Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Terapkan cara mendidik anak yang tepat dengan mengajari Si Kecil untuk mengontrol keinginannya.

Ajari Si Kecil Mengontrol Keinginannya

(0 review)

Pernah melihat anak kecil menangis dan mengamuk di mal ketika keinginannya tidak dituruti oleh orang tuanya? Atau justru Ibu pernah mengalaminya sendiri? 

Selasa, April 26th, 2016

Jangan biarkan Si Kecil tumbuh menjadi anak yang tak memiliki kontrol diri dan sering mengeluarkan emosi yang meledak-ledak, atau biasa disebut tantrum. Yuk, bantu Si Kecil belajar untuk mengontrol keinginannya dengan memahami cara mendidik anak  yang tepat.

Mengapa Si Kecil Mengalami Tantrum? 

Tantrum adalah kondisi ketika Si Kecil tak bisa mengontrol emosinya, seperti menangis dengan keras, menjerit, bahkan bisa hingga melempar barang. Sebagai orang tua, Ibu tentu tak tega melihatnya seperti ini. Tenang Bu, anak berusia 1 hingga 3 tahun memang rentan mengalami tantrum. Hal ini bukan berarti Si Kecil sengaja ingin mendapatkan perhatian, namun ia mengalami tantrum karena merasa frustrasi. Ia tak mengerti bagaimana cara menyampaikan keinginannya dengan efektif, diakibatkan kemampuan komunikasinya yang belum sempurna.

Nah, tugas Ibulah untuk mengerti dan menghadapi tantrum Si Kecil dengan baik. Arahan dan didikan yang tepat dari Ibu dapat memengaruhi perkembangan kepribadiannya di masa depan lho, apakah ia akan tumbuh menjadi anak yang selalu ingin dituruti tanpa berusaha, atau menjadi anak yang sabar dan dapat menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, penting sekali bagi Ibu untuk mengetahui cara membuat anak cerdas, baik dalam mengatur emosinya maupun berkomunikasi.

Tips Menghadapi Tantrum

Salah satu cara mendidik Si Kecil dengan baik adalah dengan melatihnya untuk mengontrol keinginannya sejak dini. Jadi, sebelum sempat terjadi tantrum, ajari ia untuk bisa tenang dan bersabar. Untuk lebih jelasnya, simak tips berikut, yuk!

• Usia 1-3 Tahun

Ketika berusia di bawah 1 tahun, Si Kecil belum memiliki kemampuan untuk mengontrol keinginannya sama sekali. Reaksinya ketika lapar, sakit, atau kedinginan, hanya satu, yaitu menangis. Nah, tugas orang tua dimulai dari sini. Misal, Si Kecil menangis saat digantikan popok. Ibu bisa berbicara dengan nada tenang kepadanya, “Iya, Ibu tahu kamu haus dan ingin segera menyusu. Tapi popokmu harus dibersihkan dulu. Sebentar lagi Ibu selesai, kok!”

Menjelang usia 1 tahun, Si Kecil mulai suka bereksplorasi dengan benda-benda di sekitarnya. Ketika ia memencet-mencet tombol remote TV, misalnya, Ibu bisa mengatakan “Remote ini bukan mainan, Sayang. Ganti dengan mainan ini saja, ya!”, sambil mengganti remote di tangannya dengan mainan lain yang juga memiliki tombol.  

Di usia 1 tahun, Si Kecil masih kerap frustasi ketika keinginannya tak bisa ia dapatkan saat itu juga. Sebelum Si Kecil menangis dan menjadi tantrum, coba alihkan perhatiannya dengan mainan atau aktivitas yang lain. Jangan lupa juga untuk memberinya penjelasan dengan baik. Biasakan untuk menatap matanya secara langsung saat memberikan nasihat, agar pesan yang Ibu sampaikan bisa ia tangkap.   

• Usia 3 Tahun ke Atas

Memasuki usia prasekolah, saatnya Si Kecil mulai bersosialisasi dengan teman sebaya. Ada saatnya ia mungkin ingin mainan milik temannya dan merebutnya. Tak perlu memarahinya, Bu. Cukup katakan padanya, “Ade harus minta izin dulu kalau ingin meminjam mainan teman. Yuk, kembalikan dulu mainannya dan kita coba minta izin yang baik!” 

Untuk Si kecil yang sudah lebih besar, Ibu bisa menerapkan metode timeout ketika Si Kecil menunjukkan perilaku agresif atau marah saat keinginannya tak terpenuhi. Caranya, minta Si Kecil untuk duduk diam di sebuah kursi terpisah selama 15 menit. Bila sebelum waktu yang ditetapkan Si Kecil sudah bisa tenang, Ibu bisa mengakhiri timeout-nya.  

Ingat, penjelasan yang disampaikan dengan baik dan konsisten dapat membantu Si Kecil untuk lebih mengerti dan mengontrol keinginannya. Semangat ya, Bu!

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review