Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Tahap perkembangan komunikasi anak yang pertama adalah menangis.

Apa Kata Pertamanya?

(0 review)

Salah satu tahap perkembangan anak  yang sering menjadi perhatian para orang tua adalah soal komunikasi. Ketika belum bisa bicara, Si Kecil telah memiliki cara berkomunikasi sendiri, yaitu dengan menangis. 

Selasa, 26 April 2016

Biasanya, ia akan menangis untuk memberitahu Ibu bahwa ia sedang lapar, kepanasan, atau merasa tidak nyaman. Nah, menanggapi tangisan Si Kecil sangat penting untuk membantu membangun kepercayaan dan hubungan dengan Si Kecil, serta untuk meyakinkannya bahwa Ibu selalu siap untuk segera memenuhi kebutuhannya. 

Memang pada awalnya pasti Ibu merasa sedikit kesulitan untuk memahami arti setiap tangisannya, tapi tak perlu khawatir, karena lama-kelamaan Ibu akan terbiasa menghadapi maksud tangisan Si Kecil. Seiring berjalannya waktu, kemampuan komunikasinya pun semakin berkembang, sehingga Ibu jadi lebih mudah untuk memahaminya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Usia 0-6 bulan

Sejak lahir hingga berusia 2 bulan, Si Kecil baru bisa menyampaikan perasaannya dengan menangis, atau tersenyum dan tertawa jika merasa gembira. Lalu mulai usia 3 bulan, ia sudah bisa mengajak Ibu berkomunikasi dengan mengeluarkan suara-suara yang belum terlalu jelas. Ia juga biasanya sudah mulai bisa merespon ketika Ibu mengajaknya bicara atau bermain. Semakin mendekati usia 6 bulan, ia akan mulai bereksperimen dengan bunyi-bunyian dari mulutnya, seperti membuat busa dari air liurnya atau meniup-niupkan bibirnya.

Usia 6-12 bulan

Memasuki usia 6 bulan ke atas, Si Kecil mulai mengoceh dengan melakukan pengulangan kata seperti “mamama” atau “bababa”. Meskipun ucapannya tidak mengacu ke sesuatu yang spesifik, Ibu harus tetap merangsang kepekaan berbicaranya dengan rajin berkomunikasi dengannya. Dari ocehannya yang masih belum jelas ini, menandakan bahwa ia sedang berusaha belajar mengikuti suara dan obrolan orang-orang di sekitarnya.

Usia 12-18 bulan

Mulai usia setahun ke atas, ocehan Si Kecil akan semakin bervariasi. Tidak hanya “bababa” atau “mamama”, mungkin kini ia sudah bisa menyebutkan beberapa kata walaupun pengucapannya belum sempurna, seperti “mam” dan “num”. Hal ini terjadi karena otot mulutnya masih berkembang. Selama periode ini, celotehan Si Kecil sudah semakin bertambah, bahkan bisa mencapai sekitar 20 kata yang biasa digunakan sehari-hari. Kini ia sudah mulai bisa mengungkapkan keinginannya dengan kosa kata yang khusus. Misalnya, kata “gi” untuk menandakan bahwa ia ingin makan atau minum lagi. Menggemaskan, ya?

Merangsang Anak Berbicara

Ibu sebaiknya terus mendukung Si Kecil untuk berlatih komunikasi sejak awal. Beberapa cara yang bisa Ibu lakukan di antaranya:
• Mengajaknya Bermain
Ajak Si Kecil bermain dengan aktif bertanya padanya. Misalnya, ajukan pertanyaan seperti, “Mana perut adik?” sambil menyentuh perutnya, atau “Siapa itu?” sambil menunjuk ke arah Ayah atau Nenek. Hal ini berguna untuk memperkenalkannya dengan cara berkomunikasi.
• Bernyanyi Untuknya
Menyanyikan lagu anak-anak, khususnya yang berima, juga merupakan cara yang baik untuk memperkenalkan Si Kecil pada berbagai perbedaan bunyi dan suara. Nada yang mudah diingat juga merangsangnya untuk belajar mengikuti lagu, baik dengan suara atau gerakan tangan.
• Mengajaknya Bicara
Ketika Si Kecil sudah bisa bermain sendiri, Ibu sebaiknya tetap mendampingin dan ikut berpartisipasi dengan mengajaknya bicara. Misalnya, di tahap perkembangan bayi 10 bulan, Ibu bisa memberinya finger foods sambil mengajaknya mengobrol, “Enak? Hmm, enak makanannya, ya.” Jika ia sedang mencoret-coret kertas, berikan komentar, “Gambar apa itu? Gambar kucing, ya?” Hal ini berguna untuk mengajari Si Kecil kosa kata baru.

Bagaimana, sudah mengerti arti dari ocehan Si Kecil hari ini, Bu?

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.