Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Tips Menemani Ibu Hamil

Dukungan saat Ibu Jalani Pemeriksaan USG Pertama

 

Pemeriksaan USG kehamilan pertama bisa menjadi momen yang mendebarkan sekaligus emosional bagi Ibu hamil. Sebab, inilah pertama kalinya Ibu dapat melihat sosok Si Kecil di dalam rahim, meskipun yang tampak mungkin hanya embrio dan kantung kehamilan. Meski begitu, pemeriksaan USG di minggu ke-8 hingga minggu ke-14 penting dilakukan untuk memantau kesehatan Ibu hamil, menghitung usia kandungan, memastikan posisi janin, dan bantu mengenali kelainan genetik.

Kamis, 3 Agustus 2017

Saat akan melakukan pemeriksaan USG, mungkin saja Ibu jadi merasa was-was karena khawatir dengan kondisi kesehatan janin. Nah, supaya Ibu bisa tetap happy saat menjalani pemeriksaan USG, sebaiknya Ayah ikut menemani. Apa saja hal yang dapat dilakukan oleh Ayah untuk membuat Ibu lebih nyaman menghadapi momen ini? Yuk, cek beberapa tips berikut!

Bantu Ibu Tidur Lebih Nyaman

Kualitas tidur yang baik itu bisa bantu membuat mood Ibu jadi happy, lho. Jadi, Ibu bisa mengurangi rasa cemas saat menjalani pemeriksaan USG pertama kali. Sayangnya, banyak Ibu sulit memperoleh tidur nyenyak saat hamil. Sebab, saat Ibu tidur terlentang, bobot Si 

Kecil di dalam rahim bisa memberi tekanan pada tulang belakang dan otot punggung Ibu yang menyebabkan rasa nyeri.

Untuk itu, Ayah sebaiknya menyarankan Ibu tidur menghadap ke arah kiri dan menyiapkan bantal di bawah perutnya. Selain dapat mengurangi rasa nyeri pada punggung, posisi tidur ini juga dapat bantu meningkatkan peredaran darah dan oksigen ke janin. Jangan lupa, berikan Ibu pelukan hangat saat tidur ya, untuk membantunya memperoleh tidur yang nyaman.

Membuatkan Makanan Lezat

Memasak di trimester pertama bisa jadi membuat Ibu hamil tidak nyaman karena aroma masakan tertentu bisa memicu rasa mual. Oleh sebab itu, Ayah bisa membuat kejutan dengan membuatkan Ibu makanan yang lezat dan juga sehat, supaya mood Ibu bisa kembali ceria. Contohnya, Ayah dapat mengolah sayur dan buah menjadi hidangan salad atau membuat kudapan manis seperti puding isi buah.

Menghibur Selama Perjalanan ke Klinik

Untuk mengurangi kekhawatiran Ibu terhadap kesehatan janin, Ayah dapat bantu mengembalikan mood Ibu dengan cara memutar lagu favorit Ibu. Menurut jurnal penelitian yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI), AS, mendengarkan musik memiliki efek relaksasi pada pikiran dan tubuh, juga membantu menurunkan kadar hormon stres. Selain itu, Ayah juga bisa melakukan hal lain yang menghibur, misalnya bercerita tentang momen lucu, atau wefie bersama Ibu.

Memegang Tangan Ibu

Sekadar menggenggam tangan atau mengelus kepala Ibu, juga dapat membantu mengurangi kegugupannya. Jadi, di tengah pemeriksaan USG yang bertujuan untuk menganalisis tumbuh kembang janin, Ayah dapat melakukan hal tersebut untuk menenangkan perasaan Ibu dan membuatnya lebih nyaman.

Ikut Memerhatikan Saran Dokter

Dengan menyimak saran dokter di setiap pemeriksaan USG, Ayah akan tahu persis apa yang terjadi dengan kondisi kehamilan Ibu sekaligus mengikuti perkembangan janin, sehingga Ayah pun lebih mengerti situasi yang dihadapi oleh Ibu hamil. Dukungan seperti ini dibutuhkan oleh Ibu agar dapat menjalani masa kehamilan dengan percaya diri.

Bagaimana Bu, masih gugup saat akan melakukan pemeriksaan USG kehamilan? Jangan ragu meminta dukungan Ayah untuk menemani Ibu di momen kehamilan ini, ya. Dengan melakukan pemeriksaan USG secara rutin, Ibu dan Ayah dapat memantau kesehatan ibu hamil dan janin agar senantiasa sehat, sehingga Ibu bisa menjalani kehamilan dengan happy. Ibu hamil yang happy, bisa mendukung Si Kecil kelak tumbuh menjadi anak yang aktif, sehat, dan ceria. Happy pregnancy, happy baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.