Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Berat Badan Ideal saat Hamil

(0 review)

Wah, senangnya ketika kehamilan Ibu sudah mulai tampak! Memasuki trimester kedua, Ibu mulai mengalami perubahan fisik yang signifikan. Ibu bisa jadi punya kekhawatiran mengenai berat badan ideal Ibu hamil. Sebenarnya peningkatan berat badan yang cukup cepat pada masa ini sangat wajar dialami, bahkan merupakan pertanda baik yang menunjukkan bahwa Si Kecil mendapatkan nutrisi untuk tumbuh.

Kamis, 18 Mei 2017

Namun, perlu diingat bahwa Ibu tidak perlu berlebihan menambah konsumsi asupan sehari-hari. Kadang masih suka ada anggapan bahwa Ibu hamil harus makan lebih banyak karena kini ada Si Kecil di dalam kandungan. Padahal Ibu sebaiknya menghindari kenaikan berat badan yang berlebih karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi Ibu serta mengganggu tumbuh kembang janin. Kegemukan saat hamil dapat menyebabkan Ibu mudah lelah, nyeri punggung, hingga meningkatnya risiko darah tinggi dan diabetes. Lalu, bagaimana caranya agar berat badan tetap terjaga saat hamil?

Berapa Kenaikan Berat Badan yang Ideal?

Untuk mengetahui kenaikan berat badan yang ideal saat hamil, sebaiknya Ibu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Namun, Ibu bisa memperkirakan angkanya sendiri di rumah dengan menggunakan BMI, atau Body Mass Index. Ibu cukup mencari tahu angka BMI sebelum kehamilan, misalnya dengan cara menggunakan kalkulator BMI di internet. Nah, selanjutnya, tinggal cocokkan dengan tabel kenaikan berat badan Ibu hamil berikut:

BMI Sebelum Hamil

Kenaikan Berat Badan yang Dianjurkan Selama Hamil

<18,5

13 – 18 kg

18,5 – 24,9

11,5 – 16 kg

25 – 29

7 – 11,5 kg

>30

5 – 9 kg

 

Menjaga Berat Badan Selama Hamil

Jika sudah mengetahui kisaran angka kenaikan berat badan yang ideal, Ibu sebaiknya menjaga berat badan selama hamil. Lakukan tips mudah berikut untuk membantu Ibu menjaga berat badan saat hamil!

  • Tetaplah makan dalam porsi yang normal dan seimbang. Tidak perlu merasa harus diet, karena jika nutrisi Ibu kurang, perkembangan Si Kecil malah akan terganggu.
  • Batasi camilan yang manis dan tinggi kalori, seperti kue dan gorengan. Lebih baik Ibu memilih camilan seperti buah potong atau biskuit gandum. Usahakan juga untuk mengganti minuman manis dengan air putih biasa.
  • Hindari makanan yang diproses dengan cara digoreng, baik dengan minyak atau mentega. Lebih baik pilih makanan yang dipanggang, direbus, atau dibakar.
  • Coba untuk selalu bergerak aktif. Ibu bisa ikut kelas senam Ibu hamil, atau cukup membiasakan diri berjalan kaki atau berenang sebagai bentuk olahraga.
  • Tetap konsumsi makanan bergizi yang mengandung protein, vitamin, dan mineral. Salah satu nutrisi yang penting untuk ibu hamil adalah asam folat, yang dapat mengurangi risiko kelainan bawaan pada janin. Selain itu, pastikan Ibu mendapatkan cukup zat besi, yang dapat mencegah dan mengatasi anemia yang dapat menganggu kesehatan Ibu hamil.

Nah, setelah mengetahui tips tersebut, diharapkan Ibu bisa menjaga berat badan ideal ibu hamil agar tidak kegemukan saat hamil. Konsumsi makanan dalam porsi seimbang dan dengan kombinasi nutrisi yang lengkap. Selain fisik, jangan lupakan juga kesehatan mental Ibu. Luangkan waktu untuk bersantai dan menikmati berbagai aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan. Ingat, kehamilan yang sehat akan mendukung Si Kecil tumbuh sehat, aktif, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.