Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Hargai benda miliknya sebagai salah satu cara mendidik anak 2 tahun untuk berbagi

Ajarkan Si Kecil Berbagi

(0 review)

Melihat Si Kecil yang tumbuh semakin besar tentu sangat menyenangkan hati ya, Bu. Kini ia sudah semakin pintar dan mulai pandai melakukan lebih banyak permainan dan aktivitas, termasuk bermain bersama anak-anak seusianya.

Selasa, April 26th, 2016

Namun, pernahkah saat sedang asyik bermain bersama teman-temannya, tiba-tiba Si Kecil menangis atau marah ada yang ingin mengambil mainannya? Padahal, masih banyak mainan lainnya yang bisa ia mainkan.

Ya, hal ini memang sering terjadi pada anak seusianya. Ia mulai memahami konsep kepemilikan, dan baginya, semua mainannya adalah miliknya sendiri dan tak boleh disentuh oleh orang lain. Sebagai salah satu cara mendidik anak 2 tahun , inilah saatnya Ibu mengajari dan membimbingnya agar rasa ingin memiliki sendiri atau egois dapat dikurangi. Yuk, ajarkan Si Kecil berbagi dengan tips berikut!

Berikan Contoh
Tahukah Ibu? Anak belajar dari sekelilingnya dengan sangat cepat. Apa yang sering ia lihat dapat menjadi kebiasaan yang ia tiru. Karena itu, sebaiknya Ibu, Ayah, dan anggota keluarga lainnya dapat memberikan contoh berbagi dengan mempraktikkan langsung. Misalnya, berbagi makanan dengan menyuapi Si Kecil, atau bermain-main dengan topi yang sedang Ibu pakai dan memakaikannya pada Si Kecil. Dengan melihat hal ini, ia akan merasa bahwa berbagi adalah hal yang wajar dan menyenangkan.

Hargai Benda Miliknya
Karena mulai memahami konsep kepemilikan, saat Si Kecil tidak mau berbagi, ia merasa bahwa mainan, makanan atau pensil warnanya adalah miliknya. Jadi, saat Ibu akan meminjam kepunyaannya tersebut, mintalah izin terlebih dahulu. Ibu bisa mengucapkan, “Boleh pinjam mainannya sebentar? Nanti dikembalikan lagi.” Hal ini membuat Si Kecil lebih percaya bahwa mainannya tak akan diambil begitu saja. Ajarkan juga hal ini kepada anggota keluarga lain juga teman bermainnya.

Jangan Dimarahi
Jika menemukan Si Kecil sedang bertengkar dengan temannya saat memperebutkan sesuatu, jangan marahi ia, apalagi di depan temannya. Cobalah menasihati atau menjelaskannya dengan baik-baik. “Coba saling gantian mainnya ya, Nak. Kalau tidak, nanti temanmu juga ikutan sedih.” Dengan dijelaskan seperti itu, Si Kecil pun akan mulai mengerti bahwa saling berbagi baik untuk hubungan pertemanan. 

Jelaskan dengan Baik
Bantu juga Si Kecil untuk belajar memahami pentingnya berbagi dengan menjelaskan dan mendukungnya di berbagai kesempatan. Misalnya, ketika temannya hendak meminjam salah satu bonekanya, Ibu bisa bilang, “Ibu tahu ini bonekamu, tapi Dina mau main juga sebentar sama-sama. Boleh, ya?” Dengan terbiasa dijelaskan seperti ini, Si Kecil lama-kelamaan akan mengerti dan menerima konsep berbagi. Selain itu, ini juga merupakan cara mendidik anak  yang baik agar ia bisa belajar mengontrol keinginannya.

Jangan lupa juga untuk selalu memujinya jika ia sudah mau berbagi dengan orang lain, baik mainan atau makanan. Nah, semoga beberapa tips di atas dapat berguna dalam mendidik Si Kecil berbagi ya, Bu. Jika punya tips lainnya, jangan sungkan untuk berbagi dengan yang lainnya, agar Ibu lain juga dapat menerapkan untuk anak-anaknya.

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review