Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Berikut ini adalah bagaimana supaya anak mau makan MP-ASI pertamas

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Si Kecil Mulai MP-ASI

 

Melewati usia enam bulan, Si Kecil disarankan untuk menambah asupan nutrisinya dengan MP-ASI. Oleh karena itu, Bunda perlu lebih kreatif memikirkan cara bagaimana supaya anak mau makan. Di momen perkenalan inilah, Si Kecil akan menemukan menu kesukaannya.

Senin, 3 September 2018

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengenalkan Si Kecil pada makanan padat pertamanya.

 

1. Ketahui Kapan Si Kecil Siap Makan MP-ASI

Perlu diketahui bahwa terlalu dini memberikan makanan padat dapat menimbulkan masalah pada pencernaan Si Kecil, begitu juga jika terlalu lama. Menurut jurnal Maternal & Child Nutrition tahun 2009, terlambat mengenal makanan padat dapat menyebabkan Si Kecil kesulitan mencerna makanan padat dan memperlambat pertumbuhannya. Waktu terbaik memberikan MP-ASI adalah mulai usia 6-9 bulan. 

2. Awali dengan Makanan Bertekstur Lembut

Sebagai pengenalan, menu terbaik dan paling aman adalah makanan yang bertekstur lembut. Kenapa? Agar pencernaan Si Kecil lebih mudah mencerna dan tidak kaget menerima makanan tersebut.

3. Hindari Makanan yang Rentan Membuat Si Kecil Tersedak

Sebaiknya Bunda tidak menyajikan makanan dengan potongan yang terlalu besar atau terlalu sulit untuk dikunyah seperti kacang-kacangan. Makanan seperti ini rentan membuat Si Kecil tersedak. Makanan lain yang juga berisiko tinggi adalah selai kacang dan marshmallow.

4. Perhatikan Kandungan Nutrisi

Dua tahun pertama kehidupan sangat penting untuk pertumbuhan otak dan tubuh. Oleh sebab itu, Si Kecil membutuhkan zat besi dan asam lemak omega-3 seperti DHA dan vitamin D. Berikan Si Kecil menu-menu seperti daging atau sereal yang kaya zat besi atau alpukat dan minyak zaitun yang mengandung sumber lemak sehat.

5. Berikan Kebebasan saat Si Kecil Makan

Saat makan, Si Kecil bisa saja menikmati makanan sambil memainkannya. Biarkanlah hal ini terjadi. Hal ini merupakan salah satu cara menyiasati bagaimana mengatasi anak susah makan. Bunda bahkan boleh memberikannya sendok untuk melatih kemampuan motoriknya menggenggam sendok. Momen menyentuh, mencium, merasakan, dan bermain dengan makanan dapat menjadi kesempatannya untuk belajar mengenal makanan.

6. Ajak Si Kecil Bertualang Rasa

Penelitian menunjukkan bahwa memberikan Si Kecil pengalaman mencicipi berbagai jenis rasa dapat mendorongnya untuk menyukai lebih banyak makanan di kemudian hari. Tambahkan bahan-bahan alami yang memiliki beragam rasa untuk mengajaknya bertualang rasa. Ada baiknya Bunda berkonsultasi dulu dengan dokter seputar bahan-bahan apa saja yang boleh diberikan. Namun perlu diperhatikan bahwa makanan Si Kecil di bawah satu tahun boleh ditambahkan garam tapi secukupnya, yaitu kurang dari 1 gram untuk Si Kecil usia 6-12 bulan dan kurang dari 2 gram untuk Si Kecil usia 1-3 tahun.

7. Perhatikan saat Si Kecil Kenyang

Salah satu cara bagaimana supaya anak mau makan dengan baik adalah dengan tidak memaksakan Si Kecil untuk menghabiskan makanannya. Sebab, hal tersebut dapat merusak kemampuan alamiahnya untuk mengatur pola makannya sendiri, sehingga dikhawatirkan ia akan makan berlebihan di kemudian hari. Tanda Si Kecil merasa sudah kenyang adalah ia akan berpaling atau menggelengkan kepala.

8. Makan Bersama

Si Kecil belajar menikmati makanan dengan memperhatikan orang lain makan. Oleh sebab itu, biasakan untuk makan bersamanya, sehingga Bunda dapat menjadi teladannya dengan memakan apa yang sebaiknya ia makan juga.

9. Atur Waktu Makan dan Ngemil

Biasakan Si Kecil dengan jadwal mamam dan ngemil yang rutin. Terapkan tiga kali waktu makan utama dan tawarkan dua kali waktu camilan, serta minta ia untuk duduk di meja makan. Dengan demikian, kecukupan nutrisi hariannya dapat lebih diperhatikan.

Itulah beberapa tips bagaimana supaya anak mau makan makanan padat pertamanya dengan baik. Bunda dapat mendukung tahap perkenalan MP-ASI Si Kecil dengan memberikan Nestlé CERELAC Bubur Sereal yang memiliki beragam pilihan rasa dan mengandung 11 vitamin, 5 mineral, dan omega 6 (asam linoleat), serta tinggi zat besi, dan yodium untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.