Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Agar Tetap Bugar saat Hamil

 

Menjaga kebugaraan saat hamil tentu sama pentingnya dengan menjaga asupan nutrisi. Jika Ibu hamil bugar, kesehatan Si Kecil dalam kandungan pun terjaga. Selain itu, fisik Ibu juga akan lebih siap menghadapi proses persalinan. Memang, banyak yang menyarankan Ibu hamil untuk banyak istirahat dan tidak boleh lelah.

Selasa, 8 Desember 2015

Namun, bukan berarti Ibu hamil harus terus menerus berbaring. Justru, dengan rutin bergerak, Ibu akan merasa lebih sehat!

Rutin Berolahraga Ringan

Cara paling mudah untuk menjaga kebugaran saat hamil adalah dengan rutin berolahraga. Cukup lakukan olahraga ringan yang tidak terlalu banyak menuntut gerakan fisik yang ekstrim. Contohnya: jalan kaki, berenang, atau senam aerobik ringan. Olahraga tersebut sangat baik untuk melatih jantung , yang berguna untuk memompa darah beroksigen ke seluruh tubuh. Hasilnya, tubuh Ibu menjadi lebih segar dan sehat saat hamil!

Jangan lupa, ya, Bu, untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu mengenai jenis olahraga apa yang aman untuk dilakukan berdasarkan riwayat kesehatan Ibu.

Manfaat Menjaga Kebugaran

Ibu bisa memperoleh banyak manfaat jika Ibu berusaha agar tetap bugar saat hamil.

  • Memperbaiki Postur Tubuh

Perubahan tubuh saat mengandung dapat menyebabkan gangguan postur, khususnya pada tulang belakang. Dengan berolahraga rutin, postur tubuh dapat kembali seperti semula setelah melahirkan.

  • Mengurangi Keluhan pada Tubuh

Ibu hamil seringkali memiliki berbagai keluhan seiring dengan berjalannya kehamilan, seperti pegal-pegal, sakit punggung, konstipasi, dan kelelahan. Gerakan tubuh yang memompa jantung dan oksigen ke seluruh tubuh diyakini dapat mengurangi keluhan tersebut.

  • Meningkatkan Mood

Dengan menjaga kebugaran mood Ibu hamil akan lebih baik. Penampilan fisik akan terlihat lebih fit, sehingga rasa percaya diri juga meningkat.

  • Tidur Lebih Nyenyak

Tubuh yang bugar akan lebih mudah untuk tidur nyenyak. Bangun di pagi hari pun terasa lebih segar. Dengan istirahat yang baik, diharapkan kehamilan Ibu akan lebih sehat.

Tips Semangat Menjaga Kebugaran

Nah, agar Ibu tetap bersemangat untuk sehat saat hamil, memang dibutuhkan usaha khusus. Ada kemungkinan lama kelamaan Ibu jadi bosan dengan rutinitas olahraga yang sama, atau motivasi Ibu mengendur. Untuk mengatasinya, simak tips berikut, yuk!

  • Pilih Olahraga yang Disukai

Dengan memilih olahraga yang Ibu suka, rasa malas akan lebih mudah diatasi. Selain itu, Ibu bisa juga berganti jenis olahraga agar tidak bosan. Misalnya, setelah dua minggu jalan kaki di sekitar kompleks, mungkin akan menyenangkan jika Ibu menggantinya dengan berenang atau senam aerobik ringan diiringi musik!

  • Mulai Dari Hal Kecil

Ibu tidak perlu pusing memikirkan apa yang harus dilakukan terlebih dulu untuk dapat bugar saat hamil. Cukup mulai dengan mengubah kebiasaan kecil Ibu, misalnya, coba berjalan-jalan di taman tiap sore. Hal ini berperan dalam membuat Ibu tetap bugar.

  • Daftar Kelas Olahraga

Nah, jika Ibu punya waktu luang, coba daftarkan diri ke kelas yang menyediakan olahraga untuk Ibu hamil, seperti senam atau yoga kehamilan. Selain lebih bugar saat hamil, kedisiplinan berolahraga juga akan semakin terlatih, karena kelas seperti ini sudah memiliki jadwal. Pastikan saja jadwal tersebut tidak bentrok dengan kegiatan Ibu yang lain.

  • Berolahraga Bersama

Dengan memiliki teman berolahraga, Ibu bisa saling menyemangati ketika motivasi untuk bugar saat hamil mulai menurun. Selain itu, berolahraga bersama suami atau teman juga dapat mengurangi kebosanan karena Ibu bisa mengobrol, sehingga suasana jadi lebih seru.

Ingat, perhatikan juga kondisi fisik dan jangan paksakan diri apabila Ibu sudah lelah, apalagi jika kehamilan sudah memasuki trimester akhir. Tetap semangat, ya, Bu, untuk dapat bugar saat hamil

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.