Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Berbahayakah Cegukan Pada Si Kecil?

 

Kondisi cegukan pada Si Kecil cukup umum terjadi. Ketika mengalami cegukan, Si Kecil akan mengeluarkan suara seperti tersedak berulang-ulang dalam jarak waktu tertentu. Saat hal itu berlangsung, mungkin Ibu merasa takut ada yang tidak beres dengan kesehatan pencernaan atau pernapasannya. 

Selasa, 8 Desember 2015

Tidak perlu panik dulu, Bu, karena ternyata cegukan tidak membahayakan kesehatan. Hal itu sangat wajar dialami oleh anak seusianya. Biasanya, cegukan, Si Kecil dapat terjadi apabila ia makan atau minum dengan terlalu cepat.

Walaupun tidak berbahaya, ada baiknya Ibu tahu lebih jauh mengenai kondisi cegukan pada Si Kecil. Sebenernya apa, ya, yang menyebabkan Si Kecil cegukan setelah makan terlalu cepat?

Penyebab

Ketika masih dalam tahap pertumbuhan, perkembangan tubuh Si Kecil masih belum sempurna. Berbagai fungsi tubuhnya masih mengalami proses penyempurnaan yang akan berlangsung seiring pertumbuhannya. Begitu pula dengan perkembangan otot yang terdapat di antara rongga dada dan rongga perutnya. Otot ini disebut diafragma, yang berfungsi untuk memisahkan kedua rongga tersebut. Ketika Si Kecil menghirup udara untuk bernapas, otot diafragma akan tertarik ke arah perut dan akan kembali ke atas saat udara dihembuskan lagi. Untuk mencegah cegukan, diafragma harus dapat bekerja dengan teratur.

Namun, karena belum berkembang sempurna, kerja otot diafragma kadang dapat terganggu. Salah satunya adalah karena makan dengan terlalu cepat, sehingga menyebabkan cegukan pada Si Kecil. Saat terganggu, otot diafragma tertarik ke bawah dengan gerakan seperti sentakan, sehingga udara pun masuk dengan cepat.

Tips Jika Si Kecil Cegukan

Cegukan biasanya akan berhenti dengan sendirinya setelah beberapa menit. Namun, untuk menjaga kenyamanannya, ada beberapa hal yang bisa Ibu lakukan mengenai kondisi cegukan Si Kecil.

  • Jangan Memberi Makan Terlalu Cepat

Saat Ibu memberikan makanan untuk Si Kecil, usahakan agar ia tidak menyuap dan menelan makanan terlalu cepat untuk mencegah cegukan. Selain membantu agar Si Kecil tidak mudah tersedak, hal ini bertujuan agar Si Kecil dapat bernapas dengan tenang dan udara yang masuk pun teratur, sehingga tidak memicu terjadinya gangguan pada diafragma dan cegukan, Si Kecil.

  • Ajari Si Kecil untuk Menahan Napas

Apabila Si Kecil cegukan dan merasa tidak nyaman karenanya, cobalah untuk membuat cegukan berhenti. Menahan napas dan menghitung sampai sepuluh biasanya cukup ampuh untuk menghentikan cegukan. Ajari ia untuk menutup hidungnya, dan bantulah menghitung sampai sepuluh bersama-sama agar ia tidak takut atau panik. Dengan menahan udara yang masuk, diafragma akan bekerja dengan normal kembali.

Nah, sekarang sudah jelas, kan, Bu? Tidak perlu khawatir lagi jika Si Kecil sering cegukan setelah makan atau minum. Yang terpenting, dengan mengonsumsi asupan yang bernutrsi seimbang, Si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat, dan masalah cegukan pun akan hilang dengan sendirinya.

Yuk, share artikel ini dan berbagi pengetahuan dengan Ibu lainnya tentang kondisi cegukan, Si Kecil!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.