Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Makanan bayi 9 bulan yang perlu dihindari

Hindari 6 Makanan Ini Sebelum Si Kecil 1 Tahun

 

Memasuki usia 8 atau 9 bulan, Bunda bisa jadi sudah memperkenalkan beragam jenis MPASI pada Si Kecil. Namun perlu diketahui bahwa makanan bayi 9 bulan tetap perlu dijaga. Memberikan Si Kecil menu makanan sehat dan bergizi seimbang akan membantunya mendapatkan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkannya dalam masa pertumbuhan.

Jumat, 21 September 2018

Diberitakan di Huffington Post, sebuah artikel ilmiah “Early Influences on the Development of Food Preferences” menyebutkan bahwa apa yang dimakan anak di usia 3 tahun pertama membentuk pilihan makanannya ketika ia besar nanti. Oleh sebab itu, Bunda perlu memastikan makanan yang sehat bergizi ada di dalam menu Si Kecil sejak dini, termasuk makanan bayi 8 bulan.

 

Atur Menu Si Kecil

Meskipun Si Kecil saat sudah boleh mengonsumsi makanan padat, tidak berarti ia diperbolehkan untuk makan seperti orang dewasa. Asupan di 1000 hari pertama, termasuk makanan bayi 9 bulan, tetap perlu dijaga agar tumbuh kembangnya optimal. Berikut jenis makanan yang sebaiknya dihindari sebelum Si Kecil mencapai usia 1 tahun, antara lain:

1. Keripik atau Kerupuk

Makanan olahan seperti ini biasanya mengandung garam yang tinggi. Padahal, Si Kecil yang belum genap 1 tahun maksimal mengonsumsi 0,4 g sodium dalam sehari. Sebab, ginjal Si Kecil belum siap untuk menerima kadar garam yang lebih banyak lagi.

Akan lebih baik bila Bunda menyajikan potongan buah segar atau sayuran yang dicincang  sebagai camilan.

2. Permen dan Cokelat

Kandungan gula yang tinggi dari permen dan cokelat akan diubah oleh bakteri di mulut menjadi zat asam, yang kemudian menempel di email (lapisan luar) gigi Si Kecil, serta mengganggu kesehatan gigi dan mulutnya.

3. Minuman bersoda dan mengandung kafein

Keasamannya dapat merusak gigi yang baru muncul. Selain berkadar gula tinggi, beberapa minuman bersoda juga mengandung kafein.

4. Madu dan keju

Madu dapat mengandung spora Clostridium Botulinum yang dapat menyebabkan keracunan pada Si Kecil. Demikian juga dengan keju yang tidak dipasteurisasi yang juga berisiko membuat Si Kecil keracunan.

Demi tumbuh kembang Si Kecil, Bunda tentu perlu memerhatikan kandungan nutrisi dari makanan padat yang dikonsumsi oleh Si Kecil. Sebagai pilihan, Bunda dapat memasukkan Nestlé CERELAC Bubur Sereal dalam menu makanan bayi 9 bulan. Nestlé CERELAC Bubur Sereal diformulasikan secara khusus sesuai tingkatan usia Si Kecil. Mengandung 11 vitamin, 5 mineral, dan omega 6 (asam linoleat), serta tinggi zat besi, yodium, dan vitamin A, Nestlé CERELAC Bubur Sereal dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.
 

Selengkapnya

Gabung dengan Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé Sekarang

Yuk, daftar jadi anggota dan dapatkan 4 keuntungan ini!

  • Tips lengkap seputar kehamilan & tumbuh kembang Si Kecil
  • Tools praktis mengenai kehamilan hingga tumbuh kembang Si Kecil
  • Layanan konsumen bebas pulsa
  • Info promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan

Apakah belum bisa menemukan
yang Anda cari?

Gunakan mesin pencarian baru kami untuk informasi terbaru.