Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Dukung Tahap Perkembangan Anak dengan Pola Makan Sehat

Dampak Pola Makan Si Kecil Pada Masa Depannya

 

Pemberian nutrisi yang tepat di dua tahun awal kehidupan Si Kecil, memberikan dampak yang baik bagi tahap perkembangan anak dan juga kesehatannya di masa yang akan datang.

Selasa, 26 April 2016

Dengan memerhatikan asupan gizi selama periode emas ini, Ibu dapat mendukung kegiatan Si Kecil yang aktif, serta mengoptimalkan pertumbuhan fisik dan perkembangan otaknya. Nah, sudahkah Ibu menyiapkan makanan bergizi seimbang untuk Si Kecil?

Yuk, simak cara memberikan nutrisi tepat bagi Si Kecil:

Usia 6 Bulan

Selama 6 bulan pertama, Si Kecil harus mendapatkan ASI eksklusif karena ASI merupakan sumber nutrisi terbaik yang mudah dicerna dan berfungsi untuk meningkatkan sistem imunnya. Ini sesuai dengan anjuran dari WHO dan juga Kementerian Kesehatan RI, sehingga Ibu diharapkan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi anak sejak dini. 

Setelah itu, berikan ia MP-ASI bervariasi yang sesuai dengan usianya. Si Kecil membutuhkan lebih banyak nutrisi agar tumbuh kembangnya optimal. Namun, karena kapasitas perutnya lebih kecil, maka Ibu perlu memastikan ia mendapatkan kecukupan gizi di setiap menu makannya. Sebelum itu, pastikan ibu juga mengetahui jenis dan tekstur makanan, serta frekuensi pemberian makanan yang tepat untuknya. Pemberian makanan padat dimulai dari usia 6-8 bulan dengan tekstur yang sangat lembut seperti bubur atau pure. Sementara, saat memasuki usia 8-12 bulan, Ibu dapat mengenalkan Si Kecil dengan resep bubur bayi 8 bulan  yang diolah dari sayuran seperti, lobak. 

Usia 12 Bulan ke Atas

Saat berusia di atas 12 bulan, Si Kecil mulai bisa menikmati menu makanan keluarga. Oleh karena itu, pastikan Ibu hanya menyajikan dan mengonsumsi makanan yang sehat bersama keluarga. Supaya ia tidak cepat bosan dan mau melahap beragam makanan yang sehat, Ibu dapat menyiapkan makanan dengan warna menarik, tekstur yang berbeda, dan kombinasi rasa yang baru. 

Untuk bantu mencukupi gizi Si Kecil, tentunya ia perlu makan dengan teratur. Jadwalkan pemberian makanan utama dan camilan, tiga kali untuk konsumsi makanan utama, dan satu atau dua kali camilan setiap hari. Menu makanan utama misalnya, nasi, daging ayam tanpa kulit, sayur, dan buah. Sementara untuk camilan, pilih menu yang sehat seperti buah atau biskuit susu. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pengolahan makanannya, sebaiknya Ibu memasak dengan cara merebus, mengukus, atau memanggang, agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak mudah rusak.  Selain itu, Ibu juga disarankan tidak menambahkan bumbu seperti garam terlalu banyak, sebab ini bisa pengaruhi pola makan anak di masa depan untuk menyukai snack atau fast food yang kurang sehat bagi tubuh . 

Protein, Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Anak

Dari semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil, protein menjadi salah satu nutrisi esensial yang dapat mendukung tumbuh kembangnya. Salah satu manfaat penting protein menurut penelitian Nestlé Nutrition Institute adalah untuk optimalkan pertambahan berat dan tinggi badan anak di usia 1-2 tahun . Selain itu, protein juga memiliki peran penting untuk mendukung perkembangan otak, memperkuat sistem imun, dan bantu mempertahankan fungsi saluran cerna.  

Bantu penuhi kebutuhan protein Si Kecil dengan menyiapkannya dua gelas susu setiap hari. Susu Nestlé NANkid pHPro 3 bisa menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk sang buah hati, sebab terbuat dari protein berkualitas terbaik, yaitu protein whey, yang diproses melalui tahapan hidrolisis parsial sehingga ukuran proteinnya menjadi lebih kecil dan semakin mudah dicerna oleh tubuh Si Kecil. Dengan asupan protein standar emas di dalam susu Nestlé NANkid pHPro 3, Ibu dapat mendukungnya menjadi anak yang sehat dan membantunya meraih cita-cita.

Pemberian nutrisi yang tepat sejak dini itu merupakan titik awal yang paling penting bagi kondisi kesehatan dan tumbuh kembang anak di masa selanjutnya. Yuk, siapkan Si Kecil makanan bergizi seimbang setiap hari.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.