Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Cara Bantu Kembangkan Hobi Anak

Bantu Kembangkan Hobi Anak dengan 5 Cara Ini

 

Di usia prasekolah, Si Kecil mulai memiliki minat terhadap hal tertentu. Misalnya, Si Kecil suka menggambar, menari ataupun melakukan olahraga tertentu. Untuk itu, Ibu sebisa mungkin memanfaatkan momen ini untuk mengenali hobi anak dan memberikan dukungan yang tepat. Di masa depan, hobi ini bisa menjadi bekal Si Kecil untuk meraih cita-citanya.

Kamis, 8 Maret 2018

Menurut profesor psikologi dari University of Montreal, Kanada, Geneviève Mageau, passion atau minat merupakan kecocokan seseorang dengan aktivitas tertentu. Nah…hal ini tidak bisa dipaksakan, tapi ditemukan. Itu sebabnya, Ibu tidak bisa memaksakan hobi tertentu pada Si Kecil. Minat atau hobi itu akan terlihat dengan sendirinya. Tugas Ibu adalah membantu menemukan dan mengarahkan Si Kecil menekuni hobinya. Berikut tips dan trik yang dapat Ibu lakukan.

Hindari Memaksa

Ada kalanya Ibu ingin Si Kecil mengikuti jejak Ibu, Ayah, atau anggota keluarga lain yang menyukai hobi tertentu. Hal ini bisa jadi membuat Ibu terburu-buru ingin mengenalkan Si Kecil dengan hobi tersebut, bahkan memasukkannya ke tempat les. Ketika Si Kecil terlihat enggan atau malas-malasan, Ibu akan memarahinya. Niat Ibu mungkin baik, tapi ini bukan cara yang tepat untuk mendukung hobi anak. Sikap Ibu yang terlihat memaksa bisa membuat Si Kecil berpura-pura menyukai hal tersebut. Menurut penelitian psikologi yang dilakukan oleh profesor Geneviève Mageau, anak yang dipaksa untuk menekuni satu hal tertentu, hanya melakukan aktivitas tersebut karena takut mengecewakan orang tuanya, belum tentu karena benar-benar menyukainya.Kuncinya di sini adalah untuk melihat ketertarikannya akan sesuatu dan mendukungnya, bukan memaksakan kegiatan yang tidak disukainya.

Ketahui Ketertarikannya

Pada masa prasekolah, Si Kecil tentu punya banyak ketertarikan, mulai dari aktivitas, pelajaran, olahraga, tontonan, musik, atau tokoh idola tertentu. Hal ini mungkin membuat Ibu bingung dengan minat atau hobi Si Kecil sebenarnya. Saat ini, Ibu perlu lebih memerhatikan keseharian Si Kecil. Lihat dan catat hal apa saja yang paling disukai Si Kecil dan punya potensi untuk dikembangkan. Bisa jadi ada lebih dari satu, Bu. Setelah itu, Ibu perlu melakukan sedikit percobaan untuk melihat sejauh mana ketertarikan Si Kecil akan hal tersebut, satu per satu. Misalnya, Si Kecil terlihat suka main masak-masakan. Tidak ada salahnya Ibu coba mengajaknya memasak bersama Ibu di dapur. Bila Si Kecil menyukai dan mau melakukannya lagi tanpa dipaksa, mungkin saja itu adalah salah satu hobinya. Percobaan seperti ini tentu butuh waktu dan kesabaran. Namun Ibu tetap perlu bersemangat melakukannya demi mendukung perkembangan Si Kecil di masa depan.

Beri Semangat

Ibu perlu tahu, ada kalanya Si Kecil bosan dengan hobinya tersebut. Ini saatnya Ibu memberikan dorongan supaya Si Kecil bersemangat lagi melakukan hobinya. Buat kegiatan yang disukainya tetap menarik dan menyenangkan dengan memberikan hal yang berbeda saat ia sedang melakukan hobinya. Misalnya Si Kecil suka bernyanyi dan menari, Ibu bisa sesekali ikut melakukannya bersama Si Kecil. Pada waktu yang lain, ajak juga Ayah atau anggota keluarga yang lain untuk ikut juga. Atau, di momen-momen khusus seperti ulang tahun, Ibu bisa mengajak Si Kecil untuk menunjukkan keahliannya di depan anggota keluarga yang lain dan teman-temannya. Ini bisa membuat hobinya semakin menarik dan menyenangkan. Ingat juga untuk bertepuk tangan dan memujinya saat penampilannya selesai. Dengan begitu, Si Kecil dapat merasa dihargai dan diperhatikan, sehingga semangat dan kepercayaan dirinya meningkat, Bu.

Dukung dengan Peralatan yang Tepat

Jika terlihat Si Kecil sangat menyukai dan serius dengan satu hal tertentu, Ibu perlu mempertimbangkan menyediakan peralatan atau les khusus yang dibutuhkan untuk mengembangkan hobinya. Hal ini tentu memerlukan biaya tambahan. Namun pikirkan hal ini sebagai bentuk dukungan Ibu. Pada dasarnya, hobi tertentu memang perlu alat khusus untuk bisa berkembang. Misalnya, Si Kecil perlu sepatu olahraga jika ingin main sepakbola. Atau, ia perlu dibelikan pensil warna atau cat air, jika ingin berlatih menggambar atau melukis.

Jaga Kesehatan

Saat menyukai hal tertentu, anak-anak punya kecenderungan untuk melakukan hobinya terus-menerus. Si Kecil bisa melakukannya sampai lupa waktu atau lupa makan. Di sinilah peran Ibu untuk tetap memerhatikan kesehatan Si Kecil, agar ia bisa menjalani keseharian dan mengembangkan hobinya. Pastikan Ibu selalu memberikan asupan makanan dan minuman yang bergizi agar perkembangan balita bisa lebih maksimal. Hal ini bisa dilengkapi juga dengan memberikan Si Kecil susu pertumbuhan yang mengandung komponen esensial untuk tumbuh kembangnya. Ibu bisa memberikannya Nestlé NANkid pHPro 3 yang diformulasikan khusus oleh Nestlé Reasearch Center Switzerland, dengan protein whey terhidrolisis parsial yang mengandung protein dan asam amino dengan profil yang sesuai, untuk mengawali masa depan hebatnya dan tumbuh kembang anak dalam jangka panjang. Selain itu, proses hidrolisis parsial membuat protein lebih mudah dicerna, sehingga dapat mendukung tumbuh kembang anak. Susu ini juga dilengkapi dengan 12 vitamin & 9 mineral kalsium, serta zat gizi makro dan mikro untuk Si Kecil usia 1-3 tahun. Dengan tubuh yang sehat, Si Kecil dapat meraih impiannya.

Ini saatnya Bu, mencari dan mengembangkan hobi anak. Dari hobi ini, Si Kecil bisa belajar banyak hal nantinya. Ingat, hobi tidak bisa dipaksakan. Biarkan Si Kecil yang memilih dan Ibu yang memberikan arahan dan dukungan yang tepat. Tetap semangat bantu Si Kecil meraih impiannya ya, Bu!

 
 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.