Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Dukung Perkembangan Fisik Anak

Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Tinggi Badan Si Kecil?

 

Betapa bahagianya, melihat Si Kecil tumbuh dengan sehat. Salah satu tanda anak sehat adalah memiliki tinggi badan yang ideal. Sayangnya, pertumbuhan Si Kecil bisa saja terganggu dan menyebabkan ia memiliki tinggi badan lebih pendek dibanding anak seusianya.

Senin, 10 September 2018

Kira-kira faktor apa saja ya, yang dapat memengaruhi perkembangan fisik anak?

 

Pengaruh Nutrisi Terhadap Pertumbuhan Fisik Anak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Scientific American, pertumbuhan tinggi badan tidak selalu dipengaruhi oleh faktor genetik. Sekitar 20-40% tinggi badan dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi selama 1.000 hari pertama kelahiran. Oleh sebab itu, penting bagi Ibu memastikan Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk memaksimalkan pertumbuhannya.

Di negara-negara berkembang, malnutrisi memiliki peranan penting sebagai faktor penghambat proses pertumbuhan Si Kecil. Selain itu, faktor layanan kesehatan, sanitasi yang tepat serta pengetahuan Ibu seputar kebutuhan nutrisi juga menjadi faktor yang turut memengaruhi pertumbuhan tinggi badan ideal Si Kecil.

Nutrisi penting yang dapat membantu memaksimalkan tinggi badan adalah protein. Selain itu, kalsium, vitamin A dan D, juga berperan dalam mendukung pertumbuhan tinggi badan anak. Kekurangan asupan nutrisi ini dari masa kanak-kanak sampai remaja, berisiko menyebabkan Si Kecil tidak memiliki tinggi badan yang ideal.

Sebuah studi dari South Dakota State University meneliti hubungan antara nutrisi dengan pertumbuhan tulang pada anak-anak. Faktanya, anak dengan asupan kalsium yang lebih tinggi memiliki pertumbuhan tulang yang lebih baik daripada anak yang sedikit mendapatkan asupan kalsium. Untuk itu, Ibu disarankan menyajikan menu makanan yang mengandung kalsium tinggi bagi Si Kecil. Contohnya, susu, ikan sarden segar, dan sayuran hijau seperti bayam.

Puncak Pertumbuhan Tinggi Badan Anak

Tahukah, Ibu? Secara umum lonjakan besar pertumbuhan tinggi anak akan terjadi antara usia 8-13 tahun pada anak perempuan dan 10-15 tahun pada anak laki-laki. Dengan demikian, nutrisi yang memadai sebelum memasuki pubertas sangat penting untuk mendukung tinggi badan buah hati yang optimal.

Dukung Si Kecil Dapatkan Tinggi Badan Ideal

Kecukupan nutrisi penting untuk membantu mengoptimalkan perkembangan fisik anak. Tapi memotivasi buah hati untuk mengonsumsi makanan bergizi, bisa jadi penuh tantangan. Terkadang, ada saatnya ia menolak makan. Kalau sudah begini, tentu Ibu perlu cari tahu terlebih dulu kenapa anak susah makan.  Dengan begitu, Ibu dapat mencari saran atau info yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Sebuah studi yang dipimpin oleh Catherine Berkey dari Harvard University, menunjukkan bahwa konsumsi protein susu berhubungan dengan pertumbuhan anak. Pada penelitian yang melibatkan lebih dari 5.000 anak perempuan tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa tinggi mereka saat dewasa berkaitan dengan jumlah susu yang mereka konsumsi selama remaja. Anak perempuan yang lebih banyak minum susu memiliki postur badan yang lebih tinggi.

Naluri seorang Ibu, tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil, termasuk soal memenuhi asupan nutrisinya. Lengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil dengan memberikannya susu pertumbuhan. Susu Nestlé NANkid pHPro 3 diformulasikan khusus oleh Nestlé Research Centre, Switzerland, dengan kandungan protein whey terhidrolisis parsial untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

Nah, sekarang Ibu sudah memahami bahwa selain faktor genetik, asupan nutrisi juga punya pengaruh besar terhadap perkembangan fisik anak. Jadi, pastikan Ibu membantu cukupi kebutuhan nutrisinya setiap hari, ya.

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.