Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Ketika anak merangkak, Bunda perlu memastikan keamanan dan kenyamanan Si Kecil saat bereksplorasi dengan memperhatikan hal berikut.

Bunda, Perhatikan Ini Saat Si Kecil Mulai Merangkak

 

Anak merangkak tentu menjadi salah satu momen paling membanggakan untuk Bunda dan Ayah. Biasanya perkembangan ini dimulai pada usia delapan bulan. Bila Si Kecil mulai merangkak, ia dapat lebih mudah berpindah ke sana kemari dalam sekejap mata. Oleh karena itu, Bunda butuh lebih waspada saat mengawasi Si Kecil.

Sabtu, 22 September 2018

Untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya saat ini, Bunda perlu memastikan keamanan dan kenyamanan Si Kecil saat bereksplorasi dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

 

1. Singkirkan Benda Berbahaya di Sekitar Si Kecil

Selain menyimpan dengan baik benda-benda tajam, Bunda juga harus menjauhkan produk-produk perawatan rumah yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti produk pembersih lantai. Segera simpan di tempat yang terkunci atau lebih tinggi dari jangkauan Si Kecil, serta buang sampah atau limbah produk (misalnya bekas air pel) begitu selesai digunakan.

2. Tutup Semua Sumber Listrik

Lindungi Si Kecil dari kemungkinan tersetrum dengan menutup seluruh sumber listrik dengan penutup khusus. Selain itu, hindari kabel yang berserakan karena dapat membuat anak tersandung. Gunakan kotak penyimpan kabel listrik yang kini banyak dijual di toko elektronik.

3. Pasang Kunci dan Pengait di Lemari

Saat anak belajar merangkak, mungkin saja ia dapat membuka lemari dan laci yang berisi barang dan bahan berbahaya. Oleh sebab itu, lindungi semua laci dan lemari yang mudah dijangkau Si Kecil dengan kunci atau pengait.

4. Batasi Akses ke Area Tertentu

Agar Si Kecil tetap aman sembari Bunda menyiapkan makan atau membereskan rumah, pasang area tertentu dengan pagar atau pembatas agar Si Kecil tetap aman. Beberapa area tersebut adalah akses menuju tangga, dapur, kamar mandi, garasi, ruang kerja, teras, hingga ruang cuci.

5. Pilih Furnitur dan Dekorasi Rumah yang Aman

Saat merangkak, Si Kecil pastinya akan meraih beberapa furnitur untuk ia jadikan pegangan. Jadi, hindari meletakkan barang pecah-belah di area bermain Si Kecil. Tak hanya itu, gulung juga tirai atau gorden rumah lebih tinggi untuk menghindari Si Kecil terjerat.

6. Hindari Akses ke Air

Hindari meninggalkan Si Kecil tanpa pengawasan di area dengan genangan air, dekat kolam air atau kolam renang. Hal ini untuk menghindari Si Kecil terpeleset atau tenggelam.

7. Berikan Pelembap Kulit pada Siku dan Lutut Si Kecil

Mengingat aktivitas merangkak selalu bertumpu pada lutut dan siku, Bunda dapat memberikan losion secara berkala pada bagian tubuh tersebut agar kulit Si Kecil tetap halus dan sehat.

8. Berikan Pakaian yang Memudahkannya Bergerak

Anak merangkak membutuhkan kebebasan untuk bergerak, karena ia masih mencari cara yang tepat dan nyaman untuk bergerak dan berpindah tempat. Berikan Si Kecil baju yang nyaman dengan bahan mudah menyerap keringat.

9. Sediakan Waktu untuk Berlatih Merangkak

Sebaiknya hindari terlalu sering menggendong Si Kecil yang sudah memasuki fase merangkak. Biarkan ia bereksplorasi dan bergerak ke sana kemari agar otot dan tulangnya cepat terbiasa dan terlatih untuk belajar berjalan.

 

Untuk mendukung perkembangan anak merangkak saat ini, Bunda dapat menyiapkan menu sehat dan bernutrisi. Siapkan Nestlé  CERELAC Bubur Sereal yang mengandung 11 vitamin, 5 mineral, omega 6 (asam linoleat), serta tinggi zat besi, yodium, dan vitamin A untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil. Yuk, Bunda, beri semangat Si Kecil yang sudah mulai merangkak!
 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.