Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Tips Kurangi Gejala Mual saat Hamil

Atasi Morning Sickness dengan Makanan & Minuman Ini!

 

Mual dan muntah sering timbul saat memasuki awal masa kehamilan. Gejala yang biasa disebut morning sickness ini, tentu bisa membuat Ibu merasa tidak nyaman.

Rabu, 11 April 2018

Bahkan, tidak jarang mual saat hamil membuat Ibu kehilangan nafsu makan. Padahal, Ibu butuh mengonsumsi makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan janin. Lalu, bagaimana bila mual dan muntah sering terjadi? Apakah gejala ini berisiko mengganggu kesehatan kehamilan?

 

Morning Sickness Gejala Wajar

Tenang Bu,  menurut American Pregnancy Association, lebih dari 50% Ibu hamil di AS mengalami morning sickness. Penyebabnya adalah perubahan hormon yang terjadi selama trisemester pertama masa kehamilan. Namun, gejala ini dapat menandakan plasenta berkembang dengan baik. Biasanya, gejala morning sickness mulai muncul pada 4-6 minggu masa kehamilan. Lalu, pada masa 14 minggu gejala mual itu menghilang. Namun, beberapa Ibu hamil mengalami morning sickness hingga trisemester ketiga kehamilan. Ada baiknya hal ini tetap Ibu konsultasikan dengan dokter kandungan.

Meski begitu, ada beberapa yang bisa dilakukan supaya morning sickness tidak mengganggu aktivitas dan kesehatan Ibu hamil. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan dan minuman berikut ini.

  • Teh Hangat & Biskuit

Morning sickness biasanya sering muncul di pagi hari. Atasi gejala ini dengan menyeruput teh hangat ketika bangun tidur. Teh hangat bisa bantu membuat perut Ibu merasa nyaman. Sambil minum secangkir teh hangat, Ibu juga bisa menyantap biskuit sebagai camilan sehat untuk mengurangi rasa mual akibat perut yang belum terisi makanan.

  • Kacang-kacangan

Jenis pangan yang satu ini juga bisa membantu kurangi gejala morning sickness, Bu. Contohnya, almond, mete, atau kedelai. Beragam jenis kacang ini megandung protein nabati dan vitamin B yang dapat mengurangi rasa mual Ibu hamil.  

  • Lemon dan Jeruk

Saat Ibu hamil mulai merasakan gejala morning sickness, segara cari buah lemon atau jeruk, lalu hirup aromanya. Aroma segar dari lemon serta jeruk ini bisa bantu mengurangi rasa mual selama masa kehamilan.

  • Air Jahe  

Selain menghangatkan tubuh, jahe juga bisa bantu merelaksasi pikiran Ibu hamil dan mengurangi gejala mual atau muntah akibat morning sickness. Ibu dapat mengonsumsi air jahe hangat di pagi hari, atau sebelum melahap makan siang dan makan malam.

 

Bagaimana, Bu? Sekarang, Ibu sudah mengetahui beberapa cara mengurangi gejala morning sickness atau mual saat hamil, kan. Semoga tips di atas bisa membantu Ibu untuk menjalani kehamilan yang sehat dan happy agar Si Kecil kelak dapat tumbuh sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!
 

 

 

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.