa langsung menyantap buah tersebut atau menikmatinya setelah dibuat jadi minuman jus yang menyegarkan.

 

Susu

Menurut World Health Organization (WHO), Moms disarankan untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi selama enam bulan pertama sejak kelahirannya. Setelah itu, Si Kecil boleh mulai diberikan MP-ASI, namun dianjurkan tetap diberikan ASI selama mungkin. Salah satu asupan lain untuk melengkapi nutrisinya adalah susu yang mengandung kalsium, zat besi, omega-3 dan omega-6, serta sejumlah nutrisi lain yang dibutuhkan Si Kecil. Susu seperti Nestlé LACTOGROW HappyNutri juga mengandung Lactobacillus reuteri untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

 

Mengingat apa yang Si Kecil konsumsi berpengaruh pada tumbuh kembangnya, Moms tentu perlu memastikan sumber nutrisi anak tetap terjaga, agar Si Kecil dapat tumbuh sehat, aktif, dan bahagia. Grow Happy

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.