Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Dukung Kecerdasan Otak Si Kecil dengan Kehamilan yang Sehat

(0 review)

Masa kehamilan merupakan sebuah momen yang penting dan menakjubkan. Tentunya, Ibu selalu menginginkan yang terbaik bagi perkembangan Si Kecil dalam kandungan. Nah, salah satu cara untuk mendukung perkembangannya saat masih berada di dalam kandungan adalah dengan mengonsumsi asupan nutrisi yang tepat. Namun, tahukah Ibu bahwa kecerdasan otak Si Kecil sudah bisa Ibu dukung bahkan sejak masa perkembangan janin 3 bulan? Yuk, simak tips lengkapnya!

Kamis, Mei 18th, 2017

Berinteraksi

Ternyata, berinteraksi dengan Si Kecil saat masih di dalam kandungan itu sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan otaknya. Melewati usia kandungan 3 bulan, organ tubuh janin sudah terbentuk utuh dan ia mulai bereaksi terhadap hal-hal yang terjadi di luar rahim.  Kini, Ibu bisa lebih banyak meluangkan waktu berinteraksi dengan Si Kecil. Misalnya, Ibu bisa menceritakan hari-hari Ibu atau sekadar menyapa dirinya dengan nada yang menyenangkan. Selain itu, Ibu juga bisa menyanyikan lagu untuknya atau memutar musik klasik sambil mengelus perut Ibu.

Olahraga dengan Teratur

Rutin berolahraga dapat menjaga kondisi kehamilan Ibu tetap sehat. Tapi, olahraga dengan intensitas berat atau dapat memicu kenaikan suhu tubuh dalam waktu lama, tidak disarankan bagi Ibu yang sedang mengandung. Sebab, hal ini bisa membuat tubuh Ibu terlalu lelah dan berisiko mengalami dehidrasi. Beberapa jenis olahraga untuk Ibu hamil yang bisa dilakukan dengan aman, misalnya berenang, jalan santai, dan senam hamil. Aktivitas fisik seperti ini baik untuk kesehatan tubuh Ibu dan janin, karena dapat memompa darah dan membawa oksigen lebih banyak ke seluruh tubuh. Dengan begitu, Ibu bisa merasa lebih segar dan Si Kecil pun menjadi rileks. Namun, pastikan juga Ibu minum air mineral yang cukup saat melakukan olahraga, ya.

Konsumsi Makanan yang Mengandung DHA

Apa yang Ibu konsumsi saat hamil sangat berpengaruh terhadap perkembangan Si Kecil kelak, lho. Oleh karena itu, Ibu sudah bisa mendukung kecerdasan otak Si Kecil bahkan sejak dalam kandungan, dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Salah satu nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan otak Si Kecil adalah DHA, yang juga berguna untuk mengoptimalkan perkembangan mata. Bahkan konsumsi DHA yang cukup selama kehamilan dapat mengurangi risiko lahir prematur dan bantu mencegah stres. Biasanya, DHA ini banyak terkandung di dalam ikan.

Namun, masih banyak Ibu hamil yang merasa was-was saat mengonsumsi ikan karena khawatir akan kandungan merkuri di dalamnya. Menurut badan pengawasan makanan dan obat di Amerika, The Food and Drug Adminitration atau FDA, Ibu hamil dan menyusui lebih aman untuk mengonsumsi jenis ikan seperti salmon dan tuna dalam porsi yang cukup. Satu hal yang harus Ibu perhatikan adalah cara mengonsumsi dan mengolahnya. Hindari konsumsi ikan mentah seperti sushi, atau ikan yang digoreng dengan banyak minyak. Sebaiknya, Ibu pilih ikan yang diolah dengan cara dipanggang dan pastikan ikan benar-benar matang.

Hindari Stres

Menurut artikel kesehatan yang dipublikasikan oleh situs pregnancy.org,  kondisi Ibu hamil yang mengalami depresi berisiko mengganggu perkembangan janin 3 bulan dari segi pertumbuhan otak, sebagai akibat dari tubuh yang mengaktifkan hormon stres. Untuk itu, sebaiknya hindari stres dengan melakukan aktivitas positif, seperti aktif bergerak, melakukan aktivitas hobi, berbelanja kebutuhan Si Kecil kelak, atau sekadar mengobrol dengan Ayah dan orang-orang terdekat. Dengan selalu menjaga kondisi mental dan fisik, Ibu telah membantu Si Kecil untuk dapat tumbuh menjadi lebih sehat, aktif, dan ceria di kemudian hari. Happy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review