Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Info Seputar Kehamilan Daftar Belanja Trimester Ketiga

Barang yang Wajib Dibeli Ibu Hamil di Trimester Akhir

 

Memasuki trimester ketiga, Ibu tentu membutuhkan sejumlah barang baru untuk mempersiapkan proses kelahiran Si Kecil. Nah...inilah saat yang tepat untuk mulai belanja. Momen ini juga bisa Ibu manfaatkan untuk merelaksasi pikiran. Menurut Rik Pieters, seorang profesor di School of Economics and Management, Tilburg University, Belanda, berbelanja dapat membantu mengalihkan pikiran dan mengurangi stres.

 

Selasa, 9 Januari 2018

Supaya tidak ada barang yang terlewat, Ibu bisa cek daftar belanjaan di info seputar kehamilan trimester ketiga berikut ini.

1. Maternity Belt

Memasuki trimester ketiga, perut Ibu hamil tentu semakin besar. Kondisi ini mungkin sekali membebani pinggang dan punggung Ibu. Maternity belt bisa jadi salah satu perlengkapan untuk menopang perut dan membuat Ibu merasa lebih nyaman. Pilihlah bahan yang terbuat dari katun yang dapat menyerap keringat. Ada baiknya juga Ibu menggunakan belt yang tidak terlalu tebal dan elastis supaya Ibu lebih nyaman bergerak. 

2. Perlengkapan Menyusui

Perlu diingat, Bu. Trimester ketiga masa kehamilan berarti sudah dekat dengan waktu bertemu Si Kecil. Itu sebabnya Ibu memerlukan sejumlah perlengkapan untuk menyusui Si Kecil. Hal yang bisa jadi Ibu perlukan di antaranya bra menyusui, pompa ASI, nipple cream (untuk mencegah/menyembuhkan luka/lecet pada puting), bib/celemek bayi, botol susu, bantal menyusui (untuk menopang bayi). Belilah dalam jumlah secukupnya karena ada kemungkinan Ibu dan Si Kecil tidak cocok dengan produk tersebut.    

3. Popok Bayi

Memasuki trimester ketiga masa kehamilan, salah satu perlengkapan Si Kecil yang tentu tidak boleh dilupakan adalah popok. Pada minggu pertama masa kelahiran, Si Kecil biasanya menghabiskan sekitar 10-12 popok/hari. Untuk itu, Ibu perlu mempersiapkan paling tidak dua kantong popok kertas atau dua lusin popok clodi (clothing diaper/popok kain). Ada baiknya juga, Ibu menyediakan krim popok untuk mencegah atau mengatasi terjadinya ruam popok di bagian pangkal paha ataupun paha Si Kecil. Ingat, Si Kecil belum tentu cocok dengan popok yang Ibu pilih pertama kali. Jika muncul banyak ruam dan tidak kunjung membaik, Ibu bisa coba mengganti popok dengan bahan yang lebih halus, punya sirkulasi yang bagus, dan menyerap lebih banyak cairan.

4. Tempat Mandi Bayi

Ada baiknya Si Kecil baru lahir tidak dimandikan di bak mandi orang dewasa. Sebab, ukuran bak yang terlalu besar bisa jadi malah membuat Ibu sulit menjaga bayi mungil tidak terpeleset dari tangan Ibu. Hal ini berujung pada pengalaman memandikan bayi yang tidak menyenangkan untuk Ibu maupun Si Kecil. Untungnya, sekarang banyak sekali pilihan tempat mandi bayi untuk Ibu. Ibu bisa pilih bak mandi bayi yang terbuat hard plastic yang bisa dipakai hingga usia balita. Ada juga bak mandi lipat yang lebih praktis untuk disimpan atau dibawa kemana-mana.

5. Gendongan Bayi & Stroller

Menggendong bayi hanya dengan kedua tangan tidaklah mudah, Bu, terutama jika Si Kecil makin besar. Selain meringankan beban Ibu saat membawa Si Kecil, menurut penelitian, gendongan bayi juga dapat membuat Si Kecil lebih nyaman saat digendong, dan mempererat ikatan antara orang tua dan bayi. Untuk bayi baru lahir, lebih baik pilih jenis yang sling (tali) atau wrap (bungkus), daripada gendongan depan (front carrier) yang lebih tepat ketika kepala dan leher Si Kecil sudah lebih kuat. Yang perlu dicatat adalah pilihlah gendongan yang bisa menahan berat bayi hingga 15 kg, nyaman dipakai oleh Ibu dan Si Kecil, serta dapat memudahkan Ibu saat harus menyusui Si Kecil.

Selain gendongan, Si Kecil juga membutuhkan stroller untuk dipakai saat Ibu dan Si Kecil bepergian. Saat ingin membeli stroller, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, antara lain area tempat tinggal Ibu, tujuan dibawanya stroller tersebut, dan budget untuk membeli stroller. Ibu bisa memilih stroller yang bisa dipakai sejak Si Kecil baru lahir hingga balita. Ada baiknya yang mudah dilipat sehingga tidak memakan tempat ketika dibawa.

Semoga info seputar kehamilan ini bisa mempermudah Ibu untuk berbelanja, agar tidak ada kebutuhan penting yang terlewatkan. Dengan persiapan yang matang, Ibu tentu dapat menjalani momen kehamilan dengan sehat dan menyenangkan, demi mendukung Si Kecil menjadi anak yang sehat, aktif, dan ceria nantinya. Happy pregnancy, happy baby!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.