Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X

Happy Pregnancy, Happy Baby!

 

Momen kehamilan yang ditunggu-tunggu kini sudah tiba! Saatnya Ibu menjalani masa kehamilan dengan happy hingga persalinan nanti. Namun, menjaga mood tetap happy selama hamil terkadang tidak mudah, ya. Bisa jadi Ibu merasa terlalu cemas dan mudah mengalami stres karena kadar hormon yang cenderung berubah-ubah saat mengandung. Sebaiknya hal ini segera diatasi, karena stres pada Ibu hamil berisiko mengganggu kesehatan dan pertumbuhan janin.

Kamis, 18 Mei 2017

Kehamilan Sehat Dukung Si Kecil Tumbuh Sehat & Bahagia

Faktanya, emosi yang dirasakan Ibu hamil itu bisa memengaruhi tumbuh kembang janin. Menurut penelitian dari NorthShore University HealthSystem, saat stres, tubuh Ibu dapat memproduksi hormon kortisol dan hormon stres lainnya yang kemudian juga beredar ke janin melalui plasenta. Peredaran hormon stres di dalam janin ini berisiko menyebabkan Si Kecil lahir prematur dan memiliki berat badan kurang.

Bahkan Jurnal Association for Psychological Science menyebutkan, Ibu yang mengalami kecemasan saat hamil dapat melahirkan anak yang cemas. Tentunya Ibu tidak ingin Si Kecil tumbuh dengan kondisi psikologis yang tidak bahagia, kan? Untuk itu, Ibu perlu melakukan berbagai cara untuk menjaga mood tetap happy selama kehamilan.

Kondisi psikologis yang bahagia dapat memicu tubuh memproduksi hormon endorfin. Salah satu jenis hormon bahagia ini dapat bantu mengoptimalkan perkembangan sistem saraf janin dan mendukung ia lahir menjadi anak sehat dan bahagia.

Tips Jalani Masa Kehamilan dengan Happy

Lalu, bagaimana ya cara mengatasi stres saat hamil? Yuk, intip beberapa tips berikut untuk membantu Ibu jalani momen kehamilan dengan nyaman dan bahagia!

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Kini kebutuhan nutrisi Ibu makin bertambah seiring memasuki trimester kehamilan. Mencukupi kebutuhan nutrisi dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, dapat bantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin dan menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Sehingga, Ibu dapat menikmati masa kehamilan dengan nyaman.

  • Lakukan Aktivitas yang Membahagiakan Ibu

Salah satu aktivitas yang dapat membahagiakan Ibu adalah aktivitas fisik. Melatih fisik Ibu adalah salah satu hal yang perlu dilakukan dengan rutin selama kehamilan, misalnya dengan pre natal yoga, berjalan kaki atau melakukan senam kehamilan. Olahraga ringan selama 20-30 menit, dapat memperlancar sirkulasi oksigen dan peredaran darah ke seluruh tubuh, serta memperkuat otot dan persendian. Dengan begitu, Ibu dapat mencegah timbulnya masalah kesehatan saat hamil, mulai dari kaki kram dan bengkak, nyeri punggung, sulit tidur, hingga diabetes gestasional.

Selain itu, aktivitas seperti berbelanja keperluan bayi, memasak, atau melakukan hobi lain juga dapat membuat suasana hati makin happy, lho. Sebab, saat beraktivitas, tubuh memproduksi hormon serotonin yang menimbulkan perasaan bahagia. Nah, supaya Ibu merasa semakin bugar, coba lebih sering lakukan aktivitas di luar ruangan dengan udara yang bersih, seperti di taman.

  • Cek Perkembangan Janin

Lakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan secara teratur, dengan begitu Ibu dapat memastikan perkembangan Si Kecil di dalam kandungan berjalan dengan optimal. Ini juga bisa membantu kurangi rasa cemas yang berlebihan, sehingga Ibu bisa jalani kehamilan dengan bahagia. Selain itu, sebaiknya cari dokter atau bidan yang dirasa cocok, agar Ibu merasa lebih nyaman. Jangan salah, faktor kecocokan dengan tenaga kesahatan yang menangani kesehatan kandungan Ibu punya peranan penting dalam menghindari stres selama kehamilan, lho.

  • Cari Info Akurat

Menjalani trimester kehamilan merupakan pengalaman yang berharga sekaligus menantang, karena tiap semester Ibu akan menghadapi kondisi fisik dan fisiologis yang berbeda. Misalnya, di trimester pertama tubuh mulai beradaptasi yang ditandai dengan perubahan secara fisik dan emosional. Di trimester kedua, kondisi tubuh sudah semakin membaik, namun kinerja hormon dan perut yang membesar bisa mengganggu rutinitas Ibu hamil. Sementara di trimester ketiga, Ibu harus mempersiapkan proses persalinan dengan baik. Tapi jangan khawatir, Ibu bisa tetap menjalani kehamilan di tiap trimester dengan nyaman dan bahagia, kok. Salah satu caranya, membaca artikel seputar kehamilan dan mengikuti program nutrisi Ibu dan Si Kecil di Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat.

Nah, tidak terlalu sulit kan, Bu? Yuk, ikut tips ini untuk bantu mengusir stres pada Ibu hamil. Dengan menjalani masa kehamilan yang happy, Ibu bisa dukung Si Kecil tumbuh menjadi anak yang aktif, sehat, dan ceria. Happy Pregnancy, Happy Baby!

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.