Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
ajarkan-si-kecil-berpuasa

Ajari Si Kecil Berpuasa

 

Di Indonesia, puasa biasa dilaksanakan hampir 12 jam lebih. Meskipun begitu, puasa tak akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Hal ini disebabkan oleh adaptasi yang baik dari tubuh untuk memperlambat metabolisme. Tentunya sebagai orang dewasa, Ibu tak akan merasa kesulitan jika harus berpuasa. Namun, bagaimana dengan Si Kecil

Jumat, 18 Desember 2015

  • Libatkan Si Kecil Saat Menyambut Puasa

Sedikit demi sedikit, dorong Si Kecil untuk mengenal Ramadhan. Misalnya, duduk di samping Ibu saat sholat Tarawih, biasakan membaca satu surat pendek dalam sehari, bantu Ibu saat menyiapkan menu berbuka, atau ikut dibangunkan saat sahur.

  • Mulai Puasa Setengah Hari

Ibu tak perlu memaksakan sang buah hati yang baru berusia 5 tahun untuk berpuasa penuh. Sebaiknya biarkan ia berpuasa setengah hari saja. Selain itu, puasa bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi Si Kecil dalam mengendalikan diri dan disiplin.

  • Berikan Hadiah

Ketika ia berhasil menyelesaikan setengah hari puasa, Ibu bisa memberinya sedikit hadiah dan pujian untuk mendorong semangat Si Kecil. Tak perlu mewah, berikan saja buku cerita baru, mainan, atau siapkan camilan bergizi favoritnya.

  • Siapkan Nutrisi Seimbang

Pada waktu sahur pilih sumber makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga dapat mempertahankan kadar gula darah lebih lama. Contohnya adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks beras merah, padi-padian dan kacang-kacangan. Pilih juga makanan berserat seperti buah dan sayur.

Menjelang waktu berbuka puasa, gula darah biasanya sudah menurun. Oleh karena itu perlu makanan manis untuk menaikkan lagi gula darah. Ingat Bu, pilihlah makanan manis yang bergizi. Pilih buah yang mengandung banyak air, seperti semangka dan melon. Jangan lupa pula perbanyak minum di waktu sahur dan berbuka, karena selama berpuasa tubuh sedikit mengalami dehidrasi.

Tak hanya itu, Bu. Lengkapi juga kebutuhan gizinya dengan segelas Nestlé Lactogen 4 ActivGro tiap sahur dan berbuka. Kandungan 12 vitamin, 7 mineral dengan minyak ikan dan asam linoleat (LA) di dalamnya dapat membantu mencukupi nutrisi harian Si Kecil. Selain itu, diperkaya pula dengan Lactobacillus reuteri. Sehingga ia dapat menjalani puasa dengan nyaman karena saluran cernanya terjaga.

Nah, kini Si Kecil akan tetap ceria dan aktif meskipun sedang berpuasa!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.