Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Cara Atasi Penyebab Mual Saat Hamil

Atasi Mual Saat Hamil dengan Cara Ini, Bu!

 

Mual pada masa kehamilan dapat mengganggu kenyamanan dan aktivitas Ibu sehari-hari. Terlebih lagi, Ibu bisa saja merasakannya sepanjang hari sehingga nafsu makan berkurang. Menurut National Health Service di Inggris, mual, muntah-muntah, dan kelelahan adalah hal yang wajar terjadi pada masa awal kehamilan.

 

Selasa, 10 Juli 2018

Sekitar 80% Ibu hamil mengalaminya pada 12 minggu pertama. Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab mual saat hamil. Namun, menurut American Pregnancy Association, gejala ini muncul beriringan dengan meningkatnya produksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) atau sering juga disebut dengan hormon kehamilan. Walau gejala mual ini tidak bisa dihindari, Ibu dapat menguranginya dengan beberapa cara berikut ini.

1. Tidak Boleh Telat Makan

Memang rasa mual ketika hamil ini bisa membuat Ibu enggan makan. Namun, perut kosong juga bisa memperparah mual. Perwakilan dari American Dietetic Association Melinda Johnson mengatakan bahwa penurunan dan kenaikan kadar gula darah bisa menyebabkan rasa mual makin menjadi-jadi. Nah, kondisi lapar dapat menurunkan kadar gula Ibu. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu hamil tidak dibiarkan merasa lapar. Kalau biasanya Ibu mengonsumsi tiga kali makan besar, saat hamil, coba makanlah dengan porsi kecil sekitar enam kali dalam sehari untuk menghindari risiko mual.

2. Cari Tahu Jadwalnya

Ahli nutrisi dari Brigham and Women's Hospital, AS, Miriam Erick menyebutkan bahwa tidak semua sindrom mual terjadi secara acak. Malah, biasanya Ibu hamil mengalaminya pada waktu yang sama setiap hari. Jadi, ada baiknya Ibu mengecek apakah sindrom itu terjadi di waktu yang sama setiap harinya. Siapa tahu pada waktu tersebut, ada hal yang memicu rasa mual, misalnya bau tajam tertentu. Misalnya, ada rutinitas memasak di dekat Ibu. Bisa juga, itu terjadi waktu suami bersiap ke kantor dan menyemprotkan parfum. Bila sudah mengetahui waktu datangnya dan penyebab mual saat hamil, Ibu bisa melakukan sejumlah tindakan untuk mengurangi efeknya.

3. Hindari Bau Tajam

Penciuman Ibu hamil sangatlah peka, apalagi ketika trimester pertama. Jangan heran kalau Ibu merasa mual ketika mencium bau menyengat, seperti durian atau terasi. Padahal, bisa jadi Ibu sangat menyukai makanan tersebut saat belum hamil. Untuk mengurangi rasa mual, salah satu cara yang dapat dicoba adalah dengan mencium aromaterapi yang disukai saat bau tersebut muncul. Setidaknya, penciuman Ibu akan teralihkan. Ibu dapat mencoba aromaterapi berwangi segar, seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, atau jahe.

4. Banyak Minum Air Putih

Selama masa kehamilan, penting sekali Ibu untuk terhindar dari dehidrasi  dan hawa panas. Kedua hal ini dapat mengganggu kesehatan Ibu hamil dan memicu rasa mual. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah banyak mengonsumsi air putih. Menurut American Pregnancy Association, selama tidak makan, Ibu harus mengonsumsi air putih setiap merasa haus, paling tidak delapan gelas sehari. Namun, atur konsumsi air putih ketika sedang makan supaya perut Ibu tidak penuh. Minumlah segelas air putih setengah jam sebelum dan sesudah makan. Hal ini untuk menghindari munculnya rasa mual.

5. Rencanakan Liburan

Selain kesehatan fisik, Ibu hamil juga harus memerhatikan kesehatan mental. Ketika Ibu bangun tidur, hindari memikirkan pekerjaan dan hal yang mungkin menimbulkan rasa khawatir yang memicu datangnya mual. Penulis buku The Working Woman's Pregnancy Book, Dr. Marjorie Greenfield, bahkan menyarankan Ibu hamil untuk pergi berlibur saat usia kandungan sekitar 7-8 minggu—saat sindrom mual sering berlangsung. Berlibur dapat membuat Ibu hamil mengalihkan perhatian ke hal-hal yang menyenangkan sehingga risiko mual akibat stres bisa diminimalkan.

Sekarang, Ibu sudah tahu atasi penyebab mual saat hamil. Beberapa cara tadi diharapkan dapat mengurangi rasa mual yang dirasakan, sehingga Ibu bisa menjalani kehamilan yang sehat dan happy. Hal ini tentu akan mendukung Si Kecil dalam kandungan menjadi anak yang sehat, aktif, dan ceria nantinya. Happy pregnancy, happy baby!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.