Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Agar Kesehatan Kulit Ibu Hamil Tetap Terjaga

Bumil Tampil Cantik dengan Menjaga Kesehatan Kulit

(0 review)

Menjelang persalinan, Ibu biasanya sudah mempersiapkan berbagai keperluan Si Kecil dari jauh hari. Namun jangan sampai kesibukan mengurus keperluan buah hati, membuat Ibu lupa untuk tetap merawat diri, terutama menjaga kesehatan kulit. Apalagi, kesehatan kulit Ibu hamil memerlukan penanganan khusus, mengingat beberapa masalah kulit biasanya sering muncul ketika Ibu sedang mengandung.

 

Rabu, 6 September 2017

Apa sih penyebab timbulnya iritasi kulit di masa kehamilan? Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), masalah kesehatan kulit muncul karena perubahan kadar hormon selama masa kehamilan. Lalu, apa saja masalah kulit yang biasa dikeluhkan para Ibu hamil? Dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, baca info selengkapnya di sini!

Jerawat

Ini salah satu iritasi kulit yang seringkali dialami oleh Ibu hamil. Biasanya, jerawat muncul di area wajah seperti dagu dan sekitar mulut. Walaupun sebagaian besar masalah jerawat hilang setelah melahirkan, bila tidak ditangani dengan baik berisiko menimbulkan noda yang berbekas pada area wajah. Oleh sebab itu, Ibu disarankan rajin mencuci muka minimal dua kali sehari menggunakan pembersih wajah dengan formula yang ringan di kulit, atau memilih bahan alami seperti madu dan lemon. Namun untuk mendapatkan saran terbaik seputar perawatan kulit saat hamil, Ibu sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter. 

Flek Hitam

Ibu yang memasuki usia kehamilan trimester dua biasanya sering mengalami flek hitam di bagian wajah, atau biasa disebut melasma. Flek disebabkan oleh peningkatan zat melanin yang terjadi saat Ibu sedang hamil. Masalah kesehatan kulit ini bisa jadi membuat Ibu kurang percaya diri, terutama saat muncul di dahi dan pipi.

Tapi jangan khawatir Bu, flek juga biasanya menghilang setelah Ibu melahirkan. Meski demikian, flek pada wajah sebaiknya ditangani dengan tepat karena bisa bertahan cukup lama pada wajah. Untuk mengatasinya, gunakan selalu tabir surya yang terbuat dari bahan alami sebelum Ibu berpergian ke luar rumah. Selain itu, Ibu juga disarankan jangan terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari.

Stretch Marks

Perut Ibu yang membesar selama kehamilan bisa mengalami stretch marks yang ditandai dengan garis kemerahan di permukaan kulit. Selain di sekitar perut, stretch marks juga bisa muncul di area bokong, payudara, dan paha. Iritasi kulit ini dapat terlihat dengan jelas pada tubuh, sehingga bisa jadi membuat Ibu kurang percaya diri.

Namun, Ibu bisa bantu memudarkan stretch marks dengan cara yang alami. Salah satunya dengan membuat lulur dari campuran bubuk kopi dan sari lidah buaya. Gosokkan lulur pada kulit selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.  

Nah, apakah Ibu juga sering mengalami masalah kesehatan kulit ini saat hamil? Untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit Ibu hamil , tentu Ibu perlu melakukan dengan rutin. Dengan begitu, Ibu bisa tetap tampil cantik hingga kelahiran Si Kecil nanti dan dapat menjalani momen kehamilan dengan happy. Ibu yang happy, bisa mendukung Si Kecil kelak tumbuh menjadi anak yang aktif, sehat, dan ceria. Hapy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.