Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Bagikan ini Artikel
X
Asam folat adalah gizi penting untuk Ibu hamil guna menghindari kelainan pada janin

Hindari Cacat Tulang Belakang Pada Si Kecil Sejak Dini

(0 review)

Masa kehamilan merupakan masa penuh keajaiban yang tentunya membahagiakan Ibu. Si Kecil tumbuh dan berkembang dengan pesat, sehingga Ibu pun tak sabar untuk segera bertemu dengannya. Namun, terkadang ada beberapa hal yang menjadi kekhawatiran Ibu hamil, salah satunya adalah masalah pada janin.

Selasa, April 26th, 2016

Apa Si Kecil tumbuh dengan sehat? Apa nutrisi yang Ibu konsumsi sudah cukup untuknya? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini mungkin sering muncul di benak Ibu. Untuk meredakan kekhawatiran, yuk, simak penjelasan tentang salah satu kelainan yang dapat terjadi pada janin dan cara menghindarinya di bawah ini!

Kelainan Tulang Belakang

Salah satu kelainan yang bisa terjadi pada janin adalah cacat tulang belakang atau spina bifida. Apa sebenarnya yang terjadi jika terdapat kelainan ini?

Pada kondisi ini, tulang belakang di punggung tidak menyambung pada tingkat kolom punggung dan susunan syaraf tulang belakang agak menjorok keluar. Bagian ini tertutup oleh kulit atau membran kebiruan yang mengandung akar syaraf, atau bisa saja terbuka. Terdapat tanda pada kulit berupa tahi lalat kecil, hitam, dan berambut di bagian dasar tulang belakang. Risiko terkena infeksi otak dapat terjadi dengan mudah dikarenakan tidak adanya beberapa penutup yang melindungi tulang.

Nah, tindakan operasi adalah satu-satunya jalan keluar untuk menutup kelainan tersebut apabila terjadi. Spina bifida dapat diketahui dengan ultrasonografi, dan jika Si Kecil diketahui memiliki kelainan ini, dokter akan segera melakukan operasi secepatnya. 

Bagaimana Menghindarinya?

Tenang Bu, kelainan ini cukup jarang terjadi. Karena itu, untuk mencegah terjadinya kelainan ini pada janin, Ibu harus memerhatikan asupan makanan dan gizi Ibu hamil  terutama asam folat, bahkan sejak Ibu berencana untuk hamil, agar kebutuhan untuk perkembangan janin 3 bulan  dan seterusnya kelak dapat terpenuhi dengan baik. 

Penelitian mengatakan bahwa Ibu hamil membutuhkan kadar asam folat yang tinggi dalam darah, agar tabung saraf dapat menutup dengan sempurna. Ibu hamil yang memiliki kadar asam folat rendah berkemungkinan melahirkan bayi dengan kelainan cacat tulang belakang. Dokter merekomendasikan Ibu hamil mengonsumsi setidaknya 400 mcg asam folat setiap hari. 

Konsumsi Asam Folat

Karena itu, pastikan Ibu mengonsumsi asupan harian yang bernutrisi lengkap, termasuk mengandung asam folat. Beberapa makanan yang kaya akan asam folat adalah sayuran berdaun hijau, jamur, kacang merah, kacang hijau, kacang-kacangan, polong, sereal berfortifikasi, dan roti gandum.  Kreasikan bahan-bahan makanan tersebut sesuai selera, agar menu harian Ibu tetap lezat dan juga sehat.

Biasakan juga untuk minum susu Nestlé MOM & Me, yang selain kaya akan asam folat, juga mengandung Bifidus BL yang dapat menjaga salura cerna Ibu. Si Kecil dalam kandungan pun dapat tumbuh sehat dan terhindar dari risiko kelainan. Ketika ia sudah lahir dan tiba saatnya masa menyusui, tetap lanjutkan konsumsi susu Nestlé MOM & Me sehingga tumbuh kembangnya tetap lancar dan tak terhambat.

 

Selengkapnya

Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé

Dapatkan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menjadi anggota Awal Sehat Tumbuh Sehat Nestlé seperti informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan si Kecil serta penawaran promo.

  • Dapatkan informasi seputar nutrisi kehamilan hingga perkembangan tumbuh si Kecil
  • Coba tools praktis untuk mengukur tumbuh kembang si Kecil
  • Kami selalu siap untuk membantu dan menjawab pertanyaan Anda
  • Dapatkan informasi promo menarik

Daftar di sini!

Konten yang berhubungan
Review Artikel

0 review