Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Cara Menghitung Usia Kandungan

(1 review )

Cara menghitung usia kehamilan sering menjadi pertanyaan bagi Ibu hamil. Selain untuk mengetahui perkembangan Si Kecil dalam rahim, memperkirakan usia kandungan ternyata memang sangat bermanfaat. Ibu jadi bisa menyiapkan makanan yang mengandung nutrisi yang sesuai untuk tiap trimester dengan mengetahuinya lebih awal.

Selasa, Desember 8th, 2015

Lalu, bagaimana cara mudah untuk menghitung umur kandungan?

Cara yang pertama adalah dengan metode HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) Metode ini dapat dilakukan secara manual oleh Ibu sendiri di rumah. Untuk melakukan perhitungan ini, Ibu cukup mengingat kapan menstruasi terakhir Ibu dimulai. Nah, tanggal itulah yang dipakai sebagai hari pertama kehamilan Ibu. Tanggal perkiraan lahir dihitung 40 minggu sejak HPHT.

Perlu diingat bahwa tanggal HPHT bukanlah tanggal persis terjadinya pembuahan. Walaupun tidak ada cara untuk memastikan kapan tepatnya pembuahan terjadi, dapat diperkirakan bahwa rata-rata pembuahan terjadi dua minggu setelah tanggal HPHT. Jadi, metode HPHT menghitung kehamilan Ibu dua minggu lebih awal. Misalnya usia kehamilan Ibu adalah tiga minggu, berarti pembuahan terjadi sekitar seminggu yang lalu.

Selain HPHT, cara lain untuk mengetahui usia kandungan adalah dengan melakukan ultrasound scan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan atau dokter kandungan. Dengan metode ini,  sonografer, akan mengukurpanjang Si Kecil dari ujung kepala sampai ujung pantatnya (crown to rump length).  Dari sini dapat diketahui berapa lama usia kandungan Ibu. Secara umum, metode ultrasound scan ini dianggap lebih akurat dalam memperkirakan usia kandungan dibandingkan dengan metode HPHT.

Ketika sudah mengetahui usia kehamilan, Ibu bisa memprediksi waktu kelahiran Si Kecil. Umumnya, durasi kehamilan adalah sekitar 40 minggu. Meskipun demikian, pada kenyataannya peristiwa kelahiran dapat terjadi sebelum atau setelah tanggal perkiraan lahir. Hal penting yang kini perlu Ibu perhatikan adalah asupan nutrisi yang sesuai dengan proses perkembangan kandungan, agar Ibu dan Si Kecil tetap sehat. Minum Nestlé MOM&me dua kali sehari untuk mendukung perkembangan Si Kecil sejak dalam kandungan. Nutrisi asam folat-nya bermanfaat untuk mengurangi risiko kelainan pada janin. Selain itu, kalsium-nya juga baik untuk membantu kepadatan tulang dan gigi Ibu.

Cukup mudah kan, Bu? Yuk, share artikel ini agar Ibu lainnya bisa tahu manfaat dan cara menghitung usia kehamilan!

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

1 review

Sabtu, 18 Juni 2016 - 18:40

Rika

Nutrisi anak tergantung nutrisi ibu saat hamil

2 dari 2 orang berpendapat bahwa review ini bermanfaat