Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Terapkan tips mendidik anak dengan bermain clay bersama

Ajak Si Kecil Berkreasi dengan Clay!

(0 review)

Mau tahu salah satu tips mendidik anak  yang sederhana namun bermanfaat? Daripada terus-menerus membelikan Si Kecil berbagai macam mainan di mall, lebih baik Ayah meluangkan waktu untuk bermain bersama sang buah hati. Tak perlu bermain di luar rumah atau bahkan sampai pergi ke tempat yang jauh. Sesekali, bermain di rumah juga menyenangkan, kok. Karena, hal yang terpenting bagi Si Kecil adalah dapat menghabiskan waktu bersama orang tuanya.

Selasa, April 26th, 2016

Mau tahu salah satu tips mendidik anak  yang sederhana namun bermanfaat? Daripada terus-menerus membelikan Si Kecil berbagai macam mainan di mall, lebih baik Ayah meluangkan waktu untuk bermain bersama sang buah hati. Tak perlu bermain di luar rumah atau bahkan sampai pergi ke tempat yang jauh. Sesekali, bermain di rumah juga menyenangkan, kok. Karena, hal yang terpenting bagi Si Kecil adalah dapat menghabiskan waktu bersama orang tuanya.

Selain membuat hubungan antar orang tua dan anak jadi lebih dekat, bermain bersama juga dapat membuat anak merasa lebih diperhatikan dan disayang sehingga baik untuk perkembangan emosionalnya. Ditambah lagi, Ayah juga jadi dapat mengawasi dan menjaga perkembangan Si Kecil secara langsung. Melihat setiap detail keceriaan dan kecerdasan dalam tumbuh kembangnya tentu terasa membahagiakan, bukan?

Bermain Clay

Nah, salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa Ayah lakukan bersama Si Kecil di rumah adalah bermain clay atau tanah liat. Ayah juga bisa menggunakan mainan lilin warna-warni atau biasa disebut plastisin. Ajak Si Kecil berlomba menciptakan bentuk yang ia kenali, seperti binatang, makanan, atau bentuk-bentuk geometri. Supaya lebih seru, Ayah dapat membantunya menciptakan berbagai bentuk yang bisa dijadikan sebagai figurin untuk dimainkan dalam sebuah cerita. Wah, menarik sekali, kan?

Tak hanya itu, permainan ini juga ternyata dapat memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang Si Kecil, lho.

1. Meningkatkan Keterampilan Motorik 
Gerakan untuk membentuk clay seperti meremas, mencubit, meratakan, menekuk, dan lainnya dapat meningkatkan perkembangan motorik anak. Ia jadi lebih terampil melakukan gerakan-gerakan motorik halus, yang dapat berpengaruh pada saat ia harus menulis atau menciptakan prakarya kelak. 

2. Mendorong Kreativitas 
Bermain dengan clay atau plastisin dapat merangsang imajinasi Si Kecil sehingga membuatnya lebih kreatif. Ia dapat menggambarkan bagaimana bentuk naga, membuat rumah-rumahan, dan lainnya. Si Kecil juga belajar mengamati dan membangun objek dengan persepsinya sendiri.

3. Menambah Konsentrasi
Bahan clay yang lembut dan memiliki warna-warna menarik dapat menenangkan dan meredakan stres pada Si Kecil, sehingga mendorong kemampuan untuk berkonsentrasi. Selain itu, aktivitas ini mengharuskan Si Kecil melatih konsentrasi dan fokusnya untuk menyelesaikan sebuah tugas dengan cara duduk dan bersabar hingga selesai.

4. Mendorong Kepercayaan Diri
Membiarkan Si Kecil membentuk clay dapat menimbulkan sebuah rasa bertanggung jawab atas sesuatu. Tentu saja hal ini merupakan hal yang baik, karena ia akan merasa lebih percaya diri untuk mengomunikasikan maksud yang ada di dalam benaknya. Setelah Si Kecil belajar untuk mengekspresikan diri, ia akan termotivasi untuk membuat sesuatu yang lebih baik lagi. 

5. Menimbulkan Rasa Bangga atas Pencapaiannya
Saat ia berhasil membuat sebuah karya, timbul rasa bangga dalam dirinya. Ternyata ia bisa juga menciptakan sesuatu! Nah, untuk terus mendukungnya, jangan segan untuk memuji pencapaian Si Kecil ya, Yah. Walaupun terlihat kecil, pujian dari orang tua sangat berpengaruh terhadap kepercayaan dirinya.

Jangan lupa agar tetap mengingatkan Si Kecil untuk menjaga kebersihan saat dan setelah bermain dengan merapikan clay yang telah dipakai. Simpan clay di wadah tertutup agar tak cepat hilang atau rusak. Selain itu, ingatkan Si Kecil untuk selalu mencuci tangan setelah bermain clay.
Untuk mendukung seluruh aktivitas bermain Si Kecil, berikan selalu Nestlé  LACTOGROW 3 HappyNutri yang mengandung 12 vitamin, 7 mineral, minyak ikan, dan Lactobacillus reuteri untuk menjaga kenyamanan saluran cernanya. Ia jadi dapat bermain dengan sehat dan ceria.

Yuk, share artikel ini supaya orang tua lainnya juga tahu manfaat bermain clay bersama Si Kecil!

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review