Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Aktivitas Fisik Bisa Picu Gejala Asma

 

Tahukah Bu, alergi asma tidak hanya dipicu oleh alergen (contohnya debu) yang terhirup oleh Si Kecil? Aktivitas fisik yang berlebihan seperti berlarian, ternyata juga bisa jadi pemicunya. 

Kamis, 4 Agustus 2016

Menurut jurnal kesehatan kidshealth.org, 80% anak yang mengidap asma gejalanya bisa timbul akibat aktifitas fisik yang melelahkan. Agar gejala asma pada Si Kecil ini bisa ditekan, sebaiknya cari tahu penyebabnya dan pilih kegiatan aktif yang lebih aman. 

Penyebabnya

Ketika aktif berlari-lari dalam waktu yang cukup lama, napas Si Kecil akan cenderung tersengal-sengal. Kondisi bernapas yang pendek ini mengakibatkan Si Kecil lebih banyak bernapas menggunakan mulut. Udara yang masuk melalui mulut itu berisiko menimbulkan gejala asma, karena udara yang masuk ke dalam paru-paru suhunya menjadi cenderung lebih dingin dan kering. Hal ini diakibatkan udara tidak masuk ke dalam proses penghangatan dan pelembapan di dalam saluran hidung. 

Udara yang dingin dan kering itu mengakibatkan saluran pernapasan di dalam paru-paru mengecil. Keadaan ini menyebabkan proses pernapasan Si Kecil jadi terganggu, sehingga bisa menimbulkan gejala asma seperti sulit bernapas.

Gejalanya

Alergi asma pada Si Kecil yang dipicu oleh aktivitas fisik dapat menimbulkan gejala, seperti: 
•    Sesak napas.
•    Rasa nyeri di sekitar dada.
•    Batuk.
•    Napas yang tersengal-sengal dalam waktu yang cukup lama.

Gejala asma seperti ini biasanya timbul dalam waktu 5-10 menit, setelah Si Kecil melakukan kegiatan fisik dalam waktu yang cukup lama tanpa jeda. Namun, tanda-tanda alergi asma tersebut juga bisa saja timbul setelah Si Kecil beraktivitas. 

Meskipun begitu, bukan berarti Ibu melarang Si Kecil untuk melakukan aktivitas fisik. Olahraga ringan atau kegiatan fisik tetap dibutuhkannya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, rutinitas ini harus disesuaikan dengan usianya dan juga dibatasi lama waktunya ya, Bu. Sambil mencegah pemicu alergi asma sesuai saran dokter, Ibu bisa mengajak Si Kecil melakukan rutinitas fisik seperti: berenang, jogging, jalan-jalan di taman, senam, atau bahkan menari di rumah. 

Mari Bu, awasi rutinitas Si Kecil yang aktif agar risiko gejala alergi asma yang timbul bisa dikurangi sejak dini.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.