Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ketahui umur berapa bayi tumbuh gigi dan bagaimana cara merawatnya

Atasi Si Kecil Rewel Saat Tumbuh Gigi

(0 review)

Senangnya, sekarang Si Kecil sedang melewati tahap perkembangan 6 bulan ke atas! Ia sudah mulai bisa merangkak dan belajar megeluarkan suara. Ibu juga sudah mulai bisa memberikannya makanan pendamping ASI yang lezat dan bernutrisi. 

Selasa, April 26th, 2016

Tapi, apa belakangan ini Si Kecil sering rewel dan menangis, Bu? Atau, terkadang juga sering menggigit barang-barang yang bisa dimasukkan ke dalam mulut? Ibu perlu perhatikan kembali, bisa jadi ini merupakan pertanda gigi pertama Si Kecil sedang tumbuh. 

Mungkin Ibu sering bertanya umur berapa bayi tumbuh gigi . Menginjak usia lima hingga enam bulan, gigi pertama Si Kecil mulai tumbuh, yang biasanya diawali dengan dua gigi seri bawah atau dua gigi seri atas. Pertumbuhan gigi ini seringkali membuat ia kurang nyaman, bahkan kesakitan. Salah satu gejala yang timbul adalah volume air liur meningkat dan gusi bengkak. Si Kecil biasanya akan mengigit benda untuk mengurangi rasa sakit yang ia rasakan. Selain itu, ia jadi lebih mudah rewel karena rasa tidak nyaman di mulutnya. Nah, untuk bantu mengurangi rasa sakit Si Kecil saat tumbuh gigi, Ibu dapat melakukan beberapa hal berikut.

•    Usap Gusi Si Kecil dengan Lembut
Gunakan jari bersih atau kapas basah pada gusinya yang sakit. Jangan tekan dengan keras, karena tekanan lembut dari Ibu sudah bisa mengurangi rasa ketidaknyamanan di gusinya.

•    Berikan Suhu Dingin
Selain menekan lembut dengan jari yang bersih, Ibu juga bisa gunakan teething ring yang dingin, sendok maupun kain yang sudah dibasahi dengan air dingin. Efek dinginnya cukup dapat membuat rasa sakit di gusi Si Kecil mereda.

•    Selingi Makanan Si Kecil dengan Makanan Padat
Di usia 6 bulan seiring pertumbuhan gigi Si Kecil, Ibu bisa memberikan makanan padat agar bisa dikunyah guna mengurangi rasa sakitnya, seperti potongan kecil timun atau wortel. Jangan lupa untuk tetap mengawasi Si Kecil agar tak tersedak ya, Bu.

•    Bersihkan Air Liur Si Kecil
Produksi air liur yang berlebihan adalah salah satu proses dari pertumbuhan gigi awal. Guna mencegah iritasi kulit, bersihkan pipinya dengan kain kering lembut. Setelah itu, gunakan lotion yang aman bagi bayi untuk melembapkan pipinya.

•    Bersihkan Gigi Pertamanya dengan Sikat Gigi
Saat gigi Si Kecil sudah muncul sepenuhnya, Ibu sebaiknya melanjutkan perawatannya dengan baik. Jika sebelumnya Ibu menggosok gusinya dengan jari atau kain basah, kini Ibu bisa menggunakan sikat gigi khusus bayi yang lembut dan kecil, bersama dengan air. Jangan gunakan dahulu pasta gigi ber-flouride hingga ia berusia 3 tahun. Ketika sudah saatnya menggunakan pasta gigi, berikan hanya sebesar biji beras saja.

Itulah hal yang dapat Ibu lakukan berkaitan dengan pertumbuhan gigi pada bayi. Selain melakukan hal-hal di atas, lakukan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk mendapat saran dan rekomendasi perawatan gigi pertamanya. Ini harus dilakukan karena gigi pertamanya menentukan kesehatan gusi dan gigi Si Kecil kelak. Mari lindungi selalu keadaan Si Kecil agar perkembangan giginya tidak terganggu!

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review