Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Ajari Si Kecil Mengenal Alergi

 

Memiliki anak yang terkena alergi ternyata tak sesulit yang Ibu dan Ayah pikirkan. Dengan bantuan keluarga dan tentunya Si Kecil sendiri, risiko alergi dapat dihindari semaksimal mungkin. Tapi bagaimana caranya agar Ibu dan Ayah dapat mengedukasi Si Kecil tentang alergi yang akan dibawanya hingga dewasa nanti ini?

Selasa, 8 Desember 2015

Memiliki anak yang terkena alergi ternyata tak sesulit yang Ibu dan Ayah pikirkan. Dengan bantuan keluarga dan tentunya Si Kecil sendiri, risiko alergi dapat dihindari semaksimal mungkin. Tapi bagaimana caranya agar Ibu dan Ayah dapat mengedukasi Si Kecil tentang alergi yang akan dibawanya hingga dewasa nanti ini? Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan!

Memberitahu Si Kecil tentang alerginya mungkin baru bisa dilakukan saat Si Kecil masuk usia taman kanak-kanak dimana Ia sudah dapat berkomunikasi dengan baik dan mulai belajar. Baru setelah itu Ibu dapat mengajarinya mengenai alergi. Pertama, pembelajaran dapat dimulai dari mengenalkannya pada alergen atau penyebab alergi yang dimiliki Si Kecil. Misalnya jika Si Kecil alergi kacang, maka Si Kecil harus menghindari mengonsumsi segala bentuk makanan yang mengandung kacang.

Selanjutnya, ajari Si Kecil untuk aktif mengenali alerginya ini. Jadi ketika Si Kecil diberikan makanan oleh temannya, ajari Ia untuk bertanya dulu mengenai kandungan dari makanan tersebut, seperti apakah makanan tersebut mengandung kacang atau tidak. Dengan begini, Ia akan belajar bahwa bahan tersebut dapat membuatnya alergi.

Pembelajaran di atas penting bagi Si Kecil. Apalagi saat Ibu tidak berada di sekitarnya, misalnya saat berada di sekolah atau sedang bermain di rumah temannya. Secara tidak langsung, hal ini juga akan mengajarkan Si Kecil berkomunikasi dengan baik dan bersikap mandiri.

Tetapi sebelum semua itu terjadi, satu hal lagi yang dapat Ibu lakukan untuk mengurangi risiko alergi Si Kecil adalah dengan mengetahui seberapa besar risiko yang dimilikinya. Ibu dapat melakukan langkah mudah untuk menceknya dengan Allergy Risk Tracker (ART). Dengan begitu, Ibu dan Ayah dapat mengetahui risiko alerginya dan dapat melakukan pencegahan sedini mungkin.

Semoga tips di atas memudahkan Anda sebagai orang tua dalam merawat Si Kecil yang terkena alergi.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.