Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Tingkatkan kualitas ASI eksklusif dengan makanan Ibu menyusui agar bayi cerdas.

ASI Eksklusif: Rahasia Si Kecil Pintar

(0 review)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pemberian ASI eksklusif akan berdampak baik bagi pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. World Health Organization (WHO) sejak tahun 2002 telah membuat standar tentang makanan bayi, termasuk ASI. 

Selasa, April 26th, 2016

WHO merekomendasikan agar proses menyusui dimulai sedini mungkin hingga Si Kecil berusia 6 bulan. Selama masa ini, Si Kecil hanya diperbolehkan minum ASI saja. Setelah 6 bulan, barulah Si Kecil boleh dikenalkan dengan MP-ASI (Makanan Pendamping ASI). Namun, WHO tetap menyarankan pemberian ASI tetap diteruskan hingga Si Kecil berusia 2 tahun atau lebih.

Begitu banyak manfaat ASI bagi bayi, salah satunya adalah bahwa ASI mengandung kolostrum, yaitu cairan bening keemasan yang sangat penting untuk imun pertama Si Kecil. Selain itu, ASI juga mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan Si Kecil untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, khususnya di masa enam bulan pertamanya. Namun, tahukah Ibu bahwa ASI eksklusif berbanding lurus dengan tingkat kepintarannya di masa depan?

Manfaat ASI Eksklusif bagi Si Kecil

Menurut penelitian, Si Kecil yang mendapatkan ASI eksklusif di 6 bulan pertama usianya akan memiliki prestasi yang lebih baik serta IQ yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak mendapatkan ASI eksklusif. Sebagai tambahan, hal ini juga dapat didukung faktor lain, seperti rajin membacakannya cerita saat ia berusia 9 bulan atau lebih awal. Cara ini juga terbukti secara signifikan meningkatkan kesiapannya untuk sekolah saat tiba waktunya.

Lalu, bagaimana caranya agar ASI selalu tersedia dengan kualitas terbaik? Ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan, salah satunya tentu dengan mengonsumsi makanan Ibu menyusui agar bayi cerdas . Pilihlan makanan yang mengandung nutrisi penting untuk perkembangan Si Kecil, seperti zat besi yang bisa didapatkan dari kacang-kacangan, hati ayam, dan sayuran berwarna hijau. Konsumsi juga segelas Nestlé MOM&me setiap hari, yang mengandung probiotik Bifidus BL, asam folat, kalsium, dan zat besi untuk membantu memenuhi nutrisi Ibu hamil dan menyusui.

Pola Asuh Juga Memiliki Peranan

Sebuah penelitian dari Brigham Young University (BYU) mengatakan, bahwa pada perkembangan kognitif Si Kecil, ada dua faktor penting pola asuh dari orang tua (terutama Ibu) yang terkait, yaitu respon terhadap tanda emosi Si Kecil dan intensitas membacakan cerita.  Biasanya, saat menyusui, Ibu akan mengajak buah hatinya untuk berbicara dan menjadikan kesempatan ini untuk membacakannya sebuah cerita. Dengan begitu, otak Si Kecil  akan terstimulasi sejak dini dalam mencoba memahami apa yang Ibunya katakan. Melakukan aktivitas menyusui juga akan menguatkan ikatan emosional antar Ibu dan anak, sehingga Ibu akan dengan cepat memahami emosi anaknya. 

Studi juga mengatakan, Si Kecil yang mendapatkan ASI eksklusif memiliki perkembangan otak yang lebih baik, terutama jika dinilai dari hasil tes matematika dan evaluasi membaca. Prestasi sekolah yang bagus seperti ini tentu saja juga dikarenakan pola asuh yang optimal dari orang tua. Saat Si Kecil memasuki usia sekolah, terus berikan perhatian yang baik untuknya, sambil memberinya makanan bernutrisi seimbang.

Oleh karena itu, jangan sia-siakan momen penting sejak Si Kecil menyusui hingga beranjak besar, guna memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Nikmati perkembangan kognitif Si Kecil setiap harinya karena saat-saat seperti ini tidak akan terulang kembali. Jangan lupa, ia berhak mendapatkan pola asuh terbaik untuk masa depan yang lebih cerah. Selamat menyusui, Bu!

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review