Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Fakta penting manfaat ASI eksklusif bagi Si Kecil

Fakta Tentang Asi yang Perlu Ibu Ketahui

(0 review)

Memberikan ASI eksklusif pada Si Kecil sejak dini telah terbukti dapat membantunya tumbuh lebih sehat dan mengurangi risiko sakit. Tak hanya bagi Si Kecil, proses menyusui ini ternyata juga memiliki manfaat bagi Ibu.

Selasa, April 26th, 2016

Namun, perlu diingat bahwa proses menyusui perlu dilakukan dengan benar ya Bu, karena berkaitan dengan periode penting bagi pertumbuhan Si Kecil.

World Health Organization (WHO) sejak tahun 2002 telah membuat standar tentang makanan bayi, termasuk ASI. WHO merekomendasikan agar proses menyusui dimulai sedini mungkin hingga Si Kecil berusia 6 bulan. Selama masa ini, Si Kecil hanya diperbolehkan minum ASI saja. Setelah 6 bulan, barulah Si Kecil boleh dikenalkan dengan MP-ASI (Makanan Pendamping ASI). Namun, WHO tetap menyarankan pemberian ASI tetap diteruskan hingga Si Kecil berusia 2 tahun atau lebih. 

Nah, agar Ibu lebih memahami manfaat ASI eksklusif  bagi Si Kecil, berikut adalah beberapa fakta penting yang perlu diketahui tentang ASI:

1. ASI Merupakan Sumber Nutrisi 
ASI mengandung nutrisi yang penting bagi Si Kecil. Salah satunya, sebagai sumber energi terbaik. Untuk Si Kecil usia 6-12 bulan, ASI dapat memberikan setengah atau lebih dari kebutuhan energinya, sementara setelah memasuki usia 12-24 bulan sepertiga dari kebutuhan energinya bisa terpenuhi dari ASI. Selain itu, saat sakit ASI juga berperan penting sebagai asupan nutrisi bagi Si Kecil. Bahkan, menurut informasi dari WHO, pemberian ASI secara eksklusif bisa kurangi angka kematian anak-anak yang kekurangan gizi.

2. Melindungi Si Kecil dari Infeksi
Memberikan ASI dalam waktu satu jam setelah melahirkan dapat melindungi Si Kecil dari infeksi penyakit, salah satunya diare. Dengan begitu, angka kematian anak akibat infeksi ini bisa dikurangi. Inilah manfaat ASI bagi bayi  saat baru lahir.  

3. Mendukung Kecerdasan Si Kecil
Dalam jangka panjang, pemberian ASI bisa mendukung Si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas. Berdasarkan penelitian yang dilansir WHO, anak yang mendapatkan ASI eksklusif cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi. Selain itu, semakin lama usia menyusui, juga berhubungan dengan berkurangnya risiko gangguan mental pada anak. 

4. Sistem Kekebalan Tubuh Pertama Si Kecil
Air Susu Ibu sering juga disebut sebagai ‘darah putih’, karena mengandung sel-sel yang berperan penting dalam melawan kuman-kuman jahat penyebab penyakit dan juga merupakan sistem imun pada saluran cerna Si Kecil setelah lahir. Di dalam kandungan ASI, peneliti menemukan sel-sel yang berfungsi sebagai kekebalan tubuh bagi Si Kecil, di antaranya makrofag, limfosit, dan kolostrum.  

5. Mengurangi Risiko Obesitas pada Si Kecil
Berdasarkan data dari WHO, di tahun 2013 diperkirakan ada 41,7 juta anak di dunia alami kelebihan berat badan yang berisiko memicu timbulnya penyakit. Salah satu cara untuk mencegah obesitas pada Si Kecil adalah dengan memberikannya ASI.  

6. Menyusui Bisa Membantu Ibu Lebih Sehat
Menyusui juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan Ibu, karena dapat mengurangi risiko kanker ovarium dan juga payudara. 

Ternyata, ASI memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan dan tumbuh kembang Si Kecil ya, Bu. Untuk itu, Ibu harus tetap semangat memberikan ASI secara eksklusif bagi Si Kecil. Yuk, berikan yang terbaik bagi Si Kecil sejak dini.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review