Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Persiapan Ibu Hamil saat Olahraga Renang

Apa Saja Perlengkapan yang Wajib Dibawa Bumil Saat Berenang?

 

Ibu yang menyukai berenang tidak perlu menghentikan aktivitasnya di saat sedang hamil. Renang justru menjadi salah satu olahraga Ibu hamil yang paling dianjurkan, lho. Kira-kira kenapa, ya? Situs kesehatan Ibu dan anak BabyCentre mengungkapkan bahwa renang adalah suatu hal yang bagus untuk dilakukan di masa kehamilan. Ini disebabkan berenang memiliki risiko cedera paling kecil bagi Ibu hamil. Selain itu, kegiatan ini juga bisa mengurangi rasa nyeri di bagian tulang belakang dan bagian tubuh lainnya akibat bertambahnya berat badan.

 

Selasa, 9 Januari 2018

Namun, ada baiknya sebelum berenang, Ibu hamil mempersiapkan beberapa perlengkapan berikut ini. Dengan begitu, Ibu bisa menikmati olahraga renang dengan nyaman. Sudah siap mencatat, Bu? Yuk, simak infonya di bawah ini!

Bawa Sunscreen!

Biasanya, Ibu yang akan berenang akan terpapar sinar matahari karena kolam berada di luar ruangan. Padahal, Ibu hamil tidak boleh terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Salah satu masalahnya adalah kulit Ibu lebih mudah mengering dan terbakar. The American Pregnancy Association justru menyarankan supaya Ibu hamil menggunakan tabir surya yang memiliki SPF 30. Selain melindungi kulit, tabir surya juga bisa membantu masalah kehamilan yang berhubungaan dengan kulit.

Bawa Alas Kaki Sendiri

Jangan pernah bertelanjang kaki saat berada di pinggir kolam renang, Bu. Hal ini disebabkan karena area kolam renang cenderung licin. Bawalah alas kaki yang anti licin supaya Ibu tidak mudah terpeleset atau jatuh. Selain itu, sebaiknya Ibu jangan terburu-buru ketika berjalan menuju kolam. Hindari juga kolam renang yang penuh orang. Di tempat yang ramai, Ibu hamil rentan terdorong dan olahraga jadi tidak terasa nyaman. 

Sediakan Air Putih

Terkadang, Ibu hamil lupa bahwa berenang juga menguras energi dan cairan tubuh. Ketika cairan tubuh Ibu hamil berkurang, suhu tubuh dapat meningkat dan berisiko menyebabkan dehidrasi. Agar itu tidak terjadi, Ibu disarankan membawa air mineral sekitar 1-2 liter ketika berenang. Pastikan Ibu meminum sekitar 500 ml air mineral dua jam sebelum berenang. Letakkan botol minum di pinggir kolam. Jadi, ketika Ibu merasa haus, bisa langsung meneguknya.

Siapkan Bekal Makanan

Ibu hamil terkadang sulit untuk mengonsumsi makanan tertentu. Padahal, 300 ekstra kalori dibutuhkan setiap hari untuk kesehatan Ibu hamil. Oleh sebab itu, ada baiknya Ibu membawa bekal sendiri dari rumah saat mau berenang. Pilihlah jenis makanan sehat untuk Ibu hamil, seperti buah-buahan segar, roti panggang, semangkuk sereal, dan susu.

Bawa Pakaian Nyaman

Tentunya beraktivitas di luar ruangan bisa membuat suhu tubuh Ibu naik. Untuk itu, Ibu perlu menyediakan pakaian ganti yang terasa nyaman dan sejuk di kulit. Misalnya, pakaian yang longgar dan berwarna cerah. Warna cerah dipercaya dapat memantulkan cahaya matahari sehingga tidak meyerap panas. Hindari pakaian berbahan poliester, dan sintetis. Kedua jenis bahan ini menyulitkan kulit untuk bernapas.

Sekarang, tidak perlu khawatir lagi melakukan olahraga Ibu hamil. Dengan mempersiapkan sejumlah perlengkapan renang ini, Ibu tetap bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman. Pastinya, olahraga juga bisa membantu Ibu menjalani kehamilan dengan menyenangkan sehingga dapat mendukung Si Kecil nantinya tumbuh sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

 

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.