Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Article
X
Bantu Optimalkan Perkembangan Anak 1 Tahun dengan Asupan Susu

Dukung Periode Emas Bayi Anda dengan Asupan Susu Setiap Hari

 

Tahukah, Ibu? Masa pertumbuhan Si Kecil, terutama dalam dua tahun pertama, merupakan masa krusial yang dapat menentukan tumbuh kembangnya di masa depan. Mulai dari kondisi fisik, sosial, emosional, hingga kecerdasan.

Kamis, 14 Februari 2019

Oleh sebab itu, Ibu perlu memberikannya dukungan terbaik agar tumbuh kembangnya optimal. Salah satunya, memastikan Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi lengkap dan seimbang dari beragam sumber makanan bergizi, termasuk susu pertumbuhan untuk anak 1 tahun. 

 

Tumbuh Kembang Anak di Masa Periode Emas

Apa saja pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada Si Kecil selama periode emas? Simak infonya di bawah ini, Bu.

1. Perkembangan Otak

Memasuki usia dua tahun, otak Si Kecil tumbuh dengan pesat, yakni hingga 80% dari ukuran orang dewasa. Bahkan, selama fase perkembangan ini, sekitar 250.000 neuron terbentuk setiap menitnya. Sel syaraf di otak ini berfungsi untuk menangkap dan memproses informasi.

2. Pertambahan Tinggi Badan

Selama periode emas pertumbuhan, Si Kecil biasanya akan bertambah tinggi. Di tahun kedua, tinggi badannya dapat mencapai setengah dari tinggi badan orang dewasa. Di fase ini proporsi tubuhnya mulai berubah, dari yang sebelumnya terlihat bulat dan memiliki kaki serta tangan yang pendek, kini anggota tubuhnya lebih terbentuk berkat pertumbuhan tulang dan otot.

3. Perkembangan Motorik

Melewati usia satu tahun, Si Kecil dapat berdiri dengan berjinjit, menendang serta melempar bola kecil, mulai belajar berlari, naik dan turun kursi tanpa bantuan, serta membawa mainannya sambil berjalan. Ini karena kemampuan motorik Si Kecil sudah makin berkembang.

4. Kemampuan Bahasa

Di periode emas pertumbuhan ini, Si Kecil telah mengetahui namanya dan orang-orang terdekatnya. Selain itu, ia juga biasanya sudah dapat mengenal bagian-bagian tubuh dan benda yang sering ia gunakan, misalnya sendok atau gelas yang biasa ia pakai untuk makan dan minum. Meski demikian, tidak semua anak dapat berbicara dengan kecepatan yang sama, jadi jangan khawatir jika Si Kecil berbicara sedikit lambat dari teman-temannya.

5. Keterampilan Sosial

Pada tahap ini, Si Kecil senang meniru orang lain yang berada di sekitarnya. Terkadang, ia dapat berbicara dengan mainan bonekanya seperti saat orang tuanya berbicara dengan lawan bicaranya. Jadi, ingatlah selalu untuk menjadi teladan yang baik bagi buah hati Ibu.

Untuk membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil di periode emas ini, Ibu perlu memastikannya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dalam menu hariannya. Salah satunya, adalah susu pertumbuhan untuk anak 1 tahun. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi dalam susu pertumbuhan yang dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil:

  • Kalsium & Vitamin D

Kalsium bersama vitamin D yang terkandung di dalam susu pertumbuhan untuk anak 1 tahun ke atas,  sama-sama bekerja untuk mendukung pertumbuhan tulang, sekaligus menjaga kepadatannya supaya tetap kuat.

  • Vitamin A, C, & B kompleks

Susu pertumbuhan juga diperkaya dengan berbagai kandungan vitamin. Misalnya, vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Si Kecil. Vitamin C untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, supaya buah hati tidak mudah sakit. Sedangkan, vitamin B kompleks, seperti B1, B2, B6, dan B12, berfungsi membantu memproduksi energi yang dibutuhkan tubuh saat beraktivitas dan mendukung pembentukan sel darah merah.

  • Omega 3 & omega 6

Kedua nutrisi ini penting untuk mendukung perkembangan otak Si Kecil. Bahkan, menurut studi dari University Gothenburg, Swedia, asupan omega 3 dan omega 6 dapat membantu kemampuan membaca Si Kecil.

  • Zat besi

Mineral ini berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang fungsinya untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan sel darah dapat membuat Si Kecil mudah lelah dan berisiko menyebabkan anemia.

Bagaimana Bu, sekarang sudah memahami pentingnya susu pertumbuhan untuk anak 1 tahun, kan? Yuk, bantu cukupi kebutuhan nutrisi Si Kecil setiap hari, supaya Ibu dapat membantu optimalkan periode emas tumbuh kembangnya!

 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • icon, Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si KecilTips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • icon, Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si KecilTools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Icon, Layanan konsumen bebas pulsa awal sehat NestléLayanan konsumen bebas pulsa
  • Icon, Info promo menarik awal sehat NestléInfo promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Cari

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.