Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Dukungan dari Orang Terdekat Penting untuk Ibu Menyusui

(0 review)

Mendukung Ibu memberikan ASI ekslusif, bukan cuma menjadi tugas Ayah. Ibu juga membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat, mulai dari anggota keluarga seperti nenek, sahabat, hingga rekan kerja. Semua orang perlu mendukung Ibu menyusui agar ia dapat memberikan yang terbaik bagi buah hati!                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Rabu, 2 Agustus 2017

Dengan mendukung Ibu menyusui, berarti kita turut membantu optimalkan tumbuh kembang dan kesehatan Si Kecil. Oleh karena itu, membangun generasi masa depan yang sehat, bukan hanya tugas seorang Ibu. Tapi ini juga menjadi TUGAS DARI KITA SEMUA.

Bagi Ayah, Kakek & Nenek, sahabat, dan rekan kerja di kantor, mungkin Anda merasa sudah banyak membantu Ibu menyusui. Namun Anda mungkin masih bertanya-tanya, kira-kira hal apalagi ya yang bisa dilakukan untuk membantu seorang Ibu memberikan ASI eksklusif? Nah, kami dapat membantu Anda dengan memberikan beberapa saran berikut ini. 

SARAN UNTUK AYAH:

Bagaimana bila Ayah melakukan beberapa hal berikut ini untuk membantu Ibu menyusui?

  1. Bantu Si Kecil bersendawa sebisa mungkin setelah ia selesai menyusu. Caranya, gendong Si Kecil dengan posisi kepala  di bahu Anda, lalu  usap punggungnya perlahan-lahan. Dengan melakukan ini Anda dapat membangun ikatan batin dengan Si Kecil dan sekaligus membantu Ibu beristirahat sejenak.
  2. Mengganti popok Si Kecil, sambil menatap wajahnya yang ceria dan nyaman setelah digantikan popok.
  3. Berbagi tugas dengan Ibu dan biarkan ia beristirahat. Karena, merawat Si Kecil bukanlah tugas yang mudah, sehingga Ibu mudah lelah dan emosinya tidak stabil. Dengan berbagi tugas, Ayah bisa membantu Ibu merasa lebih happy!
  4. Selalu mendukung Ibu dan membantunya untuk mengatasi stres. Caranya dengan sebisa mungkin hadir di sisinya saat ia membutuhkan bantuan dan mendukung keputusan yang ia buat.

 

SARAN UNTUK NENEK:

Sebagai seorang Nenek, Anda tentu sudah memiliki banyak pengalaman dan mengetahui banyak hal dalam merawat anak. Bagaimana bila Anda melakukan beberapa hal berikut ini untuk mendukung Ibu menyusui?

  1. Membuatkan makanan yang lezat dan sehat. Perhatian dan makanan bergizi adalah hal yang dibutuhan oleh Ibu saat ini.
  2. Membantu merawat Si Kecil dan membiarkan Ibu beristirahat. Tentu Anda memahami pentingnya menikmati waktu me time bagi seorang Ibu. Dengan memberi Ibu waktu untuk bersantai sejenak, Anda bisa membantu  Ibu merasa bahagia.
  3. Memberi saran yang baik kapan pun dibutuhkan. Biasanya Anda akan jadi orang pertama yang diandalkan saat Ibu membutuhkan saran. Kami percaya Anda akan selalu siap membantu Ibu saat dibutuhkan.
  4. Mendukung Ibu menerapkan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dalam waktu 30 menit setelah persalinan. Ini merupakan dukungan terbaik yang bisa Anda berikan kepada Ibu dan bayinya, karena ASI pertama itu mengandung kolostrum yang kaya akan gizi penting untuk bayi yang baru lahir.

 

SARAN UNTUK SAHABAT:

Seorang Ibu membutuhkan seseorang untuk bersandar, dan sebagai sahabat Anda selalu bisa menjadi orang yang diandalkan. Sekarang, Ibu membutuhkan kehadiran Anda di sisinya lebih dari sebelumnya. Nah, bagaimana bila Anda melakukan hal-hal berikut ini untuk membantunya?

  1. Selalu ada disampingnya saat ia membutuhkan teman untuk mengobrol. Ada banyak cerita soal pengalamannya menjadi seorang Ibu, jadi dengan mendengarkan ceritanya Anda bisa membantu Ibu merasa bahagia.
  2. Terus berikan semangat kepada Ibu Menyusui. Sebab, menjalankan tanggung jawab sebagai Ibu untuk pertama kali, bisa jadi membuatnya mudah lelah dan stres. Semangat yang Anda berikan sebagai sahabat, bisa membantunya lebih percaya diri untuk menjalani peran sebagai Ibu.
  3. Luangkan waktu untuk jalan-jalan bersama, karena sejak menjadi ibu ia sibuk merawat Si Kecil dan sulit meluangkan waktu untuk diri sendiri. Jadi, buatlah rencana untuk menghabiskan waktu bersama, dan berikan ia momen yang menyenangkan.
  4. Bantu Ibu mengatasi keraguan terhadap dirinya sendiri dengan cara memberi pujian, dan katakan betapa menakjubkannya menjadi seorang Ibu. Anda adalah orang terbaik yang bisa membantu Ibu menyingkirkan keraguan ini, jadi berikan semangat kepadanya  dengan mengatakan bahwa ia adalah seorang Ibu yang hebat.

SARAN UNTUK REKAN KERJA:

Membuat tempat kerja yang nyaman adalah cara yang baik untuk mendukung Ibu menyusui

Nah, bagaimana bila Anda melakukan beberapa hal berikut ini untuk membantu para Ibu menyusui?

  1. Ambil alih sebagian pekerjaannya jika ia merasa terbebani dengan pekerjaan yang banyak. Bantuan yang Anda berikan ini  , bisa membuat Ibu sangat terbantu karena merasa didukung oleh rekan kerjanya.
  2. Berikan jam kerja yang fleksibel, misalnya mengurangi jam kerja atau memperbolehkan Ibu bekerja dari rumah. Hal ini tentu bisa menjadi bentuk dukungan yang positif bagi Ibu dan sekaligus mempererat hubungan antara atasan dan karyawan.

Siapkan ruang menyusui di kantor. Ibu bisa merasa sangat terbantu dengan kehadiran ruang menyusui di tempat kerja. Dengan begitu, ia bisa memerah dan menyimpan ASI dengan nyaman. Ini adalah salah satu hal  yang bisa Anda lakukan untuk mendukung Ibu menyusui.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review