Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Article
X
Yuk, berikan asupan karbohidrat selain nasi berikut sebagai cara menambah berat badan anak!

Alternatif Karbohidrat Selain Nasi untuk Si Kecil

 

Salah satu cara menambah berat badan anak dan meminimalkan kemungkinan GTM (gerakan tutup mulut) adalah memberikan jenis asupan yang bervariasi, termasuk asupan Karbohidrat.

Jumat, 12 Juli 2019

Bagaimanapun juga, Karbohidrat merupakan salah satu asupan wajib yang memegang peranan penting dalam proses tumbuh kembang Si Kecil.

 

Pentingnya Karbohidrat untuk Pertumbuhan Si Kecil

Karbohidrat merupakan asupan untuk mendukung perkembangan otak serta pertumbuhan otot Si Kecil. Selain itu, sebagai sumber energi bagi tubuh, karbohidrat  sangat dibutuhkan oleh anak. Oleh sebab itu, asupan karbohidrat harus dipenuhi. Sayangnya, Si Kecil bisa saja menolak makan nasi.

Bunda tak perlu bersedih bila Si Kecil enggan makan nasi. Bunda dapat memberi asupan karbohidrat lain agar kebutuhan nutrisi hariannya tetap terpenuhi.

 

Menu Lain Pengganti Nasi

Beberapa makanan yang dapat dijadikan pengganti nasi adalah sebagai berikut:

  1. Perkedel Kentang

Bila Si Kecil telah mengonsumsi makanan padat, perkedel kentang bisa Bunda sajikan. Campurkan dengan potongan sayuran untuk menambah asupan vitamin Si Kecil. Bunda juga dapat mengombinasikannya dengan Nestlé CERELAC Bubur Susu Tim Ayam Sayur untuk membantu memenuhi kebutuhan Vitamin dan Protein Si Kecil.

  1. Mashed Potato

Bila perkedel dirasa terlalu padat, Si Kecil dapat diberikan mashed potato, yaitu kentang yang direbus dan dihaluskan. Bunda dapat menambahkan ASI atau keju parut untuk menambah cita rasa. Selain itu, Bunda juga dapat memvariasikan MPASI homemade satu ini dengan mengombinasikan Nestlé CERELAC Bubur Susu Wortel, Bayam, Labu. Kandungan 11 Vitamin dan 5 Mineral dalam Nestlé CERELAC Bubur Susu Wortel, Bayam, Labu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) Si Kecil usia 6-24 bulan, Bunda.

  1. Labu Tumbuk

Dilansir dari BBC Good Food, labu memiliki kandungan Karbohidrat yang dibutuhkan Si Kecil. Bentuk penyajiannya bisa beragam, mulai dari puree hingga labu tumbuk. Bunda juga bisa berkreasi membuat menu panekuk labu atau kue labu kukus. Untuk memenuhi kebutuhan asupan Karbohidrat serta nutrisi lainnya, Bunda juga dapat mengombinasikan pemberian labu tumbuk dengan MPASI terfortifikasi seperti Nestlé CERELAC Tomato & Pumpkin Stew. Perlu Ibu ketahui, untuk memenuhi AKG-nya, Si Kecil yang berusia 7-11 bulan membutuhkan asupan Karbohidrat sebanyak 82 gram sehari. Jadi, pemberian semangkuk Nestlé CERELAC Tomato & Pumpkin Stew dapat membantu memenuhi hingga 35% AKG Si Kecil.



Itulah beberapa alternatif pengganti nasi yang bisa Bunda pilih sebagai cara menambah berat badan agar sesuai dengan grafik pertumbuhan Si Kecil. Semoga Si Kecil suka ya, Bunda!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • icon, Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si KecilTips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • icon, Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si KecilTools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Icon, Layanan konsumen bebas pulsa awal sehat NestléLayanan konsumen bebas pulsa
  • Icon, Info promo menarik awal sehat NestléInfo promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.